Banyak jenis usaha yang bisa dilakukan meski tinggal di desa. Apa saja usaha paling sukses di desa yang bisa meraup banyak keuntungan?

Usaha Paling Sukses Di Desa

Untuk membuka usaha, perlu memahami situasi dan kondisi, melihat potensi dan kemampuan analisa pasar.  Pedesaan identik dengan suasana yang asri dan masih memiliki lahan yang luas. Dengan kondisi tersebut, berikut beberapa usaha yang terbukti mampu bertahan dan bahkan terbilang sukses meskipun di desa:

Bertani

Di desa, umumnya masih banyak sawah, sedangkan di kota sudah hampir tidak ada. Hal ini justru menjadi usaha yang tak pernah padam dari waktu ke waktu, sebab pasokan beras akan selalu dibutuhkan.

Bercocok Tanam

Masih Berkaitan dengan lahan yang luas, umumnya para petani menanam sayuran, buah-buahan atau bahan pangan yang bisa ditanam. Selain untuk kebutuhan sendiri, hasilnya tentu bisa dijual ke pasar. Sama seperti beras yang merupakan makanan pokok, sayur mayur, buah dan makanan lain yang berasal dari tumbuhan pasti akan selalu dibutuhkan.



 

Jualan Jajanan/Makanan

Dengan bahan-bahan yang mudah didapat di lingkungan sekitar, kamu bisa membuat makanan atau cemilan yang bisa dijual. Misalnya singkong, pisang dan ubi bisa dibuat keripik. Kamu tidak perlu khawatir rugi jika jajanan tersebut tak langsung habis, sebab keripik adalah jenis makanan yang tahan lama.

Selain makanan yang tahan lama, kamu juga bisa menjual makanan yang memang banyak peminatnya. Misalnya berjualan bubur untuk sarapan, lontong, atau makanan apa saja yang menyesuaikan dengan daerah masing-masing

Ternak Unggas

Sama seperti beras, sayuran dan buah, unggas juga banyak dicari orang untuk hidangan lauk. Selain dagingnya, telur unggas juga banyak peminatnya. Mulai dari kebutuhan rumahan sampai sekelas restoran.

Budidaya Ikan

Selain unggas, ikan juga merupakan bahan lauk yang dicari-cari. Jika memiliki lahan yang luas, maka bisa digunakan untuk budidaya ikan lele, mujair, nila dan sebagainya.

Sembako

Warung sembako merupakan jenis usaha yang pasti selalu ada saja pembelinya. Sebab, banyak dari kebutuhan rumah tangga dijual di warung sembako. Mulai dari kebutuhan dapur, kebutuhan untuk mencuci, mandi dan masih banyak lagi.

7 Usaha Online Di Desa 2021 Potensial, Laris & Menguntungkan

Bimbingan Belajar

Jika dibandingkan di kota, bimbingan belajar di pedesaan masihlah minim. Oleh sebab itu, bimbingan belajar adalah usaha yang potensial dan akan banyak peminatnya. Mengingat masih banyak siswa-siswi yang belum sepenuhnya memahami pelajaran di sekolah, sedangkan orang tua tidak bisa membantu anak untuk lebih memahaminya.

Oleh sebab itu, banyak orang tua yang butuh bantuan guru dari bimbingan belajar. Kesadaran akan pentingnya pendidikan juga dapat membuat usaha bimbingan belajar lebih cepat berkembang dan banyak diminati.

Content Creator

Siapa yang sering nonton YouTube, lihat tutorial atau tanya sesuatu sama Mbah Google? Bukan Cuma sebagai penikmat informasi, kamu juga bisa berbagi informasi dan membagikan pengetahuanmu melalui channel Youtube (dalam bentuk video) atau Blog (dalam bentuk tulisan).

Faktanya, di era digital ini sudah banyak orang yang sukses dan memiliki penghasilan yang fantastis dari YouTube maupun blog. Bagi kamu yang tinggal didesa dan tertarik memiliki penghasilan dari Blog atau YouTube, bisa meliput suasana dan aktivitas di pedesaan, memberikan tutorial cara bercocok tanam, cara beternak, budidaya, dan lain-lain.




 

Bisnis online

Jika kegiatan di pedesaan bisa dibagikan melalui social media, maka hasil dari kegiatan (pekerjaan) tersebut bisa dijajakan secara online. Hasil pertanian dan peternakan bisa dijual juga secara online untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan begitu, pundi-pundi rupiah pun berdatangan.

Apapun jenis usaha yang akan atau sedang kamu tekuni, daftarkan juga secara online agar lebih mudah dikenal orang dan banyak peminatnya.

 

Demikian beberapa usaha yang paling sukses dan mampu bertahan lama di pedesaan. Semoga artikel ini bermanfaat!!!