Pelatihan Montessori Online menjadi solusi bagi orang tua yang ingin menerapkan metode ini pada anak-anaknya. Dengan  pelatihan dari ahlinya, kamu bisa lebih terarah. Kamu juga berdiskusi dan bertanya saat menemukan kendala dalam praktek ber-Montessori di rumah.

Djaya IMHS (Islamic Montessori Homeschooling)

Pelatihan Montessori online ini diadakan oleh Djaya IMHS (Islamic Montessori Homeschooling)  yang didirikan oleh Ibu Sukatmini. Beliau pengalaman sebagai guru di beberapa sekolah di Jakarta dan Tangerang Selatan, salah satunya Palmtrees Montessori.

Berbekal dari pengalamannya, kini beliau memutuskan Homeschooling untuk anak-anaknya. Meski begitu, ditengah kesibukannya sebagai seorang ibu sekaligus guru untuk anak-anaknya, beliau tetap aktif berbagi ilmu dan mengadakan pelatihan.

Sebagai praktisi pendidikan, beliau juga  aktif membagikan pengetahuan dan pemikirannya dalam mendidik anak di media sosial. Jika kamu ingin lebih mengenal sosok pendiri Djaya IMHS, kamu dapat mengunjungi Facebooknya Djaya IMHS (Islamic Montessori Homeschooling)

Pelatihan Montessori Online

Pelatihan Montessori oleh Djaya IMHS (Islamic Montessori Homeschooling) dilaksanakan sesuai dengan pembelajaran area dalam Montessori. Adapun Kurrikulum Montessori meliputi Practical Life (keterampilan hidup), Sensorial, languange (bahasa), Mathematics (Matematika) dan Culture (budaya).

Selain kurrikulum montessori, beliau juga menambahkan Cosmic Education (islamic value), cara mengajarkan Mengaji dan Bahasa Inggris yang diadaptasi dari Metode Montessori dalam area bahasa. Pelatihan Montessori online ini dilakukan per area. Selain membahas area dalam Montessori dan pengaplikasiannya, para peserta juga diajarkan untuk ber-DIY (Do It Your Self) untuk membuat media pembelajaran.

Yang lebih menariknya lagi, Ibu mini sebagai trainer dapat diajak berdiskusi meski di luar forum pelatihan. Tak diragukan lagi, sebagai pendidik tunggal bagi ketiga anaknya saat homeschooling, beliau sudah berpengalaman dan merasakan pahit manis menjadi seorang ibu, guru, pendidik serta penanggung jawab untuk anak-anaknya, baik secara pendidikan karakter maupun akademis.

Montessori Di Rumah, Persiapannya Apa Saja?

Biaya Pelatihan Montessori Online

Biaya pelatihan Montessori online ini tergantung pada area dan pembahasannya. Bisa dibilang, biaya training in budgeting dan terjangkau. Dan yang terpenting, mendapat bimbingan sampai benar-benar paham untuk praktek Montessori di rumah.

Adapun fasilitas yang didapat: materi yang bisa diakses kapan saja, forum diskusi kapan saja, dan DIY untuk apparatus tertentu. Jika membandingkan harga pelatihan ini dengan fasilitas yang didapat, tentulah manfaatnya lebih besar dibanding uang yang sekali dikeluarkan untuk biaya pelatihan per area.

Waktu Pelatihan

Djaya IMHS biasanya membuat jadwal pelatihan selama satu tahun dengan menyesuaikan durasi sesuai kebutuhan. Adapun jadwal pelatihan Montessori Online untuk tahun 2021 adalah:

Januari Keterampilan hidup

Bahasa (Maret-April)

Cosmic Education (Islamic Value ) 6-9 tahun part 01

Matematika Dasar (Juni-Juli)

Geometry (Agustus-September)

Inggris (Oktober-November)

Mengaji Alquran (Desember)

Demikian informasi mengenai pelatihan Montessori Online untuk tahun 2021 yang diadakan oleh Djaya IMHS. Sebetulnya, sebelum pandemi beberapa pelatihan diadakan secara tatap muka. Mengingat pandemi yang belum berakhir, sedangkan proses pembelajaran tetap harus berjalan, maka kegiatan dilakukan secara online.

Sekedar informasi tambahan, lokasi untuk pelatihan saat diadakan offline biasanya di Ciater Serpong. Jika kamu tertarik dengan Montessori, Pelatihan Montessori ataupun Homeschooling, silakan kunjungi Facebooknya : Djaya IMHS (Islamic Montessori Homeschooling). Meski belum tertarik, saya sarankan untuk tetap berkunjung dan membaca-baca. Karena Ibu Mini aktif membagikan pengetahuan, pemikiran serta pengalamannya dalam mendidik anak dan seputar kehidupan.

Melalui statusnya, Ibu mini kerap membagikan ilmu parenting. Yang pasti, ilmu Parenting akan selalu dibutuhkan dan tak lekang oleh waktu. Masa mendidik anak akan selalu berjalan, jangan sampai semua terlewatkan tanpa pengetahuan. Yuuukk…sama-sama belajar :).