Butuh inspirasi menu sahur sehat? Dr. Zaidul Akbar membagikan tips agar badan tetap fit dan sehat melalui menu sahur berikut ini!

Siapakah Dr. Zaidul Akbar?

Bagi orang yang sering berselancar di sosial media, sepertinya tidak asing lagi dengan sosok Dr. Zaidul Akbar. Beliau aktif membagikan pengetahuannya tentang kesehatan, baik itu di Instagram ataupun Youtube. Video beliau juga banyak dibagikan di akun media sosial facebook.

Dengan berpedoman  pada sunnah Nabi, Dr Zaidul Akbar menghimbau dan mengajak untuk menerapkan pola hidup sehat dan membagikan resep-resepnya yang sering disebut dengan JSR (Jurus Sehat Rasululullah.

Menu Sahur Sehat Ala Dr. Zaidul Akbar

Melalui kajiannya, beliau membagikan resep makanan sehat yang akan membuat tubuh sehat dan tetap merasa fresh. Saat sahur, kamu bisa mengkonsumsi kurma dan menyandingkannya dengan buah yang memiliki kandungan vitamin C.

Kandungan besi pada kurma akan bekerja maksimal saat bertemu dengan vitamin C. Oleh sebab itu, kurma bisa dikonsumsi dengan semangka atau jeruk. Adapun untuk menguatkan tulang, Dr. Zaidul Akbar memberikan resep agar meminum air perasan jeruk lemon yang dicampur madu.

Jadi, saat sahur beliau menyarankan untuk mengkonsumsi kurma dan buah-buahan yang mengandung vitamin C, infused water untuk memenuhi kebutuhan mineral, dan minum satu sendok minyak zaitun. Sebab, minyak zaitun sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, mengontrol tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol, mencegah pertumbuhan sel kanker, mengatasi sembelit, mengendalikan kadar gula darah, dan masih banyak lagi.

Pada intinya, Dr. Zaidul Akbar menekankan bahwa apa yang dimakan seseorang akan menentukan kesehatannya. Oleh karena itu hindari makan makanan olahan atau makanan yang sudah melalui beberapa proses saat pembuatannya. Sebab, kandungan vitaminnya sudah tidak ada lagi karena sudah hilang disebabkan proses memasak yang berkali-kali.

Menu Buka Puasa Sehat Ala Dr. Zaidul Akbar, Bikin Badan Segar!

Selain itu, beliau juga menyarankan untuk menghindari konsumsi nasi dan olahan tepung. Sebab keduanya memiliki kandungan kalori yang tinggi. Penuhi asupan gizi dan nutrisi dengan mengkonsumsi sesuatu yang alami seperti sayuran, buah, segala jenis rimpang dan lain-lain. Intinya, Dr. Zaidul Akbar mengajak untuk mengkonsumsi produk Allah (sesuatu yang ditumbuhkan di atas tanah dan memang Allah sediakan untuk manusia).

Dalam kajiannya, Dr. Zaidul Akbar mengatakan bahwa Allah menciptakan manusia dan juga menyediakan apa yang dibutuhkannya. Kembalilah kepada produk Allah yang original, karena itu sudah sesuai dengan kebutuhan manusia. Sebagai seorang dokter, beliau memberikan edukasi yang bukan hanya dibutuhkan jasmani, tetapi juga rohani.  Beliau berpesan bahwa untuk menjadi pribadi ‘yang sehat’ maka harus mendekatkan diri pada Dzat yang menyehatkan.