Kisah nyata  modal awal usaha spare part mobil, modal  4 juta jadi omset 4 milliar, bisnis sparepart mobil

Bisnis Sparepart Mobil

Daftar Isi Artikel

Berbicara tentang bisnis, pasti sobat Family Life Journey sudah mencium aroma cuan nin! Yup, kali ini kita akan membahas tentang modal awal usaha spare part mobil. Hanya saja sebelum kita membahas cara berbisnis dan modal awal sparepart mobil, kita perlu terlebih dahulu memahami  mulai dari apa itu mobil, apa saja sparepart mobil dan kegunaannya terlebih dahulu. Setelah memahaminya dengan baik, barulah kiita bisa bisnis di bidang tersebut.

Simak sampai selesai ya sobat, karna kamu akan mendapat inspirasi dan teknik memutar uang dari yang hanya bermodalkan 4 juta untuk modal awal usaha sparepart mobil, namun kini berhasil memiliki omset 4 miliar dan sudah membuka beberapa cabang.

Sparepart Mobil

Mobil adalah jenis kendaraan roda empat yang banyak digunakan di negara kita. Sama seperti kesehatan manusia, kesehatan mobil juga perlu diperhatikan. Selain perbaikan jika ada kerusakan, mobil juga perlu perawatan secara berkala untuk menghindari kerusakan fatal.

Sparepart mobil adalah salah satu hal yang juga sebaiknya kamu perhatikan. Pasalnya, sparepart ataupun onderdil mobil akan menjadi salah satu pengeluaran kamu di masa mendatang. Karna mesin memiliki jangka waktu ideal dan ada kalanya juga kamu perlu mengganti onderdil di dalamnya.

Tujuannya diganti sparepart untuk mengantisipasi pengeluaran dari service mobil akibat kerusakan tak terduga. kamu juga bisa berlangganan produk asuransi kendaraan. Dengan begitu, apabila terjadi kerusakan, kamu hanya perlu membayar nominal tertentu dan mobilmu akan ditanggung. Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai sparepart mobil yang perlu kamu ketahui:

Apa Itu Sparepart

Sparepart merupakan sebuah barang yang berisikan berbagai komponen dalam suatu kesatuan dan  memiliki fungsi tertentu. Jenis-jenisnya sparepart sangat beragam dan digunakan pada  berbagai jenis kendaraan . Setiap spare part kerap mempunyai keunikan tersendiri, namun ada yang sistem kerjanya saling terkait satu sama lain.

Selain pengertian sparepart di atas, setidaknya ada beberapa jenis sparepart yang penting untuk diketahui sistem kerjanya. Sepetti disinggung sebelumnya bahwa sparepart terdiri atas banyak komponen, namun yang akan  dibahas di sini adalah bagian  komponen yang seringkali mengalami kerusakan dan perlu diganti.

Merujuk pada  KBBI, melihat dari sinonim onderdil dan suku cadang, sparepart adalah alat-alat di dalam peralatan teknik yang kemudian menjadi bagian dari mesin. Jika dihubungkan dengan kata mobil, maka sparepart mobil berarati alat-alat di dalam peralatan teknikal yang menjadi unit mesin mobil. Dengan adanya sparepart mobil, maka mobil bisa berjalan dengan lebih optimal.

Sparepart Mobil Yang Perlu Rutin Diganti

Oli Mesin dan Filter Oli

Oli mesin dan filter Oli adalah suku cadang yang perlu rutin diganti, karena usia kerjanya  terbilang cepat. Fungsi oli mesin sangatlah penting, yaitu untuk melumasi bagian dalam dari mesin, dengan begitu, bagian dalam mesinnya bisa bekerja dengan stabil dan oli mesin juga berfungsi untuk menghindarkan gesekan antar komponen.

Sedangkan filter oli berguna untuk menyaring kotoran yang dihasilkan.  Dari gesekan mesin dan filter oli juga dapat menyaring karbon. Jika  mobilmu sering dipakai, maka filter oli menjadi bekerja lebih berat. Saat mengalami kemacetan di jalanan, kerja oli mesin juga akan semakin terkuras,  sebab mobil akan berhenti dan melaju dengan tiba-tiba. Oleh karena itu, pabrikan menyarankan para pengendara mobil agar  mengganti oli mesin pada 1.000 kilometer.

 

Modal Awal Usaha Spare part Mobil,

Filter udara

Filter udara memang dapat dibersihkan saat kamu melakukan perawatan rutin atau berkala, akan tetapi ditinjau dari segi kekuatan, filter udara sangatlah singkat. Filter udara berguna untuk menyaring debu atau kotoran yang timbul dari luar. Filter udara yang kotor akan menghambat suplai udara yang akan masuk ke ruang bakar mobil.

Kamu akan turut menghemat konsumsi bahan bakar pada mobil dengan melakukan pembersihkan filter udara. Filter udara wajib dibersihkan saat kendaraan mencapai 1.000 kilometer. Selain itu filter udara  wajib diganti saat kendaraanmu sudah  mencapai 40.000 kilometer. Jika filter udara terlalu kotor dan  jarang dibersihkan, maka kotoran dari luar bisa menghambat suplai udara yang masuk ke ruang bakar. Hal ini menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Busi

Meski memiliki bentuk kecil, busi merupakan salah satu suku cadang yang memiliki pengaruh sangat besar dalam menopang kinerja mobil. Busi yang terganggu juga bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros karena  pembakaran di ruang mesin kurang berjalan optimal.

Sistem kerja busi adalah membantu memantik api dalam proses pembakaran di ruang mesin. Melihat peranannya yang sangat penting,  para pemilik mobil harus  rajin cek busi secara berkala. Penggantian busi bisa kamu lakukan saat pemakaian mobil sudah  mencapai 20.000 kilometer.

Aki

Beberapa tanda  aki mobil  kian melemah  dapat dilihat dari ciri-ciri seperti  bunyi klakson yang tak lagi nyaring, lampu indikator yang melemah dan  tidak menyala, bahkan yang paling parah mesin tak lagi menyala. Dengan melemahnya aki, artinya tak akan ada pasokan ke tenaga sistem kelistrikan mobil. Aki umumnya akan terus menurun saat penggunaan mobil ditahun kedua atau ketiga. Oleh karena itu pastikan untuk memeriksa aki secara berkala, jika aki telah mulai parah, maka kamu perlu menggantinya dengan aki baru.

Filter AC

Filter AC yang tidak terawat akan membuat kinerja AC mobil tidak berjalan dengan baik. Saat kinerja AC terganggu, suhu di bagian kabinnya akan menjadi sulit untuk dingin. Apabila dibiarkan, lama-kelamaan AC akan rusak. Oleh karena itu pastikan untuk selalu merawat filter AC.  Filter AC juga umumnya diganti saat pemakaian kendaraan sudah mencapai 20.000 kilometer.

Kampas Rem

Selain beberapa komponen yang sudah disebutkan di atas, kampas rem juga merupakan komponen yang sangat penting dalam kendaraan. Untuk  mengecek ketebalan sebuah kampas rem ini dapat dilakukan secara mandiri. Apabila  kamu menginjak pedal rem dengan pijakan yang lebih dalam, maka kampas rem ini akan terdeteksi sudah habis yang ditandai dengan bunyi rem yang menimbulkan suara decitan. Hal itu dikarenakan terdapatnya gesekan antara 2 logam.

Setelah mengetahui tentang komponen penting dan sparepart mobil, kamu bisa menggunakan pengetahuan ini untuk kepentingan pribadi ataupun dijadikan sumber penghasilan. Melihat tingginya angka pengguna mobil di Indonesia, permintaan pasar untuk suku cadang dan sparepart mobil juga tinggi. Hal ini merupakan bisnis potensial dengan target pasar yang jelas.

Untuk kamu yang tertarik dengan bisnis sparepartmobil, berikut inspirasi kisah membangun bisnis sparepart mobil, mulai dari modal awal usaha spare part mobil, proses  bahkan hingga tantangan menjadi pebisnis di bidang spare part mobil.

Modal awal usaha spare part mobil

Sebagai inspirasi, kamu bisa mencontoh beberapa kisah pebisnis spare part mobil dan modal awal usaha spare part mobil , diantaranya:

Tunas Jaya Toko Sparepart Mobil

Kisah ini datang dari  Teguh Kaheel yang merupakan pebisnis di bidang spare part mobil yang saat ini sudah sukses mencapai omset 4 miliar dan sudah memiliki banyak cabang.  Toko pertamanya adalah Tunas Jaya Toko Sparepart Mobil yang berlokasi di Cipinang Jakarta Timur. Jika kamu ingin berkunjung k tokonya, kamu bisa datang saat jam operasional, yaitu mulai pukul 08.00 – 20.00 WIB. Sebagai orang yang tertarik dengan bisnis sparepart mobil, kamu juga bisa bermitra dengan Tunas Jaya dengan menghubungi  nomor telepon  0812 8856 4552 – 021 29484-7537.

Teguh Kaheel  menyampaikan bahwa untuk memulai bisnis spare part mobil,  minimal harus ada modal 500 juta, namun ia juga  bercerita bahwa  ia nekat memulai untuk berbisnis meski saat itu hany memiliki modal Rp.4.000.000.

Saat itu, ia mencari toko yang dikontrakan dengan lokasi yang strategis, yaitu tidak jauh dari bengkel-bengkel yang  kemudian akan jadi target market. Saat itu, ia mendapatkan tempat namun dengan harga sewa 25 juta pertahun. Setelah melalui berbagai proses, Teguh Kaheel berhasil meyakinkan pemilik tempat untuk menyewakannya dengan mekanisme, pembayaran di awal seharga 4 juta dan sisanya dicicil selama 6 bulan.

Untuk mendukung bisnis suami, istrinya memberikan uang simpanannya sebesar Rp. 250.000 yang  akhirnya dipakai  untuk membeli rak bekas di toko rongsokan  dan mendapat 2 rak bekas.Karna Teguh Kaheel  pernah bekerja di toko sparepart, ia mempunyai kontak sales dan langsung menghubungi serta memintanya   untuk menitipkan barang di toko.

Jauh dari apa yang diharapkan, untuk bulan pertama ia hanya mendapatkan omset  100 -200 ribu. Dan hal itu berlangsung hingga bulan ketiga. Ia sempat berputus asa, karna mengingat tenggat waktu untuk melunasi biaya sewa tempat hanya tinggal sebentar lagi. Hingga suatu hari, sebelum ke toko Teguh Kaheel shalat dhuha ke masjid dan shodaqoh semampunya. Hal itu ia lakukan setiap hari.

“Minggu pertama, minggu kedua, ketiga belum ada hasil. Pasrah mau tutup toko, susu anak habis, tak bisa sedekah”, ucap Teguh Kaheel. Dalam kondisi yang tidak baik, ia berpasrah diri kepada Allah, hingga suatu hari dalam satu hari ia men dapat omset 3 juta sebulan  dan terus membaik dan naik sehari jadi 500 ribu sampe 1 juta hinggan berhasil mendapatkan  omset 1 milyar di tahun pertamanya.

Tunas Jaya Toko Sparepart Mobil menyediakan  berbagai sparepart dan bisa mengirim tenaga montir. Saat ini, Tunas Jaya  juga bekerja sama dengan salah satu perusahaan tambang yang memiliki cukup banyak armada, mereka butuh pengadaan spare part.

Saat ini Tunas Jaya Toko Sparepart Mobil sudah beroperasi selama  13  tahun. Aset berawal dari 4 juta, hingga bisa mejadi 4 miliar. Kisah lengkapnya juga bisa kamu tonton di YouTube Jaga Lilin: Bangun Usaha Spare Part Mobil Modal 4 Juta Sekarang Memiliki Asset 4 Milyar

https://www.youtube.com/watch?v=gDMnF8sXPPw

 

Anugrah Jaya Teknik

Selain kisah di atas, kamu juga bisa mengambil inspirasi kisah membangun bisnis toko sparepart mobil lainnya, yaitu Anugrah Jaya Teknik yang pada tahun 2022 sudah berhasil memiliki omset 150 juta perbulan. Toko ini beralamat di Jln A Yani. No 133, Cilegon, Banten

Candra Gunawan, yang merupakan pemilik toko ini bercerita bahwa ia adalah seorang sales yang kemudian memberanikan untuk membuka toko sendiri  di tahun 2012. Berbeda dari kisah sebelumnya, ia memulai bisnisnya dengan modal berkisar antara 100 – 150 juta. Pada awalnya ia memiliki omset 20 juta perbulan di tahun 2012, namun kini ia sudah memiliki omset 150 juta perbulan di tahun 2022. Kisah lengkapnya juga bisa kamu tonton di YouTube.

 

 

Distributor Sparepart Mobil Murah

Setelah mengetahui tentang sparepart mobil dan modal awal usaha sparepart mobil, kamu mungkin membutuhkan informasi Distributor Sparepart Mobil Murah untuk memulai bisnismu. Kamu bisa bekerja sama dengan Wakasa Automotive Parts.Cara order spare part reseller toko Wakasa adalah dengan menghubungi marketing@ wakasaparts.com.

Demikian informasi seputar  sparepart mobil dan modal awal usaha spare part mobil, semoga dapat menginspirasi!

Sumber artikel:

Literasi Sparepart mobil gramedia

Sumber foto:

iStock

PXfuel