Metode Mengajar bahasa inggris  yang menyenangkan akan membuat anak lebih mudah paham. Mengingat bahasa Inggris adalah bahasa asing yang bukan bahasa sehari-hari di Indonesia. Kecuali dalam lingkungan tertentu.

Karena perkembangan zaman, mau tidak mau setiap orang dituntut memiliki kemampuan berbahasa Inggris. Bahasa Inggris kini menjadi lebih dekat dengan keseharian. Banyak Informasi yang dapat diakses menggunakan bahasa Inggris. Kemampuan bahasa Inggris juga dapat menunjang karir seseorang.

Metode Mengajar Bahasa Inggris Agar lebih Mudah Dipahami

Di bidang pendidikan, bahasa Inggris cukup jadi perhatian. Mulai usia TK hingga bangku perkuliahan, ada pelajaran bahasa Inggris. Sayangnya tidak semua siswa suka dan mudah memahami bahasa Inggris.

Mengajar bahasa Inggris memerlukan trik dan metode khusus agar bahasa asing ini mudah diterima oleh pelajar. Terutama untuk kategori anak-anak. Berikut contoh yang bisa diterapkan untuk mengajar bahasa inggris agar lebih menarik dan anak cepat mengerti.

Biasakan anak mendengar bahasa Inggris

Proses belajar bahasa berawal dari mendengar lalu mengikuti. Layaknya bayi mendengar suara di lingkungannya kemudian meniru. Agar mempermudah, sering-seringlah perdengarkan lagu bahasa inggris. Nyalakan saja lagunya dan biarkan anak beraktivitas seperti biasanya. Meskipun terkesan tidak didengarkan, tetapi lagu itu akan terdengar.

Selain lagu, ajak anak menonton video animasi bahasa inggris. Saat menonton, anak akan coba menafsirkan suara dengan apa yang dia lihat. Contoh saat karakter berkata: I go to school in the morning, dengan efek visual anak akan memahami maksudnya. Semakin sering bahasa itu diperdengarkan, maka telinga akan semakin terbiasa. Ketertarikan dan rasa suka pada bahasa asing akan semakin kuat.

Kenalkan kosa kata secara bertahap

Untuk mengenalkan kosa kata bisa menggunakan beberapa metode:

-Buatkan flashcard (kartu bergambar). Misalkan gambar apel, dibawahnya beri label apple. Orang tua mengucapkan, anak mengikuti.

-Beri label pada benda-benda di sekitar, contoh: tempelkan tulisan table di atas meja, chair untuk kursi.

-Ajak anak berkomunikasi langsung. Jika anak belum mengerti, bisa diiringi terjemahan. Contoh: Put the book on the table please (katakan dengan jelas dan perlahan). Jika belum mengerti ulangi, put: taruh the book: buku, on the table: di atas meja.

-Gunakan benda nyata agar anak mengerti. Contoh: which one do you like? Apple or orange (tunjukkan apel saat mengucap apple, tunjukkan jeruk saat mengucap orange).

Intinya, selalu berikan bentuk visual (sesuatu yang dapat dilihat) agar anak lebih mudah mengerti.

Ajak anak membaca buku bahasa inggris

Agar tidak menjadikan tontonan sebagai bahan belajar terus menerus, alternatif lainnya adalah buku. Ajak anak untuk membaca buku cerita dalam bahasa inggris. Tentunya pilih buku yang colorful, agar menarik visual anak. Jika diperlukan, pilih buku yang juga memiliki book activity. Sehingga latihan pada book activity dapat mengukur hasil pemahaman anak.

Konsisten dan bertahap

Saat mengenalkan, bisa memulai dengan kosa kata yang sering digunakan dalam keseharian. Kenalkan perkata terlebih dahulu, agar saat menyusun kalimat anak bisa mengerti makna perkata.

Materi yang diajarkan bisa pertema. Misalkan tema keluarga, kenalkan kosa kata seputar keluarga. Ajak anak membuat kalimat sederhana dari kosa kata yang yang sudah diketahuinya seperti: my mother is beatiful. Tambahkan kalimat jika anak sudah mengerti, she  has four children. Jangan lupa pastikan anak tahu arti dari kalimat yang dipelajari dan diucapkan.

Berawal dari kata, lalu ajarkan membuat kalimat. Ajak anak untuk konsisten mencoba berbahasa Inggris. Bangun kepercayaan diri anak dengan kata-kata positif. Jika anak merasa tidak tahu bahasa Inggris dari suatu benda saat akan berbicara, perkenankan ia mencampur bahasa inggris dan indonesia. Seperti contoh, Mom, i want to go to kamar mandi? (anak tidak tahu bahasa inggris dari kamar mandi)

Setelah itu, beri tahu anak bahasa Inggris dari kamar mandi. Bisa juga ajak anak untuk membuka kamus. Agar anak juga belajar cara mencari kata yang tidak diketahui dalam bahasa inggris. Usahakan untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris di kelas.

Baca juga: Aplikasi Belajar Bahasa Arab Online

Gunakan konsep game untuk variasi belajar

Agar tidak monoton, guru bisa mengkombinasikan bahan ajar dengan berbagai permainan. Misalkan, murid diminta maju satu persatu untuk pantomim, lalu murid lain menjawab dengan bahasa Inggris. Bermain tebak lirik lagu bahasa inggris, menyusun kata yang diacak. Membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan memberikan tantangan bahasa inggris, siswa diminta membuat percakapan dalam bahasa Inggris, dan masih banyak lagi kombinasi permainan dan belajar.

Demikian tips belajar bahasa inggris untuk anak . Tentunya hal diatas hanyalah contoh dalam penerapan metode. Adapun materi dan tema dapat menyesuaikan dengan kondisi kelas dan kemampuan anak. Jika memungkinkan, ajak anak untuk menggunakan bahasa Inggris saat berkomunikasi dengan lingkungan sekitar. Semoga bermanfaat!