Pegadaian Online memudahkan para nasabah untuk mengurus transaksi tanpa harus datang ke kantor. Bagaimana cara gadai barang di Pegadaian online?

Pegadaian Online

Sesuai dengan namanya, Pegadaian Online merupakan layanan gadai ataupun transaksi yang dilakukan secara online. Dimana pengguna hanya perlu mengakses website resmi pegadaian atau melalui aplikasi Pegadaian Digital. Nasabah jadi lebih mudah dan aman karena tidak harus datang ke outlet Pegadaian

Pegadaian Digital, Cara Download Dan Fitur-Fitur Didalamnya

Cara Gadai Barang Online Melalui Pegadaian Digital

Cara gadai barang melalui online ini sangat mudah. Berikut cara yang dapat kamu lakukan untuk gadai barang di Pegadaian Online.

  1. Download aplikasi Pegadaian Digital melalui AppStore atau Play Store
  2. Buat akun Pegadaian Digital
  3. Klik menu Gadai
  4. Klik barang jaminan yang ingin digadai
  5. Masukkan informasi detail mengenai  barang yang ingin digadai, seperti merk dan tipe, tahun pembelian, harga jual terupdate (untuk ponsel), dan lain sebagainya. Setiap barang jaminan mempunyai format detail yang berbeda.
  6. Aplikasi akan memberikan gambaran mengenai besaran kredit yang bisa diberikan dari gadai barang jaminan, berikut juga informasi mengenai jangka waktu pelunasan.
  7. Klik layanan pickup & delivery service
  8. Pinjaman transaksi gadai akan dikirimkan ke rekening yang sudah daftarkan pada aplikasi Pegadaian Digital.

Daftar Barang Yang Bisa Digadaikan

Adapun barang-barang yang bisa digadaikan di Pegadaian online maupun offline berupa:

Kendaraan

Sebagian besar masyarakat di Indonesia punya kendaraan pribadi, seperti motor dan mobil. Jika ingin mengajukan pinjaman, kendaraan bisa dijadikan barang jaminan.Meski begitu, ada kriteria tertentu untuk menentukan apakah barang bisa digadai atau tidak.

Untuk gadai motor, syaratnya adalah masa produksi minimal lima tahun terakhir. Merk motor telah banyak beredar di pasaran. Dan informasi pentingnya adalah motor parikan Tiongkok belum bisa yaJ. Untuk gadai mobil, masa produksi minimal sepuluh tahun terakhir. Jika ingin menggadaikan kendaraan, kamu harus menyertakan surat-suratnya (Faktur pembelian, BPKB & STNK)

Barang Elektronik

Pegadaian menerima barang gadai berupa elektronik dengan syarat dan ketentuan. Barang eletronik yang bisa digadai antara lain: televisi LCD/LED, kulkas, ponsel, komputer, laptop, dan kamera.

Pegadaian memiliki standar penilaian terhadap kelayakan barang yang akan digadai. Agar mendapat nilai gadai tinggi dan tidak ada kendala saat proses gadai, baiknya barang dalam kondisi baik dan tidak ada yang cacat/rusak

Silakan cek produk-produk pegadaian dan cara gadainya untuk penjelasan lebih lanjut.

Emas

Selain dijadikan perhiasan dan sebagai investasi, emas juga dapat menjadi cara cepat untuk mendapatkan pinjaman di pegadaian.Kamu hanya perlu menyediakan KTP dan surat-surat emasnya. Pihak pegadaian akan melakukan taksiran terhadap nilai/harga emas yang kamu punya.

Sertifikat

Jenis sertifikat yang bisa jadi barang gadai adalah sertifikat rumah dan tanah. Nilai setifikat tanah ditentukan melalui PBB. Posisi tanah yang strategis juga akan menjadi nilai untuk penentuan jumlah pinjaman yang akan diterima.

Alat-alat Pertanian dan Perikanan

Pegadaian menyediakan layanan kredit  program Kreasi Fleksi yang diperuntukkan bagi petani dan non-petani. Oleh karena itu, ada beberapa alat-alat pertanian dan perikanan yang dapat digadaikan. Diantaranya adalah mesin diesel kapal, traktor, gergaji mesin dan mesin pompa air. Para nelayan dan petani dapat menggadaikan barang-barang tersebut untuk modal tambahan. Meski begitu, baiknya barang yang digadaikan adalah bukan barang satu-satunya yang digunakan untuk operasional. Karena akan menghambat untuk pekerjaannya kelak.

Saat menggadaikan barang di Pegadaian online, ada beberapa hal yang bisa diurus secara online. Ada juga yang memang mengharuskan kita untuk datang karena suatu hal, misalnya menyerahkan barang jaminan.

Menjaminkan barang merupakan bukti keseriusan bahwa kita akan melunasi pinjaman. Apabila peminjam tidak dapat mengembalikan pinjamannya sampai waktu yang ditentukan, pemberi pinjaman berhak melelang barang jaminan.

Barang-barang yang bisa digadaikan merupakan barang berharga. Semakin tinggi nilai barang yang digadaikan, semakin tinggi juga jumlah pinjaman yang didapat. Oleh karena itu, sebaiknya perhatikan nilai jual dari barang yang akan digadaikan.

Pegadaian Online maupun offline sebetulnya sama saja. Yang membedakan hanya bagaimana cara kamu mengaksesnya. Tujuan dari Pegadaian Online adalah untuk memudahkan para nasabah dan pihak pegadaian dalam berkomunikasi & melakukan transaksi.

Jika ada informasi yang belum dipahami dari aplikasi pegadaian online, kamu dapat  langsung bertanya ke layanan pelanggan Pegadaian Digital melalui WA 082133007773 atau 085899959593. Pertanyaan juga dapat diajukan melalui email cs.digital@pegadaian.co.id . Semoga informasi ini bermanfaat!