Bingung bagaimana cara menutup pidato dengan baik? Simak penutup pidato islami di bawah ini sebagai bahan referensimu agar dapat mengakhiri pidato dengan baik.

Penutup Pidato Islami

Saat membawakan pidato, banyak orang yang menggunakan pembukaan dalam Bahasa Arab. Dibuka dengan pembukaan shalawat serta salam dalam Bahasa Arab, biasanya ditutup lagi dengan doa atau penutup menggunakan Bahasa Arab. Meskipun begitu, menutup pidato islami menggunakan bahasa Indonesia pun tidak masalah.

Baca Juga: Pembukaan Pidato Islami, Alhamdulillah,  Shalawat Serta Salam

Nah, untuk sobat yang masih bingung bagaimana cara menutup pidato islami, baik kata penutup menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Arab, baca tulisan ini sampai selesai ya.




 

Kata Penutup Pidato Bahasa Indonesia

Saat menyampaikan kata penutup, tentu perlu disesuaikan dengan tema pidato. Berikut beberapa kata penutup sesuai dengan tema pidato yang dibawakan:

Penutup Pidato Acara Ulang Tahun

Alhamdulillah, Saya ucapkan terima kasih atas kehadiran Bapak/Ibu dan teman-teman sekalian diperayaan ulang tahun ini. Semoga nikmat usia yang diberikan kepada (sebutkan nama) membawa keberkahan dan kebaikan bagi dirinya dan juga sekitar.

Kami selaku tuan rumah/pemimpin acara memohon maaf jika ada hal yang kurang berkenan. Baik itu dari tutur kata, sambutan ataupun jamuannya. Dengan segala keterbatasan, semoga kita tetap bisa menyempurnakan acara ini dengan perasaan yang gembira dan menikmati kebersamaan ini.

Akhir kata, saya ucapkan Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Penutup Pidato Acara Pelatihan/ Seminar

Demikian rangkaian acara kita telah lewati bersama dari awal hingga akhir. Semoga kita semua dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam acara pelatihan ini ke dalam kehidupan sehari-hari. Karna ilmu dan pengetahuan yang tidak diamalkan, layaknya pohon tanpa buah.

Mari sama-sama kita menebar kebaikan dan menjadi insan yang bermanfaat. Sekian dari saya, mohon maaf untuk tutur kata dan tingkah laku yang mungkin saja kurang berkenan selama acara berlangsung. Terima kasih atas perhatian dan antusiasnya mengikuti acara pelatihan ini. Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

*Penutup pidato ini bisa digunakan untuk acara pelatihan, seminar ataupun workshop.

Penutup Pidato Acara 17 Agustus-an

Kami bersyukur rangkaian agenda perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus, Alhamdulillah telah selesai dilaksanakan. Semoga dibalik acara perayaan ini dapat menjadi pengingat bagi kita, mengenang jasa para pahlawan dalam upaya kemerdekaan.

Mudah-mudahan hal ini juga dapat menjadi motivasi bagi kita, bahwa tidak ada hal yang tidak mungkin selama kita masih mau berjuang dan berusaha. Atas pengorbanan dan perjuangannya, marilah kita sama-sama doakan para pahlawan negara yang telah mendahului kita agar Allah tempatkan di sebaik-baiknya tempat golongan yang termasuk jihad fi sabilillah. Ala hadzihi niyah…. Alfatihah (Bacakan surat Alfatihah).

Dengan ini, acara perayaan 17 Agustus resmi kami tutup, sekian dan terima kasih. Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Penutup Pidato Acara Pengajian

Alhamdulillah saya ucapkan terima kasih untuk kehadiran Bapak/Ibu dan saudara-saudara sekalian di pengajian ini. Semoga langkah kaki kita dan ilmu yang kita dapat di majlis ini dapat membawa keberkahan untuk kita.

Terima kasih untuk kehadirannya dan mohon maaf untuk segala kekurangan, baik tutur kata, tempat ataupun jamuannya. Demikian saya tutup acara pengajian ini dengan mengucap hamdalah, Alhamdulillahi robbil a’lamin. Assalamu’alaikum Warohmatullah Wabarokatuh.



 

Penutup Pidato Rapat

Demikian agenda pembahasan kita kali ini. Semoga kita tetap bisa mempertahankan hal-hal yang telah menjadi pencapaian kita, serta terus melalukan evaluasi agar kita tetap bisa memperbaiki segala kekurangannya.

Pencapaian milik bersama, begitupun kegagalan. Oleh karena itu, semoga kita tetap bisa saling bahu membahu untuk meraih kesuksesan bersama. Sekian dari saya, assalamu’alaikum Warohmatullah Wabarokatuh

Penutup Pidato Islami Arab

Berikut penutup pidato dalam bahasa Arab yang sering diucapkan sebelum salam:

  1. Doa penutup majlis : Subhanaka Allahumma Wabihamdika Asyhadu Allaa Ilaaha ila anta. Astaghfiruka wa atubu ilaik. Wassalamu alaikum Warohmatullah Wabarokatuh

 

  1. Ashikum nafsi waiyyaya bitaqwallah. Akhirul kalam :Wassalamu alaikum Warohmatullah Wabarokatuh

 

  1. Watazawwadu fainna khoiro zaadi taqwaa. Syukron ‘ala husni ihtimaamikum. Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

 

  1. Washolnaa ila aakhiril kalam. Asykuru lakum ‘ala husni ihtimaamikum wa asta’fiikum bi alfi alfi afwin tsumma salamu ‘alaikum warohmatullah wabarokaatuh.

 

Demikian kata penutup pidato islami, baik Bahasa Indonesia maupun bahasa Arab. Semoga bisa membantu sobat Family Life Journey yang sedang membutuhkan.