Butuh inspirasi usaha rumahan modal 50 ribu? Berikut ide usaha modal sedikit, bahan mudah dicari, keuntungan berkali-kali lipat.

Usaha Rumahan Modal 50 Ribu

Apa yang akan kamu lakukan dengan uang 50 ribu? Uang itu bisa saja langsung habis untuk dipakai jajan. Dibandingkan habis dalam sekejap, uang tersebut bisa bertambah jumlahnya dengan dijadikan modal usaha rumahan. Simak tips menjadikan uang 50 ribu bertambah hingga berkali-kali lipat dengan cara di bawah ini!

Usaha Rumahan Jajanan Anak

Bebeda dengan mencari pekerjaan di perusahaan, jualan atau niaga adalah cara praktis dalam menghasilkan uang. Kamu juga bisa menentukan dan mengatur sendiri modal, apa yang ingin dijual dan waktu untuk berjualan. Sayangnya, terkadang sebagian orang berpikir bahwa mencari pekerjaan sulit namun juga tidak punya uang untuk modal berdagang.

Pada dasarnya, modal untuk dagang sangat bisa disesuaikan. Mulai dari 20 ribu, 50 ribu dan bahkan di atas itu sudah sangat bisa berjualan. Bayangkan, uang 20 ribu sampai 50 bisa habis hanya dalam satu hari jika dibelikan makanan atau lauk pauk. Berbeda halnya jika uang tersebut dijadikan modal untuk berdagang, tentunya uang itu bisa berlipat ganda.

 




 

Untuk sobat Family Life Journey yang ingin membuka usaha rumah modal 50, bisa mencoba berjualan beberapa dagangan di bawah ini:

Baca juga: Jualan Modal 20 Ribu, Untung Berlimpah

Basreng (Bakso Goreng)

Bakso goreng dengan bumbu balado memberikan sensasi pedas yang bikin segar. Camilan ini biasanya diburu anak-anak, remaja hingga dewasa. Bahan untuk membuat basreng ini juga sangat mudah di dapat. Cukup satu bungkus bakso, minyak untuk menggoreng, daun jeruk dan bumbu balado. Selain mudah dibuat, camilan ini juga awet dan tahan lama dengan penyimpanan yang tepat, sehingga kamu tidak perlu was-was jika dagangan tidak habis dalam 1 hari.

 

Makaroni

Jajanan anak-anak yang satu ini mudah dibuat dan tidak perlu modal besar. Satu bungkus makaroni basah dengan berat 1 kg, hanya dijual dengan harga Rp.20.000. Sisa uangnya bisa dibelikan bumbu tabur aneka rasa seperti balado, jagung bakar, barbeque, keju dan keperluan lainnya. Selain makaroni basah, kamu jual bisa menjual makaroni kering.

 

Telur Gulung

Masih seputar jajanan anak-anak, usaha rumahan modal 50 ribu selanjutnya adalah  jualan telur gulung. Bahannya mudah di dapat, murah dan jadi jajanan dalam jumlah yang banyak. Kamu hanya perlu menyediakan telur, garam, tusuk sate dan minyak.

 

Bakso, Sosis & Otak-Otak Goreng

Sama seperti makaroni, hanya bermodal bakso, sosis atau otak-otak goreng yang ditaburi bumbu aneka rasa juga bisa membuat anak-anak mengantri untuk jajan. Kamu bisa iris bakso, sosis atau otak-otaknya sebelum digoreng. Hal itu bisa memberikan kesan isian yang banyak.

 

Aneka Gorengan

Usaha dengan modal 50 ribu lainnya adalah menjual aneka gorengan, seperti piscok, pisang aroma isian selai nanas, selai strawbery, blueberi, keju, dll) risol, bakwan, tahu isi risolis, pastel, rujak cireng dan lain-lain.

Usaha Rumahan Jasa

Selain berjualan, usaha rumahan modal 50 ribu lainnya adalah dengan menawarkan jasa. Uang  50 ribu  tersebut bisa digunakan untuk membeli paket data. Dengan adanya kuota internet, kamu bisa mempromosikan jasamu. Dengan begitu, jangkauan pasarmu bisa lebih luas, sehingga sumber potensi penghasilan juga bisa lebih banyak.

 



 

Reseller

Tanpa perlu menyiapkan modal, salah satu usaha rumahan yang bisa kamu tekuni adalah dengan menjadi reseller. Saat ini banyak sekali para pengusaha yang merekrut reseller untuk mempromosikan produk mereka tanpa harus kamu membeli terlebih dahulu. Dengan bergabung menjadi member, kamu hanya perlu mempromosikan produk baik secara online maupun offline.

Jika ada customer yang berminat, kamu hanya  perlu menghubungi admin  untuk pengiriman barang. Untuk setiap barang yang terjual kamu akan mendapatkan komisi sesuai dengan perjanjian awal.

Pengepul Minyak Jelantah

Tahukah kamu bahwa minyak jelantah yang sering kali dibuang karna sudah tidak terpakai justru bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah? Di luar negeri, minyak jelantah justru digunakan untuk biodesel. Saat ini, Indonesia menjadi pengekspor minyak jelantah ke beberapa negara, seperti Belanda, Singapura, Korea Selatan, Malaysia dan Cina.

Kamu bisa mencari informasi mengenai pengepul minyak jelantah yang  terdekat dengan lokasimu. Tugasmu hanya mengumpulkan minyak jelantah, baik itu dari tetangga lingkungan sekitar, kerabat, teman dan lainnya. Setelah terkumpul banyak, kamu bisa menghubungi pengepul. Biasanya mereka akan menjemput minyak jelantah dengan jumlah banyak dan membayar untuk itu.

Pengepul  Kertas

Umumnya, setiap orang punya tumpukan kertas yang sudah tidak terpakai. Misalnya bekas buku-buku sekolah, kertas ujian, surat pemberitahuan yang sudah tidak tepakai, majalah, koran dan sebagainya. Dari pada menumpuk dan membuat sempit rumah, kertas itu bisa ditukarkan menjadi uang. Jika kamu membuka jasa menerima kertas bekas, tentunya orang-orang sekitar sangat antusias karna hal itu bisa mengurangi sampah mereka.

Jika kertas-kertas sudah terkumpul banyak kamu bisa menghubungi kamibox.id, selain kertas mereka juga akan membeli barang-barang bekas lainnya seperti botol plastik dan kardus. Selain bisa ditukar uang, bekerja sama dengan kamibox.id  jug a membuatmu turut serta dalam melestarikan lingkungan.

Membuat Hasil Karya

Usaha rumahan modal 50 ribu yang terakhir adalah dengan membuat hasil karya dengan menggunakan kain flanel. Misalnya membuat bunga dan kartu ucapan, membuat celengan, gantungan kunci dan hasil karya lainnya. Jika merasa kesulitan, silakan melihat pilihan tutorialnya di YouTube.

Gimana? Suka dengan inspirasi usaha rumahan modal 50 ribu? Meski modal minim, tapi bukan berati kita tidak bisa produktif. Selamat mencoba dan semoga usahamu sukses!

Foto: Shoope

Tokopedia