Pernahkah kamu mendengar istilah psikologi pendidikan? Apa kaitannya bidang pendidikan dengan psikologi? Simak penjelasannya di bawah ini?

Ilmu Psikologi

Melansir dari Wikipedia, psikologi merupakan salah satu bidang ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan mental manusia melalui prosedur ilmiah. Adapun orang yang ahli dalam ilmu psikologi disebut psikolog.

Pengertian Psikologi Pendidikan

Ada beberapa cabang ilmu psikologi, salah satunya adalah psikologi pendidikan. Pada psikologi pendidikan, teori-teori dan konsep psikolog dikaitkan dengan bidang pendidikan untuk memahami serta meningkatkan pembelajaran dan pengajaran dalam ingkungan pendidikan formal.

Secara sederhana, psikologi pendidikan berfokus pada bagaimana siswa (dalam berbagai usia) dan bagaimana guru bisa membantu siswa untuk belajar dengan efektif. Topik pembahasan psikologi pendidikan meliputi bakat siswa, perbedaan gaya belajar, proses intruksional dan masalah-masalah yang kerap timbul pada proses belajar mengajar.

Untuk memecahkan masalah yang kian beragam  dalam dunia pendidikan, psikologi pendidikan banyak memanfaatkan teori dari disiplin ilmu psikologi, seperti psikologi perkembangan, psikologi perilaku dan juga psikologi kognitif. Para psikolog pendidikan dapat berkontribusi atau bekerja di berbagai lingkungan, diantaranya menjadi pengajar,  peneliti, ataupun konsultan.



 

Manfaat Psikologi pendidikan

Dengan memahami ilmu psikologi pendidikan, tentu saja tujuannya untuk memecahkan masalah dalam dunia pendidikan, seperti:

Memahami Keunikan dan Karakter Siswa

Sejatinya, setiap orang pasti memiliki potensi. Dengan memahami ilmu psikologi yang kemudian diterapkan dalam proses belajar mengajar, pendidik jadi bisa lebih memahami gaya belajar setiap anak.

Dengan demikian tak ada istilah anak pintar ataupun bodoh. Yang ada hanya bagaimana cara membuat murid menjadi paham. Faktanya satu cara tidak selalu efektif pada jumlah siswa yang memiliki karakter masing-masing.

Melalui psikologi pendidikan, diharapka tenaga pendidik bisa memahami kesulitan belajar dan menemukan solusi yang tepat sesuai gaya belajarnya.

Memudahkan Tercapainya Target

Tujuan dari belajar adalah anak mampu menyerap ilmu serta pengetahuan yang disampaikan dengan baik. Dengan mengaplikasikan teori psikologi dalam dunia belajar, maka anak akan lebih mudah memahami materi. Target dan harapan guru pada muridpun bisa tercapai.

Menciptakan Bimbingan untuk Siswa

Manfaat lain dari teori psikologi pendidikan ialah dapat menciptakan bimbingan untuk siswa. Sebab, siswa merasa nyaman berkomunikasi dengan guru saat memiliki kendala.

Memberi Konseling Pada Anak

Adakalanya siswa mengalami penurunan semangat belajar yang dilatar belakangi berbagai alasan. Peranan psikologi pendidikan akan membantu kendala siswa untuk kembali menemukan semangat belajar.

Strategi Pembelajaran yang Tepat

Melalui psikologi pendidikan, pembelajaran dapat diramu dengan teknik dan cara yang tepat, efektif,sesuai serta mudah dipahami. Oleh karena itu penting sekali bagi tenaga pendidik untuk memahami psikologi pendidikan.




 

Menghindari Penilaian yang Subjektif

Guru umumnya sudah memahami karakteristik, kelemahan serta kelebihan siswa-siswinya. Saat melakukan praktik penilaian dan evaluasi belajar mengajar, tidak diperknankan subjektif dan hanya melihat dari hal yang ditonjolkan anak.

Guru yang memahami psikologi pendidikan tentu akan menimbang minat, kemampuan, sifat, serta pemahaman peserta didiknya. Tidak mudah memberi penilaian, melainkan menganalisa dan mengevaluasi terlebih dahulu.

Memberi Hasil Evaluasi Pembelajaran

Melalui penerapan teori psikologi pendidikan, pendidik mampu memberikan hasil penilaian yang adil serta menyesuaikan kemampuan masing-masing. Evaluasi hasil pembelajaran dapat berupa nilai ujian kognitif, sikap,dan nilai keaktifan dalam mengikuti kegiatan sekolah. Hasil evaluasi dapat menjadi acuan perbaikan untuk siswa menjadi lebih baik.

Pembentukan Karakter yang Berkompetensi

Melalui penerapan psikologi pendidikan dalam rencana, proses, hasil dan evaluasi dalam pembelajaran, guru dapat menemukan minat dan potensi pada anak. Sehingga pendidik dapat mendidik anak sesuai keunikannya. Karena mendapat penanganan yang tepat, maka akan terbentuk karakter anak didik yang berkualitas, berkompetensi dan unggul.

Tak hanya dalam bidang pendidikan, psikologi sangat membantu menangani berbagai permasalahan yang berhubungan dengan perilaku manusia. Baik dalam industri, dunia kerja, kesehatan dan lingkungan. Oleh sebab itu, apapun profesimu, memahami psikologi akan sangat membantu. Bahkan untuk mewujudkan keharmonisan keluarga dan menjadi orang tua yang baik pun butuh pengetahuan psikologi, meskipun hanya dasarnya.

Peluang Kerja Lulusan Psikologi Pendidikan

Bagi sobat Family Life Journey yang mengambil jurusan Psikologi Pendidikan, memiliki banyak peluang kerja loh. Diantara karir yang bisa dimiliki psikolog pendidikan adalah:

  • Guru Bimbingan Konseling
  • Dosen Psikologi
  • Research and Development (RnD)
  • Psikolog Sekolah
  • Konsultan
  • Counselor
  • Psikolog Klinis, dan lain-lain.

Demikian pengertian psikologi, manfaat dan kaitannya dengan dunia pendidikan. Semoga bermanfaat!