Ingin tetap belajar tapi terkendala biaya? Tenang, ada beberapa pesantren gratis di Bogor, loh! Jadi, sobat bisa tetap belajar dan mengukir prestasi.

Pesantren Gratis Di Bogor 2021

Biaya pendidikan  merupakan salah satu faktor penyebab putus sekolah. Sedangkan, untuk keluar dari lingkaran kemiskinan dan kebodohan, seseorang harus mendapatkan hak pendidikan. Untuk sobat Family Life Journey yang memiliki kendala terkait biaya pendidikan, tidak usah bersedih ya.

Ada banyak cara agar kita tetap mendapatkan pendidikan yang layak, salah satunya adalah belajar di tempat ataupun lembaga yang memberikan beasiswa ataupun menggratiskan biaya pendidikan. Untuk sobat yang ingin mendapatkan pendidikan secara gratis, berikut beberapa pesantren di Bogor yang bisa jadi pertimbangan:

Al Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School

Pondok pesantren ini didirikan pada juni 1998, oleh almarhum Habib Sagaff dan istrinya yang kerap disapa Umi Waheedah. Pada Tahun 2017, Nurul Iman Islamic Boarding School dinyatakan sebagai pesantren mandiri berbasis indutri oleh Presiden Joko Widodo.

Pesantren ini memiliki pabrik roti, air minum kemasan, peternakan, pertanian, perikanan, bahkan memiliki aset kebun kayu & kebun kopi di sumatera serta saham pertambangan. Tagline dari Ponpes Nurul Iman adalah free and quality education is supported by sosial enterpreunership. Pendidikan gratis namun berkualitas yang disokong oleh pengaplikasian sistem ekonomi syariah.

Seperti pondok pesantren pada umumnya, para santri juga belajar pendidikan agama dan bahasa asing, diantaranya: Bahasa Inggris, Arab, Jepang dan Mandarin namun yang uniknya adalah para santri juga diajarkan berwirausaha. Tentu hal ini sangat bagus dan bermanfaat untuk kehidupannya kelak saat lulus dari Ponpes.

 



 

Pesantren Nahwa Nur

Pesantren Nahwa Nur merupakan pesantren tahfidz gratis untuk Yatim Piatu maupun Dhuafa. Meskipun gratis, Nahwa Nur memberikan fasilitas yang memadai dan layak untuk para santrinya, diantaranya:

  • Pengajar yang profesional di bidangnya, baik lulusan dalam maupun luar negeri.
  • Ruang kelas, masjid & perpustakaan
  • UKS
  • Makan 3 kali sehari
  • UKS, Warung Pondok dan sarana pendukung lainnya.

Selain menghafal Alquran, ada kegiatan pendukung lainnya seperti olahraga, super camp yang diadakan setahun sekali dan juga PPQ Goes to Campus. Untuk sobat yang ingin tahu lebih tentang Nahwa Nur, bisa langsung datang ke lokasinya di Kampung Caglak RT.04/07 Desa Sukmajaya Kec. Tajur Halang, Kab. Bogor atau menghubungi Telp: (0251) 8552141

Ekselensia Tahfidz School

Ekselensia Tahfidz School atau disebut juga eTahfizh ialah sekolah tahfizh yang didirikan dengan dana zakat dari masyarakat. Meski begitu, eTahfizh tetap mengedepankan kualitas dan menyamai pesantren modern. Tak heran jika penerimaan siswa setiap tahunnya sangat dibatasi.

Calon santri akan melewati serangkaian proses seleksi, diantaranya tes kompetensi mata pelajaran, psikotes serta wawancara dan home visit. T Tujuannya agar santri yang diterima benar-benar cocok sesuai kriteria, yaitu berprestasi secara akademis namun memiliki keterbatasan finansial.

Untuk sobat yang tertarik dengan Ekselensia Tahfidz School bisa langsung mengunjungi Raya Parung Bogor No.KM. 42, Jampang, Kec. Kemang, Bogor atau menghubungi (0251) 8684652

PPPA Daarul Qur’an Bogor

PPPA Darul Quran memiliki program Rumah Tahfidz yang tersebar dibeberapa daerah, salah satunya diJl. Pandu Raya No.27, RT.06/RW.14, Tegal Gundil, Kec. Bogor Utara, Kota Bogor. Para santri yang belajar di Darul Quran akan mendapatkan pendidikan selama 3 tahun.

Dalam 3 tahun, santri memilki target hafalan sebanyak 30 juz. Selain itu santri juga akan menerima fasilitas Dirosah Islamiyah, belajar Bahasa Arab dan Inggris serta belajar keterampilan sesuai minat dan bakat

Jika sobat tertarik belajar di PPPA Daarul Quran, bisa langsung datang ke lokasi atau menghubungi (0251) 7560247 atau WA 0817 019 8828 untuk informasi lebih lanjut.

Ponpes Al Huda Bogor

Yayasan Islam Al Huda Bogor merupakan sebuah lembaga yang bergerak di bidang pendidikan, sosial dan dakwah. Dalam bidang pendidikan, Al Huda menyediakan program beasiswa S1 dan beasiswa pelajar berbasis pesantren.

Untuk mahasiswa, Al Huda menargetkan 80 Mahasiswa pertahun untuk mendapatkan beasiswa, sedangkan untuk pelajar SMA sebanyak 40 dan diasramakan di Ma’had Huda Qurani Bogor, tepatnya di Jl. Raya Kapten Yusuf, Cimanglid Gg. Purnama RT 05/01, No. 61 Ds. Sukamantri, Kec. Tamansari, Kab. Bogor. Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi 0251 8487 512.

 




 

Ma’had At Tauhid Bogor

Ma’had At Tauhid Bogor adalah lembaga pendidikan khusus putri dibawah naungan Yayasan Al Huda. Untuk belajar di Ponpes Ini, biaya asrama, uang bangunan, biaya buku, seragam dan biaya kuliah semua digratiskan. Yang perlu dipersiapkan hanya biaya makan Rp.500.000 per bulan.

Syarat untuk menjadi santri di sini, ialah:

  • Maksimal usia 23 tahun
  • Diutamakan SMA
  • Lancar memabaca Quran
  • Nilai rata-rata rapor minimal 7.

Untuk sobat yang tertarik belajar di Ma’had At Tauhid bisa langsung mengunjungi Jl. Raya Kapten Yusuf No.61 Purnama, Cimanglid, Sukamantri, Kec. Tamansari, Bogor. Sebelum datang harap konfirmasi terlebih dahulu ke 0852 8193 7144.

Nah, gimana sobat? Maih ada cara kan untuk tetap belajar :). Semoga informasi ini bermanfaat!