Manfaat gerak  dan lagu untuk usia dini sangatlah banyak. Sadar atau tidak, pernahkah kamu  melihat anak-anak berjoget saat disetelkan musik? Pernah lihat anak ikut bernyanyi saat disetelkan lagu? Berikut manfaatnya, chek it out!

Manfaat Gerak Dan Lagu Untuk Anak Usia Dini

Anak yang bergerak sambil mendengarkan musik akan lebih sehat dan ceria. Selain untuk bersenang-senang, metode gerak dan lagu juga diaplikasikan di berbagai sekolah. Baik sekolah di dalam negeri, maupun luar negeri. Banyak juga penelitian mengenai manfaat gerak dan lagu untuk anak usia dini.

Sekilas, bergerak, berjoget, menyanyi dan menari terlihat hanya bermain-main. Begitulah dunia anak, memang  masih dunia bermain. Jika orang dewasa berkerja, maka berkerjanya anak adalah bermain. Melalui bermain, tumbuh kembang anak dapat terstimulasi  dengan baik. Mulai dari fisik, emosional hingga kognitif. Secara garis besar, berikut 8 manfaat gerak dan lagu bagi anak usia dini:

Menyehatkan

Aktivitas fisik membuat badan lebih bugar. Selain itu, anak yang banyak bergerak akan terhindar dari obesitas. Tentu saja, aktivitas yang melibatkan banyak gerak itu menyehatkan:).

Membuat anak lebih fokus

Setiap anak memiliki energi yang perlu disalurkan. Dengan banyak bergerak dan bermain, energi anak akan tersalurkan dengan baik. Anak yang kebutuhan mainnya sudah terpenuhi dapat lebih tenang. Dengan kondisi yang tenang, anak juga dapat lebih fokus. Saat anak fokus, maka keterampilan kognitif anak juga akan lebih baik.

 

4 Aspek Tumbuh Kembang Anak Usia Dini

Koordinasi mata dan gerakan

Pada umumnya, semua aktivitas fisik meliputi gerakan. Tak hanya dalam hal bermain dan olahraga, menari juga termasuk di dalamnya. Biasanya, anak usia dini akan menari atau berjoget karena menirukan suatu gerakan. Saat menari atau berjoget, biasanya juga disertai lagu atau musik. Dalam aktivitas ini, anak akan melatih 3 hal penting untuk tumbuh kembangnya, yaitu: melalui indra visual anak akan terlatih mengkoordinasikan mata dan gerakan, sedangkan melalui lagu, indra pendengarannya akan bekerja dan terstimulasi.

Melatih motorik anak

Tulang, otot dan jaringan-jaringan lainnya masih belum sempurna pada anak usia dini. Dengan banyak bergerak, semua itu akan berkembang dengan baik. Gerakan dan aktivitas fisik sangat bermanfaat untuk motorik kasar anak. Baik gerakan dalam permainan tertentu ataupun menari. Perkembangan motorik kasar baik untuk keterampilan ketangkasan gerak anak.

Mengekspresikan diri

Bergerak, bernyanyi dan menari bisa menjadi wadah untuk mengekspresikan diri. Kemampuan mengekspresikan diri berkaitan erat dengan kecerdasan emosional anak. Anak yang memiliki kecerdasan emosional dapat bersikap dan bersosialisasi dengan baik. Selain itu, kepercayaan diri anak dapat bertambah dengan mengekspresikan diri.

Keterampilan sosial

Pada umumnya, saat bermain gerak dan lagu akan lebih menyenangkan dilakukan bersama-sama. Saat melakukan kegiatan dalam suatu kelompok,  keterampilan sosial anak akan terlatih. Ia akan beradaptasi dengan lingkungan dan belajar mentaati aturan main.

Pengetahuan baru

Dalam aktivitas  gerak dan lagu, ada pembelajaran didalamnya. Selain 6 hal yang disebutkan sebelumnya, manfaat lainnya adalah pengetahuan baru. Saat mendengarkan lagu, anak akan belajar kosa kata baru, nada & irama. Selain kecerdasan musikal, lirik-lirik pada lagu anak usia dini mengandung pembelaran di dalamnya.

Melatih kedisiplinan

Salah satu permainan gerak dan lagu  yang sering diaplikasikan adalah senam bersama. Saat melakukan senam, anak akan mengenal aturan-aturan di dalamnya. Seperti berbaris, meniru gerakan secara terarah dan tidak mengganggu teman yang sedang senam. Aturan tersebut dapat melatih kedisiplinan anak.

Meski anak usia dini diharuskan bergerak dan bermain,  tetap perlu diarahkan. Agar gerakan anak tidak berlebihan dan cenderung membahayakan. Sebagian anak belum bisa mengontrol dalam mengekspresikan diri. Bahkan dalam kondisi senang pun, ada anak yang bereaksi terlalu berlebihan. Oleh karena itu, peran orang dewasa sangat penting dalam mendampingi aktivitas anak usia dini.

Selalu ada pembelajaran dalam kegiatan anak usia dini. Karena anak masih dalam proses pertumbuhan dan pengenalan dalam segala hal. Dalam gerakan dan lagu, anak mendapatkan keduanya. Gerak yang bermanfaat untuk tumbuh kembang dan lagu yang di dalam liriknya terdapat pembelajaran.