Pernahkah kamu berpikir kenapa bola mata manusia memiliki warna yang berbeda-beda? Kalau kamu penasan dan ingin tahu, yuk simak penjelasannya.

Mengapa Warna Bola Mata Berbeda-Beda?

Perbedaan warna pada mata sebagian besar dipengaruhi oleh faktor keturunan. Selain itu, faktor lainnya yang mempengaruhi warna mata adalah produksi melanin. Saat seseorang mempunyai jumlah melanin yang berbeda pada iris di mata, maka ia pun akan mempunyai warna mata yang berbeda.

Secara kasat mata, ada dua bagian mata yang  terlihat yaitu iris dan sklera. Sklera merupakan bagian mata yang berwarna putih. Adapun iris ialah bagian yang berwarna pada bola mata.Iris mata terdiri dari lapisan depan dan lapisan stroma yang berperan menentukan warna mata.

Jumlah sel melanosit pada iris mata menghasilkan melanin sejenis pigmen. Pigmentasi iris mata bervariasi, tergantung dengan jumlah melanin pada epitelium pigmen, jumlah melanin pada stroma, serta kepadatan sel di stroma. Hal itulah yang menyebabkan warna mata berbeda-beda, ada yang terlihat coklat gelap, biru, bahkan hijau

Apa Warna Mata Orang Indonesia?

Sebagian besar orang Indonesia memiliki mata dengan warna cokelat gelap. Penyebab Iris mata berwarna cokelat adalah melanosit dan melanosom yang melimpah pada epitelium pigmen dan stroma.

Sel melanosit itu terdiri dari 2 jenis pigmen, yaitu eumelanin (menghasilkan warna cokelat) dan pheomelanin (menghasilkan warna merah). Semakin banyak eumelanin pada iris mata, warna mata akan semakin gelap. Warna iris mata yang gelap mampu melindungi dari kerusakan yang disebabkan sinar ultraviolet.

Kenapa Warna Mata Bisa Biru?

Orang Indonesia didominasi dengan mata berwarna coklat, sedangkan mayoritas orang Eropa memiliki warna mata biru atau bahkan hijau. Mengapa bisa begitu?

Sepeti disinggung sebelumnya perbedaan warna disebabkan jumlah pigmen yang berbeda. Jika dibandingkan mata cokelat, Iris mata berwarna biru atau hijau memiliki lebih sedikit pigmen. Akan tetapi warna hijau memiliki lebih banyak pigmen daripada orang bermata biru.

Selain disebabkan oleh pigmen, penampakan warna mata biru atau hijau juga merupakan hasil dari hamburan Rayleigh pada cahaya di stroma. Hamburan Rayleigh ialah hamburan elastis cahaya atau radiasi elektromagnetik oleh partikel yang berukuran lebih kecil dari panjang gelombang cahaya. Warna mata merupakan warna struktural dan juga bervariasi tergantung pada kondisi cahaya, terutama untuk  mata dengan warna terang.

Warna struktural dihasilkan dari permukaan struktur mikroskopis yang  mempengaruhi cahaya yang kadang berkombinasi dengan pigmen. Agar dapat lebih  memahami warna struktural, kita bisa mengambil contoh bulu pada ekor merak yang memiliki pigmen cokelat, akan tetapi strukturnya  terlihat tampak berwarna biru, toska, hijau, atau warna-warni.

Mengutip dari E-Journal, kesimpulannya adalah orang-orang yang memiliki warna rambut serta kulit yang lebih gelap mempunyai lebih banyak melanin, sehingga mereka mempunyai mata berwarna coklat. Sedangkan orang yang memiliki warna rambut dan kulit yang lebih pucat mempunyai jumlah melanin yang lebih sedikit, sehingga pada umumnya memiliki warna mata yang lebih terang.

Nah, sobat Family Life Journey sudah mengerti kan, mengapa warna mata bisa berbeda-beda. Tapi kamu juga bisa kok mengubah warna mata, pakai softlens hehehe.

Sumber: https://www.e-jurnal.com/2013/12/mengapa-warna-mata-manusia-berbeda-beda.html