Saat ada keluarga, kerabat ataupun orang lain yang melaksanakan aqiqah, bagaimana cara memberi ucapan doa aqiqah untuk bayi?

Ucapan Doa Aqiqah

Saat menghadiri acara aqiqah atau mendapat hantaran aqiqah, bagaimana sebaiknya kita memberi ucapan dan doanya? Berikut doa dan ucapan untuk acara aqiqah yang sobat Family Life Journey bisa ucapkan. Doa-doa berikut adalah yang dicontohkan para ulama.

Doa 1

Dari Hasan Al-Bashri rahimahullah, ada seseorang bertanya kepadanya, “Bagaimana cara saya mengucapkan ucapan selamat (kelahiran)?” Beliau menjawab, “Ucapkanlah olehmu,

 

جَعَلَ اللهُ مُبَارَكًا عَلَيْكَ وَ عَلَى أُمَّةِ مُحَمَّدٍ

Ja’alahallahu Mubaarokan ‘Alaika wa ‘Ala Ummati Muhammadin

“Semoga Allah memberinya keberkahan untukmu dan untuk ummat Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.”

Doa 2

Imam Al-Hasan al-Bashri juga mengajarkan doa berikut untuk ucapan aqiqah

بُوْرِكَ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ، وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ، وَرُزِقْتَ بِرَّها، وَبَلَغَ أشُدَّها


Buurika Laka fil Mauhuubi, wa Syakartal Waahib, wa Ruziqta Birrahaa, wa Balagha Asyuddahaa

“Semoga diberkahi anak yang dianugerahkan kepadamu, engkau bersyukur kepada Sang Pemberi, engkau dikaruniai baktinya, dan ia dapat sampai dewasa.”

Doa 3

Melansir dari aqiqah.diy.web.id  Imam al-Nawawi menukilkan tahni-ah yang diajarkan al-Hasan al-Bashri dalam Al-Adzkarnya kepada seseorang.

بَارَكَ اللهُ لَكَ فِي الْمَوْهُوْبِ لَكَ، وَشَكَرْتَ الْوَاهِبَ، وَبَلَغَ أَشُدَّهُ، وَرُزِقْتَ بِرَّهُ.

Baarakallaahu Laka fil Mawhuubi Laka wa Syakartal Waahib, wa Balagha Asyuddahaa, wa Ruziqta Birrohu

“Semoga Allah memberkahi untukmu anak yang diberikan kepadamu. Semoga engkau pun bersyukur kepada Sang Pemberi, dan dia dapat mencapai dewasa, serta engkau dikaruniai kebaikannya.”



 

Doa-doa tersebut memang tidak berasal langsung dari Nabi SAW. Namun Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam mengajarkan untuk mendoakan anak kecil (bayi) dengan doa keberkahan.

Di Shahih Al-Bukhari, dari Asma’ binti Abi Bakar RA, ia berkata: Aku hamil Abdullah bin al-Zubair. Aku keluar berhijrah ke Madinah. Saat  tiba di Quba’, aku melahirkan, lalu  membawa anakku ke Rasulullah SAW. Aku menaruhnya di pangkuan Rasul. Beliau minta kurma kemudian mengunyahnya. Setelah itu mengoleskannya di mulut Ibnu al-Zubair sehingga yang pertama kali masuk ke perutnya ialah ludah Rasulullah yang bercampur dengan kurma itu. Kemudian Rasullula mendoakan kebaikan dan keberkahan kepada bayi itu (Abdullah bin Zubair)

Karena tidak ditemukan sifat bacaan khusus tentang doa keberkahan untuk bayi, sehingga sejumlah ulama mendoakan keberkahan menggunakan redaksi yang berbeda-beda, seperti yang sudah disebutkan di atas. (Wallahu A’lam).

Doa Menyembelih Aqiqah Lengkap Dengan Penjelasannya

Adapun jika belum hafal untuk mengucapkan seperti yang dicontohkan para alim ulama, maka bisa mendoakan keberkahan bayi menggunakan bahasa masing-masing. Sebab, yang dimaksudkan di sini adalah inti dari doa tersebut yaitu mendoakan keberkahan.

Ucapan Selamat Untuk Aqiqah

Adapun jika belum hafal untuk mengucapkan seperti yang dicontohkan para alim ulama, maka bisa mendoakan keberkahan bayi menggunakan bahasa masing-masing. Sebab, yang dimaksudkan di sini adalah inti dari doa tersebut yaitu mendoakan keberkahan.

Berikut beberapa contoh doa ucapan aqiqah dengan bahasa Indonesia langsung:

Selamat atas kelahiran putra/putrimu ya. Semoga Allah menjadikannya anak yang sholeh/sholeha dan pembawa keberkahan bagi keluarga.




 

Selamat ya sudah melaksanakan aqiqah untuk putra/purimu. Semoga dengan ini, Allah meridhoi dan selalu menyertai keberkahan untuk keluargamu. Dan semoga anak ini tumbuh menjadi anak yang mulia baik di dunia maupun akhirat.

Sebagaimana kamu telah memenuhi hak anak dengan aqiqah, semoga dengan itu pula dapat menjadi washilah keridhoan Allah serta dibukanya pintu rahmat dan keberkahan untukmu sekeluarga. Semoga anak ini selalu mendapat perlindungan dari Allah dari segala hal buruk.

Demikian contoh  ucapan doa aqiqah, kamu bisa gunakan doa yang dicontohkan ulama atau membuat kalimat sendiri. Yang terpenting dari sebuah doa dan ucapan selamat adalah sebuah harapan baik.

Referensi:

Ucapan Aqiqah Beserta Doa yang Dianjurkan Ketika Aqiqah