Ingin jadi pengusaha sukses tapi tinggal di desa? Nggak perlu khawatir, kamu bisa kok buka usaha online di desa dengan penghasilan bisa lebih banyak dari tinggal di kota.

Usaha Online Di Desa

Memiliki hidup yang bebas dari masalah finansial adalah  impian setiap orang. Banyak orang memilih untuk membuka usaha untuk mewujudkannya. Lalu bagaimana jika posisi tinggal di pedesaan. Mungkinkah bisa menjadi pengusaha dengan penghasilan besar?

Jawabannya tentu saja bisa. Sebab di dunia digital ini, setiap orang tidak hanya bisa menjangkau lingkungan sekitar, tapi bisa menjangkau se-Indonesia bahkan seluruh dunia. Jadi tak ada istilah “ingin buka usaha, tapi lingkungan tidak mendukung” ya….

Berikut beberapa peluang usaha online di desa:

1. Kue Tradisional

Di tempat kamu tinggal pasti punya makanan khas tradisional kan? Nah, kamu bisa memanfaatkan sosial media untuk berjualan dan mempromosikannya. Dengan teknik pemasaran yang menarik serta kualitas produk yang terbaik pula, dijamin kamu bakan bajir orderan…..

2. Sewa Pakaian Adat

Pakaian adat dan pakaian daerah pastinya nggak mudah ditemukan dengan mencari-cari secara offline. Kecuali memang sudah tahu tempatnya ya, hehehe.  Ini bisa jadi potensi peluang usaha yang menjanjikan loh….

Selain pakaian adat daerah, akan lebih bagus kalau kamu juga memiliki kemampuan dibidang tata rias. Selain menyewakan pakaian adat, kamu juga bisa sekalian menyediakan jasa make up atau riasannya.

3. Kerajinan Tangan

Masih berhubungan dengan daerah. Kamu bisa menjual kerajinan tangan asal daerahmu. Supaya bisa lebih bervariasi, bisa juga mengikut sertakan kerajinan daerah lainnya. Kalau melihat orang sekitar, mungkin tidak banyak yg tertarik. Kamu bisa memanfaatkannya toko online dan tempat wisata sekitarmu. Biasanya,  wisatawan lokal maupun asing akan tertarik untuk membawa pulang sebagai oleh-oleh.

Cara Promosi Jualan Online Yang Menarik Agar Cepat Laku

4. Ternak

Tinggal di desa, biasanya masih memiliki lahan yang lebih luas dari pada di kota yang sudah padat. Lahan tersebut bisa dimanfaatkan untuk usaha peternakan. Ternak ikan, unggas atau apapun yang sesuai dengan minatmu.

Ternak yang menjadi bahan lauk ini tentunya akan selalu diminati, sebab selama masih ada manusia, tentu mereka akan membutuhkan bahan pangan. Agar jangkauan lebih luas, pasarkan juga secara online. Siapa tau ada pemilik kedai makan, restaurant atau penjual di pasar yang ingin bekerja sama.

5. Bertani & Bercocok Tanam

Hampir sama dengan ternak, tentu hasil tani, baik itu beras  ataupun tanaman akan selalu diburu setiap harinya. Jadi, buat kamu yg tinggal di desa, ini merupakan potensi besar.

Sebab, orang yg tinggal di kota sudah sulit untuk bercocok tanam dan menanam padi sendiri. Sudah pasti pengusaha di kota akan membeli padi serta sayur mayur dan buah dari pedesaan untuk kembali dijual. Kamu juga bisa turut serta menjual bibit tanaman secara online melalui aplikasi belanja online

6. Content Creator

Nah, usaha online selanjutnya yang sangat berpotensi untuk mengeruk pundi-pundi rupiah adalah menjadi content creator. Apapun usaha, keahlian ataupun pengetahuanmu bisa dibagikan secara online. Contohnya Youtuber atau Blogger. Banyak orang yang membagikan pengetahuannya dan memberikan tutorial berternak, berkebun, memasak, membuat kerajinan, dan lain-lain.

Melalui konten tersebut yang diupload ke YouTube (dalam bentuk video) atau Blog (dalam bentuk tulisan) maka akan berpotensi menjadi penghasilan dari jumlah pengunjung dan klik iklan.

7. Reseller Dan Dropshipper

Yang terakhir adalah menjadi reseller atau menjual ulang produk milik orang lain dengan memasarkannya secara online. Saat ini banyak sekali orang yang menjadi reseller ataupun dropshipper. Dengan modal smartphone, aktif di sosial media dan mendaftar di aplikasi belanja sebagai penjual, banyak para reseller maupun dropshipper yang banjir orderan.

Selain yang disebutkan di atas, tentunya masih banyak hal lain yang bisa dijadikan usaha online. Yang terpenting adalah mampu melihat peluang dan menganalisa pasar, sehingga bisa menjadi pebisnis yang sukses, baik offline maupun secara online. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat!