Kali ini saya akan berbagi pengalaman pasang Wi-Fi IndiHome dan menceritakan manfaat yang saya dapatkan sebagai pengguna IndiHome.

Kebutuhan Internet Cepat

Semenjak pandemi menyapa Indonesia, hampir seluruh aspek kehidupan jadi terdampak. Yang saya rasakan adalah dibidang pendidikan. Pandemi yang berkepanjangan, tentu saja membuat setiap orang harus berjuang. Sebagai seorang guru yang terbiasa dengan pembelajaran tatap muka, saya pun harus belajar untuk bisa mengajar secara online.

Diusia yang tidak muda lagi, saya berjuang untuk bisa tetap melek teknologi. Meskipun terasa sulit saat masa adaptasi, mau tak mau harus dipelajari. Saat itu, pihak sekolah mengarahkan agar menjalankan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) menggunakan Google Meet. Bermodalkan Hotspot dari handhone, saya pun mengajar secara online.

Ternyata, masalah tidak selesai sampai di situ. Sebagai seorang ibu yang memiliki dua anak dibangku sekolah, tentu saya juga harus memfasilitasi pembelajaran daring untuk mereka. Si Bungsu pun yang belum bersekolah, mau tidak mau diberikan tontonan edukatif dari YouTube agar bisa tenang menunggu saya menyelesaikan KBM secara online.

Mengajar secara online dan memfasilitasi anak-anak saya yang juga menggunakan kuota internet, cukup menyita pulsa dan paket internet bulanan. Yang awalnya kuota handphone hanya untuk komunikasi via WA dan mencari bahan ajar, kini malah menjadi tumpuan untuk lancarnya berbagai aktivitas selama social distancing. Selain itu, sinyal dari Hotspot sering tiba-tiba terputus karna handphone sudah panas. Anak-anak yang sedang online jadi terhenti untuk beberapa waktu sambil menunggu Hotspot kembali berfungsi. Hal itu cukup menguras emosi dan kesabaran!

Bagaimana tidak? Dengan kondisi internet yang tidak memadai, saya tetap harus bertanggung jawab mengajar. Begitupun anak-anak saya, mereka juga tetap harus belajar secara online. Si Bungsu yang sedang menonton, akhirnya jadi rewel karna film kartun kesukaannya terhenti. Bagaimana ini???? Hmmmmm, pada akhirnya saya hanya bisa menarik nafas sambil menghembuskannya perlahan agar semua tidak makin runyam. Andai saat itu saya punya akses internet cepat & stabil, tentu semua bisa teratasi.

Pasang Wi-Fi IndiHome

Setelah membahas permasalah kebutuhan internet yang sudah tidak memungkinkan lagi menggunakan Hotspot, saya dan suami memutuskan untuk memasang Wi-Fi. Agar tak salah pilih, kami searching tentang provider Internet melalui Google dan melihat ulasan dari para pengguna. Setelah melalui berbagai pertimbangan, kami melirik provider Indihome yang diulas oleh website teknologi.com dengan kelebihan dari layanan internet sebagai berikut:

  • Akses internet cepat & sangat stabil.
  • ¬†Internet Unlimited tanpa ada batasan kuota.
  • Pelayanan customer service yang baik dan cepat dalam menanggapi keluhan pelanggan. Apabila terjadi masalah, solusi akan diberikan via telepon atau sosial media. Jika belum terselesaikan, teknisi akan datang langsung ke rumah untuk memperbaiki masalahnya (Gratis tanpa dikenakan biaya).
  • Modemnya dapat digunakan untuk membuat jaringan Hotspot Wi-Fi.
  • Modem bisa aktif menyala selama lebih dari 24 jam nonstop!

Dengan melihat ulasan tersebut, kamipun tertarik dengan provider IndiHome. Akses internet cepat dan stabil tentu akan memudahkan dalam mengajar secara daring, upload tugas, download tugas yang sudah dikerjakan siswa, mencari bahan ajar dan anak-anak pun bisa tetap asik di rumah selama social distancing karna bisa streaming tontonan edukatif di YouTube. Membayangkannya saja, saya sudah tersenyum senang!!!

Tidak puas hanya berdasarkan ulasan yang didapat secara online, kami juga bertanya-tanya pada kerabat yang menjadi pengguna IndiHome. Dari beberapa orang yang saya tanya, mereka puas dengan layanannya. Saya dan suami makin mantap untuk segera menghubungi IndiHome.

Setelah menghubungi pihak IndiHome, sayangnya di perumahan tempat kami tinggal (Bukt Serpong Indah) belum bisa dipasang jaringan IndiHome. Setelah berkonsultasi, ternyata kami harus mengumpulkan 25 orang yang berminat pasang Wi-Fi agar bisa memasang jaringan baru. Wah, gimana nih?

Sempat termenung dan merasa bingung, tapi saya akan merasa kesusahan jika terus menggunakan internet hanya dengan bermodal Hotspot dari handphone. Akhirnya, saya coba mengajak warga lainnya untuk sama-sama bergabung mengajukan pemasangan jaringan baru. Meski tidak instan, saya tetap berjuang demi mendapatkan akses internet cepat hingga akhirnya terkumpullah 25 orang yang ingin memasang jaringan internet di rumah.

Meski awalnya sempat pesimis untuk mengumpulkan 25 orang, tapi ternyata warga perumahan tempat saya tinggal cukup antusias. Mereka pun merasakan apa yang saya rasakan. Betapa susahnya menjalani aktivitas secara daring di tengah pandemi tanpa kuota yang memadai.

Harga Pasang Wi-Fi IndiHome

Untuk pasang Wi-Fi IndiHome dikenakan tarif Rp.500.000 dan Rp.150.000 untuk pemasangan. Dengan total Rp.650.000 diawal,  nominal tersebut sudah termasuk hitungan harga untuk bulan pertama menikmati paket sesuai yang kita pilih. Pada bulan keduanya dan seterusnya, biaya yang berlaku adalah sesuai paket pilihan sebelumnya.  Untuk cek paket dan harga bisa langsung kunjungi website resmi IndiHome atau dengan download aplikasinya melalui Playstore.

Ulasan Pengguna IndiHome

Awalnya saya hanya membaca ulasan dan dengar review positif dari orang lain, kini saya dan warga Bukit Serpong Indah yang lainnya sudah membuktikan bahwa ulasan positif itu memang benar. Terima kasih IndiHome, kini kami bisa beraktivitas tanpa batas. Jaringan internet cepat & stabil sangat sangat membantu kami. Terima kasih sudah menjadi internetnya Indonesia :).

Sekolah daring, lancar….

Download & upload tugas, lancar….

Work From Home (WFH) lancar……

Nonton YouTube, puas…..

Main game, bebas…..

Yang punya bisnis online, orderan jadi deras…..

Ini cerita kami, kalau kamu gimana???

 

Cerita: Hermi

Penulis: Riana