Pada Hari Raya Idul Adha, umat muslim meraih pahala ekstra dengan menunaikan ibadah kurban. Apa saja pahala yang didapat bagi orang yang berkurban?

Asal Usul Kurban

Ibadah kurban sendiri merupakan bagian dari mengenang sejarah, yaitu kisah Nabi Ibrahim. Allah menguji kesetiaan Nabi Ibrahim dengan memberikan perintah untuk menyembelih anaknya. Meski syetan menggoda dan membuat keraguan, baik Nabi Ibrahim ataupun anaknya, Nabi Ismail berpendirian teguh untuk selalu taat kepada Allah.

Berkat Kesabaran dan buah dari ketaatannya, Allah pun menggantikan Nabi Ismail yang akan disembelih dengan seekor domba putih bertanduk.Peristiwa ini terjadi pada tanggal 10 Dzulhijjah yang kemudian diperingati menjadi Hari Raya Idul Adha atau dikenal juga Hari Raya Qurban.

Pahala Berkurban

Keinginan melaksanakan ibadah kurban merupakan panggilan hati. Sebab, banyak orang memang mampi secara finansial, jika tak punya keniatan, maka tidak melakukan ibadah kurban. Adapula orang yang kesehariannya berpenghasilan pas-pasan atau bahkan dikategorikan kurang mampu, tetapi mampu melaksanakan ibadah kurban dengan menabung dari jauh-jauh hari.

Bagi orang yang betul-betul ingin mendekatkan diri pada Allah, apalagi didukung dengan finansial yang memadai. Sungguh ibadah kurban adalah momentum yang tepat. Lalu, apa sajakah  pahala berkurban?

Mendapatkan Ridho Dari Allah

Menunaikan kurban adalah bentuk ketaatan atas perintah Allah. Berikut dalil tentang perintah melaksanakan ibadah qurban:

Maka shalatlah untuk Rabbmu dan sembelihlah hewan.” (QS. Al Kautsar: 2).

Barangsiapa yang berkelapangan (harta) namun tidak mau berqurban maka jangan sekali-kali mendekati tempat shalat kami.” (HR. Ibnu Majah 3123, Al Hakim 7672 dan dihasankan oleh Syaikh Al Albani).

Allah akan meridhoi rang yang menjalankan perintahNya dengan penuh ketaatan dan keikhlasan. Saat Allah meridhoi seorang hamba, maka kehidupannya akan diberkahi dunia akhirat.



 

Kebaikan Berlipat Sejak Membeli Hewan Qurban

Dalam suatu riwayat, dikatakan bahwa orang yang berkurban memperoleh kebaikan dan dihapus keburukan dan dinaikkan 10 derajat.

Sahabat Ali RA berkata : “Siapa yang berangkat dari rumahnya hendak membeli hewan kurban, maka disetiap langkahnya mendapat 10 kebaikan, dihilangkannnya 10 keburukan, dan dinaikan 10 derajat.” (Jawahir Zadah).

Diampunkan Dosa-Dosanya

Saat pembicaraan saat tawar menawar sebelum membeli hewan kurban pun, dianggap tasbih. Saat kambing ditidurkan hendak disembelih, semua makhluk memohonkan ampun untuk si pemilik hewan hingga hari kiamat. Tetesan darah hewan kurbanpun merupakan pengampunan dosa, sesuai hadits Nabi:

“Hai Fatimah, berdirilah disisi qurbanmu serta saksikanlah ia. Sesungguhnya tetesan pertama darahnya merupakan pengampunan bagimu atas dosa-dosa yang telah lalu. “HR. Al-Bazzar dan Ibnu Hibban)

Merupakan Amalan yang Disukai Allah

Para Hari Raya Idul Adha, Allah paling menyukai ibadah kurban. Hal itu berdasarkan riwayat:

Tak ada suatu amalan yang paling dicintai oAllah dari Bani Adam (manusia) ketika hari raya Idul Adha selain menyembelih hewan kurban. Sesungguhnya hewan tersebut akan datang pada hari kiamat (menjadi saksi) dengan tanduk, bulu, serta kukunya. Dan sesungguhnya darah hewan kurban telah terletak pada suatu tempat di sisi Allah bahkan sebelum mengalir di tanah. Oleh karena itu, bahagialah dirimu dengannya.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim)

Didoakan Malaikat

Malaikat senatiasa mendoakan orang-orang yang shaleh yang menginfaq-kan hartanya di jalan Allah, termasuk ibadah kurban. Adalah suatu keistimewaan bagi seorang hamba apabila didoakan oleh malaikat, sebab malaikat adalah makhluk Allah yang penuh ketaan dan tak pernah bermaksiat.

Diganti Dengan Sebaik-Baik Pemberian

Dalam surah Al-Baqoroh ayat 245:

“Barang siapa yang meminjamkan (menafkahkan) hartanya di jalan Allah, maka Allah akan melipat gandakan pembayaran padanya dengan lipat ganda yang banyak.

Jadi, sebagai seorang hamba kita tak perlu khawatir harta akan berkurang karena bersedekah, berkurban atau sejenisnya. Janji Allah adalah pasti.

Ditambahkannya Nikmat

Melaksanakan qurban adalah salah satu bentuk dari rasa syukur. Karena apa yang kita miliki, semuanya dari Allah. Jadi sudah sepantasnya kita menggunakan harta pula dijalan yang Allah ridhoi.

Dalam surah Ibrahim Ayat 7, Allah juga menegaskan bahwa Allah akan menambahkan nikmat bagi orang-orang yang bersyukur.

Ayat Alquran Tentang Bersyukur

Pahala Kebaikan untuk Keluarga

Berqurban tidaklah satu hewan untuk satu orang. Bahkan pada zaman Rasulullah saw ada orang yang berkurban satu kambing untuk satu orang.

Dengan berqurban bersama-sama atas nama keluarga, tentu pahala kebaikannya juga didapat untuk bersama-sama.

Selain mendapat banyak kebaikan dan pahala, kurban juga bermanfaat baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Qurban Kambing Untuk Berapa Orang? Bolehkah Untuk Sekeluarga?

Manfaat Kurban Untuk Diri Sendiri

Berikut ini manfaat menunaikan kurban:

Memupuk rasa empati

Salah satu hikmah dibalik berkurban ialah melatih rasa empati dan sikap kepedulian sosial. Masih banyak saudara-saudara muslim yang bahkan hanya untuk memakan daging harus menunggu satu tahun satu kali. Perekonomian orang yang berbeda-beda, membuat bagi beberapa orang untuk membeli sekilo daging saja sudah terasa mahal.

Dengan adanya kurban, sesama muslim bisa saling berbagi dan peduli pada orang lain.

Melatih diri menjadi dermawan

Hal-hal yang baik terkadang perlu dipaksakan akan menjadi kebiasaan, termasuk kedermawanan. Sehingga empati bukan hanya sekedar kasihan saja, tetapi ditunjukkan dengan aksi yang nyata. Untuk menjadi ikhlas dalam berbagi, perlu dilatih. Dan faktanya, tidak ada kebaikan yang sia-sia.

Menjauhkan diri dari sikap tamak

Secara sederhana, berkurban adalah mengeluarkan sebagian harta kita dalam bentuk menyembelih hewan ternak untuk dibagi-bagikan. Adakalanya syetan menimbulkan keraguan dalam hati untuk mengiklaskan harta yang sudah payah dikumpulkan begitu saja.

Saat seorang muslim dapat mengalahkan tipu daya setan dan ikhlas atas apa yang ia kurbankan, maka orang itu terhindar dari sifat tamak.

Rezeki kita menjadi berkah

Setiap amal perbuatan akan mendapat balasan yang sesuai. Bila berbuat baik, maka akan mendapatkan kebaikan pula. Dengan berbagi rezeki akan menjadi berkah, bahkan akan bertambah. Dengan catatan harus iklas ya:). Tetapi perlu diingat, rezeki tidak selalu dalam bentuk materi. Rezeki bisa dalam bentuk kesehatan, keluarga yang harmonis, teman yang baik dan lain-lain.




 

Manfaat Qurban untuk orang lain

Selain untuk diri sendiri, kurban juga memiliki manfaat yang bisa dirasakan orang lain, diantaranya:

Menjaga Tali Silaturahmi

Kegiatan kurban di Idul Adha akan melibatkan banyak orang. Dengan adanya kebersamaan dan kerja sama yang baik akan menjadi sarana pemersatu diantara umat islam.

Mencukupi Kebutuhan Gizi

Seperti disinggung sebelumnya, bahwa bagi sebagian orang, ada yang tidak mampu membeli daging bahkan sebulan sekali. Di dalam daging terdapat kandungan protein, zat besi, vitamin B, fosfor dan kandungan baik lainnya yang bagus untuk tubuh.

Dengan berkurban, maka kamu turut memberikan makanan yang kaya akan gizi pada sesama.

Memakmurkan Masjid

Mayoritas kegiatan qurban kebanyakan dilakukan di masjid. Dimulai dari shalat Id, kemudian penyembelihan hewan kurban dan bahkan pembagian. Memakmurkan tempat ibadah adalah suatu keharusan bagi umat beragama.

Menjaga budidaya hewan ternak

Melalui ibadah qurban, orang-orang yang mencari nafkah melalui beternak menjadi terbantu. Perputaran ekonomi menjadi lebih terbantu. Tidak perlu repot-repot import hewan ternak, sapi, kambing ataupun domba. Lebih baik membeli produk dalam negeri untuk membangkitkan perekonomian masyarakat.

Referensi:

Dalamislam.com

Manfaat.com