Panik dengan persiapan pernikahan 1 bulan? Ini dia tips sukses mempersiapkan acara pernikahan hanya dalam waktu sebulan.

Persiapan Pernikahan 1 bulan

Acara pernikahan yang berjalan sempurna tanpa hambatan adalah impian setiap orang. Namun, tentu nya dibalik itu ada banyak hal yang perlu dipersiapkan. Orang yang mempersiapkan pernikahan perlu meluangkan waktu, tenaga, pikiran dan juga biaya pastinya. Bagi sebagian orang, menyewa jasa wedding organizer bisa jadi pilihan. Namun tentu saja ada biaya jasa juga yang perlu dipersiapkan.

Jika budget pernikahan tidak terlalu besar, maka calon mempelai ataupun keluarga perlu mempersiapkan acara pernikahan secara mandiri. Sayangnya, aktivitas dan kegiatan yang padat membuat waktu tak terasa bergulir dengan cepat. Bagi sobat Family Life Journey yang super sibuk, bisa banget kok buat persiapan pernikahan 1 bulan.

Gimana caranya menyelesaikan persiapan pernikahan 1 bulan dengan hasil maksimal? Simak dan dibaca sampai selesai ya!

Membuat List Persiapan

Agar dalam pelaksanaan persiapan pernikahan lebih mudah, sebaiknya sobat membuat list apa saja yang diperlukan sebelum dan selama proses pernikahan. Berikut contoh list persiapan pernikahan untuk akad dan resepsi.

  • Melengkapi syarat mengajukan pernikahan di KUA. Seperti surat pengantar nikah, surat izin menumpang nikah (bila diperlukan), fotokopi KTP, KK, Pas photo dan lain-lain.
  • Menentukan konsep acara pernikahan
  • Menentukan jumlah tamu undangan
  • Mempersiapkan undangan, baik itu berbentuk kartu undangan atau dengan konsep undangan online.
  • Menentukan tempat untuk melangsungkan akad nikah dan resepsi
  • Mencari penyedia jasa make up dan gaun pengantin sesuai kebutuhan
  • Mencari penyedia jasa sewa tenda pernikahan dan catering
  • Mempersiapkan souvenir
  • Mempersiapkan pemandu acara
  • Hiburan untuk para tamu

 

*** List di atas hanyalah contoh, kebutuhan dan keinginan setiap calon mempelai bisa saja berbeda-beda.

Membuat Timeline

Dari sekian detail banyaknya persiapan, sobat harus memiliki tenggat waktu yang jelas. Dengan begitu, waktu satu bulan bisa dimanfaatkan dengan baik agar hasilnya maksimal. Dalam satu bulan ada 4 minggu. Dalam satu minggu sobat harus mempunyai progress, kemajuan dan perkembangan sebagai tolak ukur.

Persiapan Pernikahan Minggu Pertama

Pada minggu pertama, sebaiknya sobat langsung bergerak untuk persiapan yang memang membutuhkan waktu dalam prosesnya. Lakukan dimulai dari persiapan dasar, yakni melengkapi persyaratan nikah dari KUA. Usahakan maksimal  dalam 2 hari harus sudah selesai dalam urusan administrasi.

Setelah itu fokuskan waktu untuk mencari jasa sewa gaun pengantin, dekorasi , tenda dan catering. Lebih baik untuk menemukan 1 vendor yang menyediakan langsung untuk make up, tenda dan catering satu set. Hal itu akan memudahkan dan menghemat waktu sobat.

Berikut beberapa rekomendasi yang mungkin bisa jadi pilihan:

Nikah Gratis Venue Di Restoran, Hanya Bayar Catering Saja, Free Standart Decor

Harga Venue Dan Paket Pernikahan Bogor 

Rekomendasi Wedding Venue Jakarta Dengan Ulasan Positif 

Harga Sewa Baju Pengantin Dan Make Up

Paket Nikah Murah Jakarta Mulai 7  Juta

Paket Nikah Tangerang Murah Mulai 8 Juta

Harga Sewa Tenda Pernikahan Murah Plus Dekorasi Pelaminan

Cara Mengatur Biaya Nikah Sederhana 10 Juta

Villa Untuk Pernikahan Di Bogor

Kesimpulannya, minggu pertama harus sudah mendaftarkan pernikahan ke KUA, sudah mendapatkan jasa make up, tenda dan catering. Baju yang akan dipakai di pelaminan pun harusnya sudah deal baik harga, ukuran dan modelnya. Konsep acara pernikahan sudah jelas, petugas MC dan hiburan pun sudah ditentukan.

Persiapan Pernikahan Minggu Kedua

Pada minggu kedua, sobat bisa memfokuskan diri menentukan dan memesan souvenir sesuai tamu undangan. Jika souvenir merupakan barang custom, pastikan tenggat waktu penyelesaian maksimal H-7 barang sudah ready. Jika bisa lebih cepat, akan sangat lebih baik. Di minggu kedua ini juga, harus menulis data berisi nama-nama tamu undangan, baik dari calon mempelai pria, calon mempelai wanita maupun tamu orang tua.

Agar lebih mudah, hemat biaya dan jangkauannya luas, sobat bisa memakai kondep undangan digital. Jadi, sobat hanya perlu membagikan format undangan sesuai data nama-nama tamu undangan sebelumnya. Jika ingin menggunakan undangan konvensional berbertentuk kertas atau kartu, pastikan bisa selesai cetak dalam 3 hari. Setelah itu, bisa minta bantuan keluarga untuk menuliskan nama-nama sesuai daftar tamu di kartu undangan.

Persiapan Minggu Ketiga

Di minggu ketiga, sobat perlu memastikan kembali ketersediaan orang-orang yang akan terlibat dalam proses berjalannya acara pernikahan. Agar tidak terlalu stres, sebaiknya sobat yang ingin menikah memberikan kepercayaan pada satu orang keluarga untuk mengatur semua alur laju acara. Biarkan ia berkoordinasi dan mengatur anggota keluarga lainnya sesuai peran.

Pastikan jumlah catering, jumlah souvenir, snack dan minuman memadai. Sebaiknya sediakan porsi lebih dari jumlah tamu undangan untuk mengantisipasi kekurangan. Setelah selesai menyiapkan semua list, diskusikan dengan keluarga untuk antisipasi ada hal yang terlewat. Termasuk pemantapan konsep pernikahan dan susunan acara sudah siap.

Persiapan Minggu Keempat

Minggu keempat atau H – 7 pernikahan adalah momen yang mendebarkan. Meski begitu, calon pengantin dan keluarga tetap perlu relax dan menjaga kesehatan untuk keberlangsungannya acara. Minggu keempat seharusnya merupakan minggu tenang dan semua hal sudah dipersiapkan, termasuk mahar. H-2 sobat bisa melakukan gladi resik bersama keluarga untuk simulasi acara demi acara yang akan berlangsung pada proses akad maupun resepsi.

Persiapan Pernikahan 1 bulan memang terhitung singkat. Oleh sebab itu, persiapan segala sesuatunya harus dilakukan dengan cepat. Termasuk dalam mengambil suatu keputusan, seperti busana dan menentukan akan menggunakan vendor lama. Jika sobat termasuk tipe orang perfeksionis ataupun pemilih, sebaiknya melakukan persiapan pernikahan dari jauh-jauh hari. Hal itu bertujuan agar sobat memiliki waktu yang lebih banyak untuk benar-benar mempertimbangkan pilihan.

Gimana Sobat? Bisa kan Persiapan Pernikahan 1 bulan? Selama budget sudah tersedia, kamu akan tetap bisa kok melaksanakan acara dan momentum bahagia ini meski dalam waktu singkat. Tetap semnagat dan semoga acara pernikahan Sobat Family Life Journey berjalan dengan lancar!