Ingin punya anak cerdas? Kenali makanan terbaik untuk otak agar dapat bekerja secara maksimal :).

Berbagai macam usaha dilakukan oleh orang tua agar anak cerdas dan pintar. Mulai dari memberikan asupan nutrisi yang baik, mendisiplinkan untuk belajar, bahkan ada yang disekolahkan sedini mungkin. Dengan harapan, diusia keemasan anak dapat mempelajari dan menyerap semua hal dengan baik.

Makanan Untuk Otak 

Ssttt……tunggu dulu, sabar ya. Setiap perkembangan ada tahapannya. Jadi tidak perlu terburu-buru. Apalagi banyak kekhawatiran terhadap anak hanya karena harapan yang terlalu tinggi. Sehingga melewatkan momen-momen dasar terpenting yang justru akan mempengaruhi sistem kerja otak dan masa depannya nanti.

Hal yang harus kita perhatikan bukan hanya targetnya saja, tapi alat dan proses mencapai target tersebut. Jika anak cerdas adalah target, maka alat yang menunjang kecerdasan anak adalah otak. Proses untuk mencapai target adalah bagaimana kita menstimulus perkembangan alat (otak) tersebut. Nah, berikut makanan terbaik bagi otak:

Oksigen 

Oksigen? Ya, ini tidak bisa ditawar lagi, hehehe. Setiap makhluk hidup membutuhkan oksigen. Begitu juga otak, membutuhkan suplai oksigen sebaik mungkin agar dapat bekerja secara maksimal. Bagaimana agar otak mendapatkan cukup oksigen? Perbanyaklah latihan fisik. Dalam kondisi fisik yang bugar,  otak akan mendapatkan asupan makanan yang “tinggi oktan” sebagai nutrisi terbaik.

Nutrisi

Milyaran sel otak manusia mendapat sebagian besar energi dan kekuatan fisik dari cairan dan makanan yang dikonsumsi. Pastikan untuk mengkonsumsi makanan segar yang mengandung semua vitamin, mineral, protein, karbohidrat, dan lemak sesuai kebutuhan. Sehingga kebutuhan energi dan nutrisi untuk otak dapat terpenuhi dengan baik

Kasih Sayang

Di dalam buku Brain Child, Tony Buzan menuliskan bahwa kasih sayang merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan otak anak, setelah oksigen dan juga nutrisi. Karena pusat yang berkembang pada anak usia dini adalah perasaannya, maka anak  yang mendapatkan kasih sayang berlimpah akan merasa bahagia.

Hormon kebahagiaan itulah yang akan membuat tumbuh kembang anak menjadi optimal, termasuk jumlah interkoneksi antar sel otak. Jumlah pertambahan sel otak ditentukan bagaimana ia diperlakukan dan diajarkan. Yuk, sayangi anak-anak dengan seluruh tubuh, hati, pikiran dan jiwa kita.

Informasi

Jika kita sering mendengar istilah makanan 4 sehat 5 sempurna, maka informasi adalah makanan penyempurna bagi otak manusia. Agar dapat tumbuh semakin sambung menyambung  dan semakin kompleks, diperlukan lingkungan yang cukup merangsangnya.

Sumber informasi tak hanya melalui membaca di atas kertas ataupun media elektronik, ajaklah anak untuk lebih dekat dengan alam dan bereksplorasi. Biasanya anak akan memberikan pertanyaan terhadap hal-hal menarik yang ditemuinya, dampingilah mereka saat itu dan berikanlah jawaban atas rasa keingintahuannya. Karena rasa ingin tahu akan merangsang otak untuk bekerja.

Dengan memberikan makanan terbaik bagi otak, semoga kita bisa mencetak generasi cerdas yang bermanfaat bagi sesama di masa depan nanti. Tetap semangat mendampingi tumbuh kembang anak dan buka mata hati bahwa anak adalah makhluk istimewa yang Tuhan titipkan kepada kita sebagai tunas-tunas baru pemimpin dunia di masa depan. Persiapkanlah mereka agar dapat hidup dengan baik pada masa dan generasinya nanti.