Butuh inspirasi untuk pidato pendidikan? Yuk, intip pidato persuasif tentang pendidikan singkat, padat & menarik di bawah ini!

Pidato Persuasif

Ada beberapa jenis pidato, diantaranya yaitu pidato persuasif. Adapun pidato persuasif, yaitu jenis pidato yang berisi himbauan atau ajakan kepada audiens untuk melakukan suatu hal yang dianggap bermanfaat bagi kehidupan. Seperti pada umumnya, pidato persuasif memiliki struktur berupa pembukaan, isi dan penutup. Yang membedakan hanya dari tujuannya saja, yaitu berupa ajakan kepada audiens.

Kali ini Family Life Journey akan menulis contoh  pidato persuasif tentang pendidikan berikut dengan kerangak pidatonya.

Pembukaan Pidato Persuasif Tentang Pendidikan

Ada banyak gaya dalam cara penyampaian pembukaan pidato. Sebagai referensi, silakan kunjungi:

Contoh pembukaan ceramah.

Contoh pembukaan pidato shalawat serta salam

Contoh pidato pembukaan Alhamdulillahi robbil alamin wa bihi nasta’in

Jika kamu suka dengan nuansa yang humoris dan ingin membuka pidato dengan pantun lucu, bisa mencoba pantun pembuka pidato.

Isi Pidato Persuasif Tentang Pendidikan

Bapak Ibu yang saya hormati dan teman-teman yang saya sayangi.

Sebagai orang-orang yang giat membagikan dan menimba ilmu di sekolah ini, tentunya kita paham akan pentingnya peran pendidikan. Pendidikan merupakan modal utama dalam kehidupan. Hal itu bukan hanya slogan, melainkan kenyataan. Bagaimana tidak, bukankah kita sam-sama melihat? Berapa banyak orang yang putus sekolah, kemudian mengalami banyak kesulitan hidup saat di usia dewasa.

Sebagai seorang pelajar, tidak bisa dipungkiri, ada masanya kita jenuh setiap hari harus belajar dan belajar. Ada masanya kita merasa tertekan dengan segudang pelajaran. Tapi marilah kita sama-sama renungkan, bahwa pohon yang dirawat diberi pupuk akan tumbuh subur, berbuah manis dan lebat. Begitu juga manusia, saat kebutuhan kasih sayangnya dalam keluarga terpenuhi dan mendapatkan pendidikan yang layak tentu akan mempengaruhi masa depannya.

Pendidikan merupakan tangga menuju masa depan yang lebih baik. Dengan ilmu, orang bisa memiliki harta. Orang berharta tanpa ilmu, bisa kehabisan hartanya. Orang berilmu bisa menggunakan ilmunya untuk berjuang dikerasnya kehidupan, lalu bagaimana perjuangan orang yang tidak memiliki cukup ilmu dalam menghadapi kesulitan?

Maka dari itu, marilah teman-teman semua kita gunakan waktu dan kesempatan kita sebaik mungkin. Kuasailah bidang ilmu dengan baik. Saat ini adalah waktunya bagi kita untuk menimba ilmu, karna jika sudah terlewat waktunya, maka akan lebih besar tantangannya. Waktu tidak bisa kembali berputar, maka dari itu janganlah kita sampai menyesal.

Untuk Bapak dan Ibu Guru, kami haturkan beribu terima kasih atas semua ilmu yang telah diajarkan pada kami. Dan untuk teman-teman, marilah kita cerahkan masa depan dengan pendidikan. Semoga kita tidak termasuk dari golongan orang-orang yang merugi.

Penutup Pidato pidato persuasif tentang pendidikan

Untuk mendapatkan referensi penutup pidato, silakan klik contoh penutup pidato.

Demikian contoh pidato persuasif tentang pendidikan, semoga bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan!

Referensi:

https://www.99.co/blog/indonesia/contoh-pidato-persuasif/