Minat dan bakat merupakan jalan pintas yang dapat menggiring seseorang pada kesuksesan. Bagaimana cara menemukan minat dan bakat anak?

Saat ini, banyak orang yang berusaha menemukan minat dan bakat melalui tes, baik yang berbayar maupun gratis. Dengan menemukan minat dan bakat, seseorang dapat lebih mudah menentukan alur tujuan hidupnya. Oleh karena itu, banyak orang tua yang berusaha mencari tahu minat dan bakat anaknya agar lebih mudah mengarahkan.

Cara menemukan minat dan bakat anak

Selain melalui tes, ternyata kita juga bisa menemukan minat dan bakat anak. Caranya adalah dengan memperhatikan hal-hal berikut.

Mengamati dan menemukan apa yang disukai anak

Umumnya, orang tua adalah yang paling dekat dengan anak. Orang tua juga biasanya tahu hal apa saja yang disukai anak. Misalnya, anak suka sekali berenang. Jika didukung dengan teknik dan bimbingan mentor, maka anak akan berpotensi menjadi ahli dalam berenang. Bahkan sangat mungkin memenangkan juara olimpiade. Karena sukses dimulai saat seseorang menemukan bidang yang menjadi kecintaannya.

Kenalkan anak dengan berbagai profesi

Dengan mengenal berbagai macam profesi, anak akan lebih mudah menemukan profesi apa yang disukainya. Melalui ketertarikan itu biasanya anak akan mempelajari semua yang berkaitan dengan profesi itu. Secara tidak langsung, hal ini dapat menggali dan menemukan minat anak yang sesungguhnya.

Adapun cara untuk mengenalkan berbagai profesi bisa dengan mengunjungi pameran, mengobrol dengan anak saat diperjalanan ketika melihat orang yang sedang bekerja, atau melalui buku.

Baca juga: Ciri-Ciri Orang Tua Cerdas

Proses seleksi

Anak-anak kadang dapat menyukai dan memiliki ketertarikan pada beberapa bidang. Maka orang tua bisa membuat list (daftar) aktivitas atau bidang apa saja yang disukai anak. Minimal 10 jenis aktivitas. Setelah membuat daftar, uji kemampuan anak, mana yang paling dikuasainya. Kombinasikan mana yang menjadi minat dan mana yang merupakan bakat.

Inspirasi dan panutan

Setelah menetapkan profesi impian anak secara detail dan spesifik, kenalkan pada tokoh atau public figure yang pernah ada di dunia profesional. Agar anak terinspirasi untuk mengembangkan minat dan bakatnya hingga sukses seperti orang-orang sebelumnya.

Memberikan bimbingan

Setelah mantap akan profesi impian, berikan anak bimbingan dari ahlinya. Karena orang yang ahli disuatu bidang dapat membantu anak lebih berkembang. Dengan begitu, anak dapat mengeluarkan potensi dan kemampuannya secara maksimal.

Fokus

Agar hasilnya baik, maka harus fokus pada pelajaran yang sesuai dengan tujuan profesi yang telah ditetapkan. Fokus pada tujuan akan mempermudah dan mempercepat anak menjadi profesional. Bimbing selalu  anak agar tidak melakukan hal-hal yang mengalihkan fokusnya.

Seperti seorang yang hendak pergi,  yang pertama harus dimiliki adalah alamat yang di tuju, sedangkan kendaraan serta jalan yang akan dilalui akan disesuaikan dengan alamat yang dituju tersebut. Begitulah gambaran dalam menggapai profesi impian.

Semoga kita para orang tua dapat menggiring anak sesuai firahnya untuk menemukan profesi yang akan membantunya untuk hidup dengan baik dan bahagia.