Sentul adalah kawasan  yang dikenal memiliki banyak tempat wisata. Para pengunjung dapat memanjakan mata dengan menikmati wisata konsep alam. Buat kamu yang ingin ajak keluarga juga cocok loh, sebab ada wahana juga mengandung unsur pendidikan.

Beberapa Tempat Wisata Sentul

Sentul merupakan salah satu kawasan “kota pegunungan” yang berlokasi di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Terletak di pegunungan dengan kondisi tanah yang berbukit, membuat tempat wisata ini banyak diminati.

Selain itu, dengan berkunjung ke Sentul, banyak tempat wisata yang bisa dijadikan destinasi. Tempat wisata apa saja yang ada di sentul? Chek this out!

Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari atau Curug Bidadari berada di kawasan Sentul Paradise Park. Dahulu tempat ini dikenal dengan Curung Bojong Koneng (nama desa) yang memiliki ketinggian sekitar 40 – 75 meter dengan lebar 7 meter. Air terjun tersebut berasal dari kumpulan mata air alami hutan lindung yang berada di daerah tersebut.

Curug Bidadari merupakan air terjun yang memiliki curahan air sangat deras. Meski begitu, kedalaman kolam hanya setinggi dada orang dewasa. Terdapat batu besar di bawah air terjun. Awalnya batu ini  terpendam di lapisan tanah bawah kolam Curug Bidadari. Namun akhirnya batu ini dibelah sebagian dengan tujuan sebagai jalan pintas agar memudahkan akses menuju air terjun.

Tepat di bawah Air Terjun Bidadari terdapat taman air seluas  6.000 m². Waterpark tersebut didesain layaknya pantai dengan panjang 150 m dan dilengkapi pasir putih dari Bangka.

Jarak tempuh dan perjalanan dari tempat parkir ke air terjun tidaklah terlalu jauh. Pihak pengelola sudah membuat tangga-tangga serta jembatan kecil untuk memudahkan akses para wisatawan.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Bidadari

Harga tiket masuk berbeda antara weekday dan weekend. Adapun pada hari biasa (weekday) sebesar Rp.25.000 dan akhir pekan (weekend) sebesar Rp.30.000

Dalam keadaan normal (sebelum pandemi) Curug ini buka setiap hari dengan jam operasional 08.00 – 17.00. Namun selama pandemi, tempat wisata ini ditutup sampai ada informasi selanjutnya.

Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Tempat wisata ini berlokasi di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Kab.Bogor, Jawa Barat. Dengan mengunjungi taman wisata alam Gunung Pancar, kamu bisa ersantai di hammock sambil menikmati suasana alam di bawah rerimbunan pohon pinus, atau sekedar berjalan-jalan menikmati pemandangan.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa berkemah, bermain di wahana outbound, flying fox, paint ball dan wahana seru lainnya. Jika kamu datang bersama teman-teman, maka akan lebih seru mengikuti paket yang disediakan bagi pengunjung, seperti paket camping, tracking atau team building.

Selain untuk perorangan ataupun grup, taman wisata alam Gunung Pancar juga menyediakan paket khusus anak-anak sekolah. Program tersebut mengusung kerja sama team, tanggung jawab, serta kepedulian terhadap alam.

Selain itu, pengunjung juga bisa berendam di pemandian air panas Gunung Pancar Giritirta, ziarah ke makam tokoh keagamaan, menikmati pagelaran seni jika beruntung, dan menikmati fasilitas spot foto area wisata dan cafe yang instagramable.

Tiket Masuk Wisata Alam Gunung Pancar, Sentul

Adapun harga tiket Masuk adalah sebagai berikut:

Weekday

Rp.5000 per orang

Rp.10.000 per mobil

Rp.5000 per motor

Rp.100. 000 WNA

Weekend/libur nasional

Rp.7.500 per orang

Rp.15.000 per mobil

Rp.7.500 per motor

Rp.150.000 per WNA

PEMANDIAN air panas dikelola warga sekitar dengan tiket masuk sekitar Rp15.000-20.000 per orang

Selengkapnya bisa kunjungi web https://www.gunungpancar.com/biaya/

Villa Puncak Bogor, Harga Mulai 200 Ribuan, Ada Kolam Renang

 

Wisata Alam Fantasia Sentul

Selanjutnya adalah tempat wisata anak yang cukup ekonomis, yaitu Alam Fantasia.  Berlokasi di Jln Siliwangi No. 1, Sumur Batu, Kec Babakan Madang, letak taman bermain outdoor ini berada tepat di seberang Taman Budaya Sentul.

Banyak wahana yang dapat dinikmati anak-anak, seperti bermain papan seluncur, bom bom car, ayunan, trampoline dan masih banyak lagi. Sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga tercinta.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Fantasia Sentul

Untuk tiket masuk seharga Rp.15.000, diluar harga menikmati setiap wahana. Jika kamu ingin  berkunjung, taman ini dibuka setiap hari senin sampai Jumat, jam 09.00 sd 17.00 WIB.

Adapun hari sabtu, minggu, atau hari-hari libur nasional, tempat ini libur J.

Jungleland Sentul

Selain untuk bermain, tempat wisata yang cocok untuk rekreasi keluarga ini juga memiliki nilai edukasi. Taman dengan luas 35 hektar ini mempunyai 4 zona wahana utama. Ada Zona Carnivalia, Zona Explora, Zona Mysteria, serta Zona Tropicalia. Setiap masing-masing zona mempunyai  keistimewaan tersendiri.

Harga Tiket Masuk Jungleland

Jungleland berada di kawasan Sentul Nirwana, Sentul, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810. Adapun harga tiket masuknya adalah:

Weekday                                                                                 Rp.165.000

Weekend                                                                                 Rp.220.000

High Season                                                                            Rp.250.000

Tarif untuk turis asing:

Weekday                                                                                  Rp.180.000

Weekend                                                                                  Rp. 240.000

High Session                                                                            Rp.300.000

Dengan harga tiket tersebut, pengunjung dapat leluasa menikmati beberapa wahana yang ada. Adapun pengecualiannya (tidak berlaku) untuk Wahana Water Wars, Kuda Poni, Midway Games & Green Screen.

Jam Operasional

Senin-Kamis                                                                  10.00 – 17.00 WIB

Jumat                                                                              09.00 – 18.00 WIB

Sabtu, Minggu/Liburan                                               09.00 -18.00 WIB

Adapun selama masa pandemi tempat wisata ini ditutup sementara.

Taman Budaya Sentul City

Taman Budaya Sentul City merupakan salah satu kawasan pendidikan yang menyelipkan konsep budaya.  Adapun konsep bangunannya, yaitu mengusung tema tradisional Sunda.

Tempat wisata dengan luas kurang lebih 6 hektar ini menyediakan berbagai macam wahana dan fasilitas. Ada empat pilihan paket wisata yang disediakan untuk pengunjung, yaitu Program Rekreasi. Ada fun games, high rope anak, high rope dewasa dan sebagainya.

Harga Tiket Masuk Taman Budaya Sentul & Paket

Untuk masuk ke kawasan Taman Budaya sentul, pengunjung tidak akan dikenakan tarif. Biaya hanya dikenakan untuk wahana & aktivitas outbond yang kamu pilih. Adapun kisaran tarifnya sebagai berikut:

Tiket Masuk                                                                                                Gratis

High rope (kid)                                                                                  Rp.285.000

High rope (anak)                                                                               Rp.370.000

Camping                                                                                              Rp.550.000

Tracking                                                                                               Rp.380.000

Fun Games                                                                                          Rp.330.000

Perang Panah                                                                                    Rp.380.000

Paint Ball & Fun Games                                                                   Rp.300.000

Adapun jam operasional Taman Budaya Sentul adalah setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Demikian informasi mengenai tempat-tempat wisata di Sentul. Semoga bermanfaat!