Pegadaian Digital memudahkan para nasabah untuk bertransaksi hanya dari rumah:).

Apa Itu Pegadaian Digital?

Pegadaian digital memudahkan para nasabah untuk melakukan transaksi melalui smartphone. Pada dasarnya, pegadaian digital sama saja dengan pegadaian yang sering dijumpai pada cabang-cabang di setiap daerah.

Sejak 2017 silam, Pegadaian meluncurkan aplikasi berbasis online yang diberi nama Pegadaian Digital. Melalui aplikasi ini, kamu dapat melakukan berbagai transaksi yang biasanya dilakukan di kantor cabang pegadaian. Diantara transaksi yang bisa dilakukan adalah gadai, pengajuan pembiayaan usaha, membuka rekening tabungan emas, program cicil emas, top up, hingga membayar tagihan bulanan. Semua itu dapat dilakukan melalui aplikasi Pegadaian Digital.

Fitur-Fitur Yang Ada Di Pegadaian Digital

Di situasi pandemi seperti saat ini, Pegadaian Digital sangat membantu dan memberikan kemudahan pada nasabah untuk mengurus transaksi dari rumah.  Banyak fitur-fitur menarik yang dapat ditemui pada aplikasi Pegadaian Digital. Berikut fitur-fitur yang menjadi andalan pada aplikasi Pegadaian Digital.

Pengajuan Pembiayaan Usaha Online

Bagi kamu yang memiliki usaha, sedang berjalan serta ingin dikembangkan, maka bisa mengajukan modal tambahan. Adapun jaminan yang dibutuhkan berupa BPKB Kendaraan. Sesudah mengajukan pembiayaan usaha melalui aplikasi Pegadaian Digital, petugas Pegadaian akan menghubungi kamu untuk menindaklanjuti pengajuan pembiayaan usahamu. Ini adalah proses yang harus dilalui sebelum uang pinjaman dicairkan.

Gadai Online

Fitur Pegadaian Digital selanjutnya adalah gadai online. Adapun barang yang bisa digadaikan di Pegadaian adalah: emas, barang elektronik, kendaraan dan sertifikat rumah & tanah. Dengan kata lain, untuk melakukan gadai, maka kamu harus memberikan barang berharga sebagai jaminan.

Cicil Emas

Mayoritas orang memikirkan masa depan dan ingin berinvestasi. Karena dengan berinvestasi dapat menyelamatkan kamu dari inflasi yang secara perlahan memakan nilai mata uang seiring berjalannya waktu.

Membeli emas untuk berinvestasi bisa menjadi salah satu cara menjaga kondisi perekonomian kamu tetap aman. Jika belum cukup uang untuk membeli emas, Pegadaian menawarkan program cicil emas untuk berinvestasi mulai dari pecahan 0,5 gr. Untuk mengajukan cicilan emas, uang muka yang perlu dipersiapkan adalah mulai dari 15 persen dari harga emas yang ingin dicicil.

Uniknya, nilai cicilan atau angsuran yang perlu dibayar setiap bulan, tetap sesuai saat kamu melakukan akad. Aturan ini tetap berlaku meski harga emas naik.

Tabungan Emas

Produk Pegadaian Digital lainnya adalah tabungan emas. Keunggulan fitur Tabungan Emas ini adalah pembelian emas mulai dari berat 0,01 gram yang membuatnya sangat terjangkau. Produk ini juga merupakan layanan pembelian serta penjualan emas menggunakan fasilitas titipan. Ini merupakan  jenis investasi yang aman, karena keamanan portofolio aset dijaga dan dilayani oleh petugas profesional. Tenang, biaya penitipannya tetap terjangkau kokJ.

Melalui aplikasi Pegadaian Digital, nasabah dapat membuka rekening Pegadaian Tabungan Emas, transaksi top up, cetak emas, jual emas, transfer emas, & gadai Tabungan Emas Pegadaian menggunakan smartphone.

Gadai Tabungan Emas

Fitur Gadai Tabungan Emas bertujuan untuk membantu nasabah yang membutuhkan dana mendesak melalui proses yang cepat. Dengan memanfaatkan Pegadaian Tabungan Emas untuk dijadikan jaminan, kamu tidak perlu datang lagi ke Cabang Pegadaian terdekat.

Melalui Pegadaian Digital, transaksi Gadai Tabungan Emas jadi lebih praktis & mudah. Manfaat lainnya adalah kelebihan nilai taksir yang tinggi serta sewa modal yang terjangkau, dalam 15 hari, 0,75 persen. Hanya saja, untuk melakukan Gadai Tabungan Emas, kamu tetap perlu datang ke Cabang Pegadaian. Kedatangan adalah untuk melakukan aktivasi finansial serta mendaftarkan rekening bank kamu di aplikasi. Setelah selesai di proses, uang pinjaman gadai langsung ditransfer ke rekening yang sudah didaftarkan.

Pembayaran Tagihan

Kelebihan aplikasi Pegadaian Digital lainnya adalah fitur layanan Pembayaran dan Top Up. Kamu bisa membayar berbagai tagihan, misalnya listrik, pulsa,paket data, PDAM, BPJS dan lain sebagainya. Semua itu bisa dilakukan secara online, tanpa perlu ribet keluar rumah dan mengantri.

Pembayaran Transaksi Gadai Dan Transaksi Mikro

Buat kamu yang sudah melakukan gadai, dapat melakukan pembayaran transaksi gadai melalui aplikasi Pegadaian digital. Baik itu untuk menebus, mencicil atau perpanjang gadai. Untuk perpanjang gadai, biasanya dikenakan charge sesuai ketentuan yang berlaku.

Selain pembayaran transaksi gadai, pembayaran transaksi lain yang bisa dilakukan melalui aplikasi Pegadaian Digital adalah Transaksi Mikro (Kreasi, krasida, Mulia, Emasku dll)

 

Info Harga Emas

Harga emas bisa berubah-ubah setiap hari sesuai harga emas dunia. Dalam sekejap bisa naik atau bahkan sebaliknya. Meski penurunan biasanya tidak terlalu besar. Melalui aplikasi Pegadaian Digital, kamu juga akan dapat notifikasi dan melihat info terupdate mengenai harga emas.

Pencarian Cabang Pegadaian Terdekat

Fitur Pegadaian Digital yang tak kalah penting adalah informasi mengenai cabang pegadaian terdekat. Hal ini diperlukan untuk memudahkan nasabah dengan lokasi yang terjangkau dari tempat tinggalnya. Sehingga apabila ada hal mendesak yang perlu diurus dan datang langsung ke pegadaian, nasabah bisa langsung datang.

Informasi seputar produk dan layanan pegadaian

Fitur terakhir dan sangat penting adalah informasi mengenai produk dan layanan. Melalui fitur ini, nasabah dapat memilih produk dan layanan pegadaian sesuai kebutuhan. Karena dapat diakses melalui smartphone, nasabah tidak perlu repot-repot datang ke kantor hanya untuk bertanya-tanya.

Jika informasi yang didapat melalui aplikasi Pegadaian Digital dirasa kurang memadai, kamu dapat langsung menghubungi call center di 1500569. Petugas akan membantu menjawab pertanyaan ataupun keluhan yang disampaikan nasabah maupun calon nasabah.

Cara Download Dan Daftar Pegadaian Digital

Bagi kamu yang tertarik melakukan transaksi menggunakan aplikasi Pegadaian Digital, perlu mendaftar akun. Cara daftarnya sangat mudah, hanya dengan menyiapkan  nomor handphone beserta email yang aktif untuk proses verifikasi. Berikut tahapan untuk mendaftar akun di Pegadaian Digital.

  1. Download aplikasi Pegadaian Digital melalui link ini atau langsung dari Play store
  2. Buka aplikasi, klik Izinkan untuk memudahkan akses lokasi.
  3. Akan muncul tampilan selamat datang, tekan Lewati pada bagian pojok kanan (posisi di atas).
  4. Muncul aman login, klik Registrasiyang ada di bagian bawah. Masukkan nama lengkap dan juga nomor telepon, klik Selanjutnya.
  5. Pegadaian Digital akan memproses data dan mengirimkan kode OTP via SMS ke nomor terdaftar, masukkan kode yang dikirim melalui SMS kedalam kolom yang tertera pada layar, tekan Selanjutnya.
  6. Masukkan alamat email, tekan Selanjutnya. Masukkan password minimal 8 digit, klik
  7. Akan muncul notifikasi bahwa registrasi Pegadaian Digital berhasil, lanjutkan dengan klik
  8. Buka email masuk, klik tombol Verifikasi Email. Setelah itu akun akan aktif dan pendaftaranpun selesai.

Untuk menggunakan aplikasi Pegadaian Digital, sekarang kamu hanya perlu login dengan masukkan email & password, kemudian klik Masuk. Berbagai fitur-fitur menarik beserta layanan & produk pegadaian bisa dinikmati hanya dengan sentuhan jari melalui ponsel:).