Ceramah yang bagus akan membuat audiens tertarik sehingga dapat perhatian penuh. Semuanya diawali dengan pembukaan ceramah yang bagus.

Pembukaan Ceramah Yang Bagus




 

Pembukaan ceramah memang memberikan kesan pertama untuk audiens (pendengar). Oleh sebab itu, hal ini perlu diperhatikan oleh pembicara. Ada banyak cara agar pembukaan ceramah menarik perhatian, salah satunya dengan pantun. Silakan klik pantun pembuka pidato sebagai alternatif pilihan untuk membawakan pembukaan ceramah yang bagus dan menarik.

Jika sobat Family Life Journey butuh referensi untuk membawakan pembukaan pidato dalam bahasa Arab, maka bisa memilih dengan mengklik pembukaan pidato Alhamdulillah. Setelah pembukaan pidato menggunakan bahasa Arab, umumnya pembicara acakan mengajak untuk mengucapkan syukur kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala dan shalawat kepada Baginda Nabi Muhammad Shollallahu ‘Alaihi Wa Sallam.

Untuk referensi sobat bisa memilih dengan klik pembukaan pidato shalawat serta salam untuk mendapatkan pilihan kata-kata saat mengucapkan puja puji syukur dan shalawat. Tentunya sobat tidak ingin terkesan menyampaikan pembukaan pidato yang itu-itu saja, bukan?

Kerangka Pidato Yang Baik Dan Benar

Untuk menyampaikan ceramah yang baik, tentu tidak cukup hanya fokus pada pembuka saja. Ada urutan pidato (kerangka pidato) yang perlu diperhatikan, yaitu:

Pembukaan Pidato

Untuk memulai pidato atapun ceramah diawali dengan pembukaan yang umumnya terdiri dari:

  1. Salam pembuka
  2. Ucapan puji & syukur
  3. Ucapan penghormatan kepada audiens (Berurutan dari orang yang dianggap paling penting)

Contoh : Yang Saya Hormati, Direktur Perusahaan…….



 

Isi Pidato

Setelah pembukaan, lalu masuk ke bagian inti yang merupakan isi dari pidato. Isi pidato menyesuaiakan dengan tema dan disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti (jelas & lugas)

Penutup Pidato

Penutup pidato merupakan bagian akhir yang disampaikan berupa rangkuman keseluruhan isi pidato. Dalam penutup pidato, umumnya terdiri dari:

  • Kesimpulan pidato
  • Harapan/ajakan/seruan untuk melakukan apa yang disampaikan dalam pidato.
  • Ucapan permohonan maaf apabila ada kata yang kurang berkenan
  • Ucapan terima kasih atas kehadiran dan perhatiannya
Salam penutup

Untuk referensi salam penutup sobat bisa lihat di penutup pidato islami sebagai contoh dan gambarannya. Sekian pembahasan tentang pembukaan ceramah yang bagus beserta referensi dan kerangka pidato yang baik. Semoga bermanfaat!