Untuk mencegah munculnya gangguan kesehatan, kebutuhan nutrisi untuk tubuh tetap perlu dipenuhi selama berpuasa. Apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap bugar?

Kebutuhan Nutrisi Selama berpuasa

Selama berpuasa, tidak ada asupan makanan dan minuman ke dalam tubuh. Agar metabolisme tubuh berjalan dengan baik, tubuh perlu nutrisi.Lalu, apa saja nutrisi penting yang harus dipenuhi selama berpuasa?

Makanan yang mengandung protein

Makanan yang mengandung protein tinggi dapat memberikan rasa kenyang. Makanan yang tinggi protein diantaranya adalah telur, ayam, ikan, dan kacang-kacangan.

Makanan kaya serat

Makanan kaya serat  memiliki manfaat yang bagus untuk pencernaan, membantu menurunkan kolesterol, menjaga kadar gula dalam darah, dan memberi efek yang sama seperti makanan tinggi protein, yaitu meningkatkan rasa kenyang. Makanan tinggi serat diantaranya adalah apel, pir, alpukat, pisang, bayam, brokoli, kangkung, dan kacang panjang



 

Makanan kaya vitamin

Makanan yang kaya akan vitamin dapat membantu memberi lebih banyak energi. Lalu, vitamin apa saja yang dibutuhkan saat berpuasa?

Vitamin C

Vitamin C merupakan sumber antioksidan yang dapat berfungsi untuk mempertahankan fungsi metabolisme serta menjaga daya tahan tubuh. Vitamin C bisa didapat dari buah dan sayuran seperti: buah jeruk, kiwi, blewah, brokoli, jeruk bali, dan lain-lain.

Vitamin A

Vitamin A dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menyehatkan mata. Makanan yang kaya akan vitamin A diantaranya adalah sayur bayam, wortel, ubi jalar, hati sapi, telur, dan susu.

Vitamin D

Vitamin D berfungsi untuk mengaktifkan sistem imun tubuh, melepas hormon serotonin dan juga dopamine yang dapat membantu meningkatkan suasana hati. Asupan vitamin D dapat diperoleh dari daging, hati sapi, telur, & susu.




 

Makanan kaya mineral

Tak hanya vitamin, makanan yang mengandung mineral juga sangat penting. Saat berpuasa, tubuh bisa saja mengalami dehidrasi. Kadar elektrolit dalam tubuh seperti natrium, kalium, magnesium, seng, dan kalsium juga dapat menurun jika kekurangan mineral. Selain itu, mineral juga dibutuhkan untuk fungsi jantung, otak, serta produksi hormon dan enzim

Kekurangan elektrolit bisa menyebabkan kelelahan ekstrim, asam lambung rendah, sakit kepala , kecemasan tinggi bahkan insomnia. Agar terhindar dari hal tersebut, kamu perlu memasukkan makanan dan minuman yang kaya mineral seperti: kacang-kacangan, susu rendah lemak, sayuran berwarna hijau gelap, tahu, ikan, kerang, dan daging sapi  ke dalam menu makanan sahur dan berbuka puasa. .

Mineral juga bisa  didapatkan dari buah-buahan yang tumbuh di iklim tropis atau subtropis, seperti nanas, mangga, markisa, pisang, jambu biji, dan nangka.

Setelah mengetahui kebutuhan nutrisi agar tetap sehat dan bugar selama bulan Ramadhan, jangan lupa masukan makanan yang mengandung protein, serat, vitamin dan mineral ke dalam menu berbuka dan sahur ya. Badan sehat, ibadah pun lebih khidmat.