Mau pidato atau sambutan, tapi lupa bagaimana pembukaannya? Nah, di sini ada pembukaan pidato shalawat serta salam singkat  yang bisa sobat coba!

Pembukaan Pidato Shalawat Serta Salam Singkat

Bagi beberapa orang, tampil untuk membawa pidato ataupun sambutan bisa jadi momen yang membuat gugup. Apalagi jika hafal atau belum ada ide untuk susunan kata yang dibawakan. Nah, untuk sobat Family Life Journey yang butuh referensi pembukaan pidato shalawat serta salam bisa lihat beberapa contoh di bawah ini ya.

Pembukaan pidato, ceramah ataupun sambutan pada umumnya memiliki struktur, sebagai berikut:

Muqaddimah

Muqaddimah atau pendahuluan untuk pidato maupun sambutan yang dibawakan seorang muslim biasanya menggunakan bahasa Arab, seperti berikut:

Pujian Terhadap Sang Pencipta

Umumnya, setelah muqoddimah, orang yang membawakan pidato, sambutan atau bahkan seorang MC akan menghaturkan pujian kepada Allah, ucapan syukur serta terima kasih atas segala nikmat yang diberikan.

Mengirimkan Sholawat Kepada Nabi

Setelah selesai mengucap syukur, baiknya setelah itu disertakan dengan ucapan shalawat dan salam kepada baginda Nabi Muhammad. Sebab, melalui baginda Nabi tersampaikannya ajaran Islam dengan sempurna. Sehingga manusia bisa keluar dari zaman Jahiliyah.



 

Contoh Pembukaan Pidato Shalawat Serta Salam

Berikut beberapa contoh pembukaan pidato shalawat serta salam yang bisa sobat praktekkan:

Pembukaan Pidato Umum

Puji syukur marilah kita haturkan kepada dzat yang Maha Kuasa atas segala-galanya. Berkah Rohman, sifat pengasih serta Rohim yang merupakan sifat penyayangnya, Allah berikan kita kehidupan, kesehatan, rizki serta ribuan nikmat lainnya.

Dan Alhamdulilah berkat nikmat sehat dariNya, hari ini kita bisa berkumpul dalam acara (sebutkan). Semoga Allah berkahi acaranya ini dan menjadikan acara ini bermanfaat untuk kita semua. Aamiin

Shalawat serta salam, marilah kita panjatkan kepada utusan Allah. Yang mana, melalui jerih payahnya, Alhamdulillah agama Islam menjadi sempurna dan menjadi rahmat bagi alam semesta.

Pembukaan Pidato Seminar, Workshop, Acara Pelatihan

Segala puji bagi Allah, tuhan semesta alam. Dengan limpahan kasih sayangNya, setiap makhluk di muka bumi hidup dalam keseimbangan. Allah jadikan semuanya saling berkaitan dan saling membutuhkan.

Salah satu kebutuhan terpenting bagi manusia adalah terus meng-upgrade diri dan terus membekali diri dengan berbagai pengetahuan. Salah satunya ikhtiyar kita untuk itu, adalah dengan mengikuti pelatihan ini.

Shalawat dan salam tak lupa juga kita junjungkan kepada Nabi Muhammad SAW yang menjadi suri tauladan bagi umat manusia. Kekasih Allah yang selalu menyeru kepada kebaikan. Semoga kita termasuk golongan orang-orang yang mendapat syafaat di yaumul akhir kelak.

Pembukaan Pidato 17 Agustus

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah atas limpahan rahmat dan kasih sayangnya. Dengan sifat rahman dan rahimnya, Allah kabulkan segala doa para pejuang kemerdekaan di tanah air ini. Dengan kuasa Allah, bambu runcing mampu mengalahkan para penjajah yang memiliki berbagai senjata.

Dari sejarah kemerdekaan Indonesia, kita belajar bahwa tidak ada hal yang mustahil dengan pertolongan Allah. Melalui peluh, rintihan dan air mata para pejuang kemerdekaan, kita belajar bahwa setiap usaha yang gigih selalu ada hasilnya.

Shalawat serta salam, tak lupa juga kita haturkan kepada Baginda Nabi Muhammad SAW. Melalui beliau juga, kita belajar bahwa mimpi yang besar dimulai dari hal-hal yang kecil. Nabi memulai dakwah dari orang terdekat, syiar melalui teladan dengan perbuatan baik yang beliau contohkan.

Semoga kita semua termasuk orang-orang yang gigih dalam mencapai apa yang kita inginkan. Semoga kita menjadi golongan orang yang pantang menyerah, sesulit apapun, sekecil apapun peluang yang dimiliki. Selalu semangat layaknya pejuang kemerdekaan. Selalu bersandar pada Allah, layaknya Nabi memohon pertolongan.

Pembukaan Pidato Pendidikan

Puja dan puji syukur marilah kita panjatkan kepada Al-Kholiq, yaitu sang pencipta kita, Allah SWT. Atas nikmat iman, islam, serta nikmat sehat, kita bisa berkumpul bersama untuk menuntut ilmu. Menimba luasnya ilmu dan pengetahuan untuk menggapai ridho ilahi.

Shalawat beserta salam menjadi wasilah tercapainya kehidupan nan Indah diakhirat nanti dari syafaat Baginda Nabi. Yang mana, dari kehidupan Nabi, kita belajar bahwa tidak ada kata sulit selama kita selalu bersandar kepada Allah. Bahkan Nabi pun yang seorang buta huruf tiba-tiba bisa membaca saat wahyu pertamanya melalui perintah Jibril :”Iqro bismi robbika ladzi kholaq.”

Semoga kita senantiasa selalu bersemangat mendalami luasnya samudra ilmu, dan bahkan lebih luas. Karena tanpa ilmu, tentu kehidupan di dunia ini akan terasa sangat berat.




 

Pembukaan Pidato/ Sambutan Acara Ulang Tahun

Alhamdulillah, di hari yang penuh nikmat ini mari kita sama-sama panjatkan syukur ke hadirat Allah SWT. Melalui nikmat usia, kita belajar untuk bisa lebih menghargai momen berharga, bersyukur bisa sama-sama berkumpul berbagi kebahagiaan.

Shalawat juga salam selalu mengiringi setiap rasa syukur. Di hari yang penuh kebahagiaan ini, semoga kita juga termasuk orang-orang yang berbahagia di akhirat karena mendapat syafaat dari Nabi Muhammad SAW.

Demikian beberapa contoh pembukaan pidato shalawat serta salam singkat untuk berbagai keperluan dan acara. Semoga bermanfaat!