Apakah penghasilan dari internet bisa untuk biaya hidup? Tentu saja bisa. Berikut cara menghasilkan uang dari Internet menggunakan Website.

Menghasilkan Uang Dari Internet

Mendapatkan penghasilan dari internet bisa dilakukan dengan banyak cara. Hanya saja, kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman tentang membangun website hingga bisa menghasilkan uang.  Website sendiri memiliki banyak fungsi, diantaranya sebagai media informasi, branding, promosi barang, produk dan jasa.

Diera digital seperti sekarang ini, hampir semua orang memiliki handphone dan mengakses informasi melalui Google. Oleh karena itu, website bisa dijadikan aset digital untuk mendatangkan penghasilan dalam jangka panjang.

Sebagai seorang Blogger, saya menulis di website untuk memberikan informasi kepada para pembaca. Setelah mencukupi persyaratan, sayapun mendaftarkan website ke Google AdSense. Dengan menjadi partner dari Google AdSense, maka website akan mulai menampilkan iklan. Hal tersebut merupakan salah satu cara untuk bisa menghasilkan uang dari internet.

Setiap Blogger memiliki cerita dan cara masing-masing untuk menjadikan website-nya berpenghasilan. Bagi para Blogger yang sudah merasakan penghasilan dari menulis di website, biasanya mereka akan terpacu lebih semangat lagi untuk membuat website baru dan memiliki beberapa website. Bahkan sampai ada istilah “Ternak Blog”. Semakin banyak Blog atau website produktif yang dimiliki, semakin banyak pula penghasilannya.

Untuk membangun sebuah website, yang kamu perlukan adalah:

  1. Nama Domain

Nama domain (Domain Name) merupakan nama yang akan dipakai oleh website tersebut. Pakailah nama domain yang tidak pasaran dan mudah diingat orang. Kamu bisa memilih ekstensi .com .net .info .biz co.id dan lainnya. Domain bisa dimiliki dengan cara membeli dari penyedia domain. Adapun harga domain, mulai dari puluhan ribu pertahun dan harus diperpanjang setiap satu tahun.

  1. Hosting

Hosting adalah tempat penyimpanan gambar, file, video dan data-data yang ada di website yang dapat diakses melalui internet. Hosting bisa disewa perbulan atau pertahun. Semakin besar kapasitas Hosting dan Bandwith,  maka biaya sewanya pun semakin tinggi. Bandwith adalah nilai konsumsi transfer data dalam bit/detik, semakin banyak yang mengakses website, semakin banyak pula bandwith yang dibutuhkan.

Untuk pemula, tidak perlu langsung mengambil kapasitas yang besar karna biasanya pemakaian masih sedikit. Di Tahun pertama, bisa mencoba space berkisar 200 – 500 mb terlebih dahulu. Jika nantinya kurang, maka bisa up grade. Dalam memilih Hosting, pilihlah yang memiliki reputasi bagus dan support yang handal. Tujuannya adalah agar saat website bermasalah, penyedia Hosting bisa cepat mengatasinya.

 

  1. Aplikasi Website

Aplikasi website akan menentukan bagaimana tampilan website. Ada beberapa aplikasi website, diantaranya: WordPress, Adobe Dreamweaver, PageBreeze, Bluefish Editor, InVision Studio, CoffeCup HTML Editor,  dan KompoZer. Namun, yang populer dan banyak digunakan adalah WordPress.

Jika masih pemula dan terasa bingung, kamu bisa kunjungi Sahabat Hosting.  Di sana terdapat banyak pilihan Domain & Hosting berikut harganya. Jika bingung bagaimana cara design website, layanan Hosting ini juga menyediakan beberapa pilihan paket design website. Sahabat Hosting sangat cocok untuk kamu yang mencari Hosting Murah. Dengan variasi pilihan paket, tentunya kamu bisa memilih paket yang cocok untukmu.

Setelah Website berikut Domain dan Hosting sudah siap, kamu bisa mulai menggunakannya. Baik itu sebagai sarana berbagi informasi dan pengetahuan, membangun brand, bisnis dan lain-lain. Tentukan target dan selalu konsisten, maka website-mu bisa menghasilkan uang. Para Blogger terdahulu, banyak yang sukses dan memiliki penghasilan berkali-kali lipat jika dibandingkan pegawai biasa. Oleh karna itu, website-mu merupakan aset digital yang akan membantu menghasilkan uang.

 

Referensi: 7 Aplikasi pembuat website