Tabungan emas pegadaian merupakan investasi yang mudah lagi menguntungkan. Nilainya tak tergerus inflasi dan bisa diuangkan dengan cepat saat ada keperluan.

Harga emas sering kali mengalami kenaikan, sayangnya justru jarang sekali terjadi penurunan harga. Meskipun terjadi penurunan, nilai penurunan tidaklah seberapa. Oleh sebab itu, menabung emas bisa jadi alternatif investasi yang mudah dan terjangkau oleh setiap kalangan. Harga emas logam mulia Antam saat ini per 3 Februari 2021 adalah Rp947.000per gram. Untuk memantau harga emas harian Anda bisa pantau di sini.

Kabar gembiranya, Pegadaian memberikan layanan Tabungan Emas. Kamu tidak perlu khawatir karena harus merogoh kantong untuk membeli emas dengan harga sekarang ini. Karena modal investasi emas dengan sistem menabung ini sangat sangat terjangkau, bisa dimulai dengan besaran 0,01 gram.

Apa Itu Tabungan Emas Pegadaian?

Layanan Tabungan Emas yang disediakan Pegadaian adalah membuka rekening, gadai, membeli, menjual, transfer, atau mencetak. Tentunya layanan ini memudahkan masyarakat untuk berinvestasi. Apalagi, semua itu bisa dilakukan secara online, baik melalui website resmi pegadaian.co.id atau melalui aplikasi Pegadaian Digital.

Program tabungan emas pegadaian sangat terjangkau. Nasabah dapat langsung transfer mulai dari 0,1 gram ke rekening Tabungan Emas. Apabila uang di tabungan emas sudah banyak dan terkumpul, misalnya uangmu setara dengan harga 6 gr emas,  maka kamu dapat menukarnya dengan logam mulia Antam atau emas berbentuk fisik.

Investasi emas dengan mengikuti program tabungan emas pegadaian bisa untuk investasi jangka panjang ataupun jangka pendek. Emas logam mulia adalah investasi yang bisa dicairkan kapan saja dengan proses yang cepat. Selain itu, investasi tabungan emas pegadaian sangat aman karena dikelola secara profesional dan transparan oleh PT Pegadaian (persero) di bawah naungan BUMN.

Cara Buka Rekening Tabungan Emas Pegadaian

Untuk kamu yang tertarik dengan program tabungan emas pegadaian dan ingin segera berinvestasi dalam bentuk emas, bisa langsung membuka rekening. Baik secara online atapun offline. Untuk kamu yang memilih offline, bisa lakukan hal di bawah ini:

  1. Datang langsung ke Kantor Pegadaian terdekat di kotamu. bawalah fotocopy identitas diri (KTP/ Passpor) yang masih berlaku.
  2. Mengisi formulir untuk membuka Rekening Tabungan Emas
  3. Membayar biaya untuk membuka rekening sebesar RP10.000 dan biaya titipan selama 12 bulan sejumlah Rp30.000,-.

Proses pembelian emas bisa dilakukan dengan kelipatan 0.01 gram sesuai dengan harga emas ter-update. Apabila sewaktu-waktu kamu butuh dana tunai, saldo titipan emas bisa dijual kembali (buyback) ke Pegadaian.  Minimal penjualan adalah 1 gram. Transaksi penjualan emas dapat dilakukan  di Kantor Cabang tempat kamu membuka rekening dengan menunjukkan Buku Tabungan beserta identitas diri yang asli.

Info tambahan lainnya, kamu juga dapat melakukan order cetak dan memilih keping (5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr) dengan  biaya cetak menyesuaikan kepingan yang dipilih. Apabila ingin top up atau menabung, kamu bisa setor dana melalui outlet Pegadaian atau ATM. Transaksi top up minimal 0,01 gr dan maksimal 100 gr per hari.

Selanjutnya, jika ingin membuka rekening tabungan emas pegadaian secara online, yang harus kamu lakukan adalah:

 

Pegadaian Digital, Cara Download Dan Fitur-Fitur Didalamnya

  1. Download Aplikasi Pegadaian Digital melalui Playstore atau Appstore.
  2. Mengisi formulir permohonan untuk pembukaan rekening tabungan emas
  3. Melampirkan kartu identitas diri (KTP/Paspor)

Meski pembukaan rekening bisa dilakukan secara online, akan tetapi jika kamu ingin mencetak buku tabungan emas, harus datang ke outlet Pegadaian di tempat kamu membuka rekening. Dengan peraturan maksimal 6 bulan sejak pembukaan dari aplikasi Pegadaian/Agen Pegadaian.

Cara cek saldo tabungan emas pegadaian

Untuk kamu yang sudah membuka rekening tabungan emas pegadaian,  bisa cek saldo tabungan kapan pun dan di mana pun, tanpa perlu mengunjungi Pegadaian terdekat. Ada dua cara untuk mengecek saldo tabungan emas pegadaian:

Melalui website resmi  Pegadaian

Untuk mengecek saldo tabungan emas Pegadaian melalui website, silakan menuju halaman pengecekan saldo lewat link  bmi.pegadaian.co.id.  Kamu bisa melakukannya melalui handphone ataupun desktop.

Tabungan-emas-pegadaian

 

-Masukkan nomor rekening

Setelah klik link di atas, akan muncul halaman berisi kolom nomor rekening dan nomor validasi. Isi kolom itu dengan nomor rekening tabungan emas.

-Isi nomor validasi

Setelah selesai  mengisi nomor rekening, di bawahnya juga terdapat kolom nomor validasi yang perlu kamu isi.

-Klik cek saldo

Jika semuanya sudah terisi dengan benar, kamu tinggal klik ‘cek saldo’ lalu tunggu sebentar. Setelah proses selesai, maka akan terlihat saldo tabungan emas kamu di Pegadaian

Melalui aplikasi Pegadaian Digital

Selain melalui cara di atas, cara cek saldo tabungan emas pegadaian selanjutnya adalah melalui aplikasi Pegadaian Digital.

Setelah selesai download dan install aplikasi tersebut, nasabah yang baru pertama kali menggunakan aplikasi ini wajib mengisi data diri terlebih dahulu. Jika semua sudah terisi, nasabah dapat mengecek saldo dengan memasukkan nomor rekening.

Demikian informasi seputar tabungan emas pegadaian. Semoga bermanfaat!.