Cara mudah mengajari adalah dengan mengenal masa peka anak. Simak penjelasannya:).

Faktanya, mendidik anak bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang harus diajarkan pada anak. Mulai dari tatakrama, keterampilan hidup dan kognitif. Terkadang kita merasa sudah mengajari anak, tetapi sang buah hati belum juga mengerti.

Banyak hal yang yang jadi pemicunya. Salah satunya adalah pembelajaran yang kurang tepat. Entah itu cara mengajarkan atau waktu saat mengajarkan. Agar poin yang ingin disampaikan terserap dengan baik, perlu juga memahami masa peka anak.

Baca juga: 4 Aspek Tumbuh Kembang Anak Usia Dini

Masa Peka Pada Anak

Masa Peka atau disebut juga Perioda Sensitif adalah suatu rentang waktu dimana anak sedang membutuhkan stimulasi yang sesuai dengan usia tumbuh kembangnya. Cara mengetahuinya adalah dengan memperhatikan pola tingkah laku anak.

Biasanya anak menunjukkan sinyal kebutuhan stimulasi dengan melakukan aktifitas secara berulang-ulang. Hal itu dilakukan selama rentang waktu tertentu sampai kemampuan dan keterampilannya terbentuk.

Contohnya masa peka tata krama adalah usia 2,5-6 tahun. Pada masa itu anak lebih mudah diarahkan. Hal-hal baik yang diajarkan pada usia 2,5 – 6 tahun lebih mudah terekam dalam otak anak. Sehingga membentuk sebuah kebiasaan.

Bayangkan anak usia 7 tahun yang

Masa Peka Berdasarkan Tahapan Usia

 tidak dibiasakan membuang sampah pada tempatnya sedari kecil. Apakah anak itu akan langsung rutin membuang sampah pada tempatnya hanya dengan satu kali peringatan?.

Masa peka merupakan masa krusial dan penting untuk mendapat stimulasi yang tepat. Agar mencapai kemampuan dan keterampilan yang diharapkan, stimulasi yang diberikan juga harus cukup. Periode sensitif adalah masa kepekaan, minat dan ketertarikan khusus yang tidak bisa ditunda. Jika tidak diberi ruang dan kesempatan untuk aktif melakukan ketertarikan dan kebutuhannya, maka periode sensitif mereka tidak akan berhasil optimal.

Periode sensitif atau masa peka anak memiliki kebutuhan yang berbeda berdasarkan tahapan usia. Berikut penjabaran tentang masa peka anak beserta usianya.

  • Bergerak : 0 – 4,5 tahun
  • Bahasa : 0 – 6 tahun
  • Sensori : 0 – 5 tahun
  • Benda kecil : 1 – 3 tahun
  • Toilet training : 1 – 3 tahun
  • Keteraturan (order) : 1 – 5 tahun (0 – 3 tahun)
  • Musik : 2 – 6 tahun
  • Tata krama : 2,5 – 6 tahun
  • Membaca : 3 – 5,5 tahun
  • Menulis : 3,5 – 4,5 tahun
  • Matematika : 4 – 6 tahun

Masa peka anak yang tertulis bisa dijadikan pedoman, tetapi munculnya 11 perioda sensitif tadi pada proses tumbuh kembang anak bisa terjadi bersamaan, bergantian, berurutan atau berlainan.

Waktu tergantung individu dan support orang-orang di sekelilingnya. Selain itu, setiap anak memiliki latar belakang & keunikannya masing-masing. Sehingga hasilnya tidak selalu bisa disamaratakan.

Sebagai orang tua ataupun pendamping, hendaknya kita memahami kebutuhan anak serta memfasilitasinya. Baik itu berupa stimulasi, motivasi dan hal-hal lain yang dibutuhkan. Karena baik atau tidaknya tumbuh kembang anak sangat bergantung pada orang-orang di sekelilingnya.

Sumber: Rumah Montessori.