Perut lapar tapi isi dompet menipis? Coba deh resep cemilan 3 bahan yang enak dan mengenyangkan. Udah gitu, tetap hemat lagi.

resep-cemilan-3-bahan

Saat tanggal tua, isi dompet sering meringis. Lucunya, saat bokek justru perut rasanya lapaaar mulu, wkwkwk. Kayanya, resep cemilan 3 bahan ini cocok deh buat kamu. Selain mudah dibuat, bahan-bahannya pun murah meriah.

Dari satu bahan utama, kamu bisa bikin 3 jenis cemilan buat temani hari-harimu. 3 cemilan ini bisa dibuat berbarengan, tapi nggak usah khawatir, kalau kamu ngerasa kebanyakan, sebagian bisa disimpan di kulkas kok.

Resep Cemilan 3 Bahan

Penasaran kan? Langsung aja, 3 bahan utama yang kita butuhkan yaitu nasi, tepung tapioka dan telur. Tuh kan, dari bahannya aja dari karbohidrat . Dijamin kenyang dan gak bakal nguras kantong. Dari 3 bahan utama ini kita bisa buat cemilan yang berbeda, yaitu cireng, mpek-mpek dan kerupuk.

Resep  Cireng Nasi

Bahan-bahan yang kamu perlukan adalah:

-Nasi

-Tepung tapioka/sagu

-bawang putih (Bisa langsung gunakan Royco atau Masako kalau kamu nggak punya bawang putih)

-daun bawang (bisa skip kalau tidak suka)

Cara membuat:

Haluskan nasi menggunakan blender, kalau tidak ada boleh diulek (yang penting tekstur berubah jadi halus). Bagi nasi yang sudah diblender menjadi tiga, untuk membuat cireng, mpek-mpek dan kerupuk.

Ambil adonan yang untuk cireng, setelah itu campurkan tepung tapioka, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam/penyedap rasa dan daun bawang ke dalam nasi yang sudah diahaluskan. Kemudian, aduk sampai rata dan adonan bisa dibentuk. Tes rasa, lalu bulat-bulatkan adonan kemudian ditekan-tekan hingga membentuk cireng.

Tips: tuang tepung tapioka sedikit terlebih dahulu saat hendak mengaduk adonan. Jika adonan sudah bisa dibentuk, sisa tepung bisa dibalurkan ke cireng yang sudah dibentuk agar tidak lengket. Setelah itu silakan goreng dengan api kecil hingga matang. Cireng bisa dinikmati dengan dicocol saos atau sambal rujak.

Catatan: Untuk resep pertama (cireng), telurnya simpan dulu ya. Karena akan digunakan untuk resep selanjutnya.

Resep Empek-Empek Nasi

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

-Nasi

-Tepung tapioka/sagu

-Telur 1 butir

-Bawang putih

-Garam

-Penyedap rasa bila suka

Cara membuat:

Ambil adonan nasi untuk mpek-mpek, lalu beri sedikit air. Masukkan bawang putih, telur, garam dan penyedap rasa. Tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit dan aduk hingga adonan bisa dibentuk.

Tips: Jika ingin rasa mpek-mpek lebih gurih, bisa ditambahkan udang rebon atau teri yang sudah diblender lalu campur dan aduk rata ke dalam adonan. Sambil membentuk adonan didihkan air. Setelah air mendidih, masukkan adonan lalu direbus sampai mengambang.

Mpek-mpek ekonomis dan simple ini bisa dinikmati dengan cuko atau dicocol saos (kalau betul-betul isi dompet tiris wkwkwk).

Baca Juga: Tips Anti Repot Di Pagi Hari Untuk Para Ibu

Resep Kerupuk Nasi

Bahan-bahan:

-Nasi

-Tepung tapioka

-Air

-Bawang putih dan ketumbar secukupnya, dihaluskan

-Garam/penyedap

-Minyak goreng untuk mengoles loyang

Cara membuat:

Ambil adonan untuk kerupuk yang sudah dipisahkan sebelumnya. Campur semua bahan, tambahkan air sedikit demi sedikit hingga tekstur mengental.

Siapkan loyang lalu olesi minyak goreng, kukus adonan selama 15-20 menit sampai tekstur adonan mengeras. Tusuk dengan garpu, jika sudah tidak lengket matikan api. Setelah diangkat, diamkan sampai benar-benar dingin.

Setelah dingin, iris adonan tipis-tipis lalu jemur hingga kering. Setelah kering, kerupuk nasi bisa digoreng lalu dinikmati.

Gimana? Cara buatnya mudah bukan? Resep cemilan 3 bahan ini bisa dipraktekkan oleh siapapun, cocok untuk anak kos yang sedang berhemat, para emak ditanggal tua, atau kamu yang lagi iseng butuh kegiatan dan  mau bereksplorasi di dapur.

O ya, kenapa saya tidak sertakan takaran nasi, tepung ataupun bahan lainnya? Karena kamu bisa membuat resep ini sesuai kebutuhan. Jadi kamu bisa menentukan takaran sendiri ya.