Salah satu hukum bacaan mad adalah mad jaiz munfashil. Berikut pengertian, cara membaca dan contohnya di dalam Alquran.

Pengertian Mad Jaiz Munfashil

Secara Bahasa, Mad berarti panjang, Jaiz berarti boleh dan Munfashil berarti terpisah.

Bacaan dalam Alquran dihukumi Mad Jaiz Munfashil apabila ada huruf Mad Thobi’i yaitu ( ــــــَــــــ ا ; يْ ـــــــِــــــ ; وْ ـــــــُـــــــ ) bertemu dengan huruf hijaiyah hamzah yang berharakat Fathah, Kasrah, atau harakat Dhammah ( اَ – اِ – اُ ) dalam kata yang terpisah.

Cara Membaca Mad Jaiz Munfashil

Cara membaca  Mad Jaiz Munfashil boleh dengan:

2 harokat/ 1 alif

4 harokat/ 2 alif

6 harokat/ 3 alif

Contoh Hukum Mad Jaiz Munfashil Dalam Al Qur’an

Surah Al-Qodr ayat 1

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ

Dibaca: Innaaaa anjalnaahu

Terdapat mad thobi’i, alif sebelumnya huruf hijaiyyah, yaitu nun berharokat fathah. Mad Thobi’i tersebut bertemu dengan hamzah tapi dalam kalimat terpisah.

Surah Al-Kautsar ayat 1

إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ

Dibaca: Innaaaa a’thoinaa

Terdapat mad thobi’i, alif sebelumnya huruf hijaiyyah, yaitu nun berharokat fathah. Mad Thobi’i tersebut bertemu dengan hamzah tapi dalam kalimat terpisah.

Surah Yasiin ayat 8

فِي أَعْنَاقِهِمْ

Dibaca: Fiiii a’naaqihim

Terdapat mad thobi’i, ya sebelumnya huruf hijaiyyah, yaitu fa berharokat kasroh. Mad Thobi’i tersebut bertemu dengan hamzah tapi dalam kalimat terpisah

Surah Al-Baqoroh ayat 3

بِمَا أُنْزِلَ

Dibaca: Bimaaaa ungzila

Terdapat mad thobi’i, alif sebelumnya huruf hijaiyyah, yaitu mim berharokat fathah. Mad Thobi’i tersebut bertemu dengan hamzah tapi dalam kalimat terpisah.

Surah Al-Baqoroh ayat 11

قَالُوا إِنَّمَا

Dibaca: Qooluuuu Innamaa

Terdapat mad thobi’i, wau sebelumnya huruf hijaiyyah, yaitu lam berharokat dhomah. Mad Thobi’i tersebut bertemu dengan hamzah tapi dalam kalimat terpisah

Surah Al-Baqoroh ayat 19

فِي آذَانِهِمْ

Dibaca: Fiiii aadzaanihim

Terdapat mad thobi’i, ya sebelumnya huruf hijaiyyah, yaitu fa berharokat kasroh. Mad Thobi’i tersebut bertemu dengan hamzah tapi dalam kalimat terpisah.

Surah Al-Baqoroh ayat 20

كُلَّمَا أَضَاءَ

Dibaca: Kullamaaaa adhooa

Terdapat mad thobi’i, alif sebelumnya huruf hijaiyyah, yaitu ma berharokat fathah. Mad Thobi’i tersebut bertemu dengan hamzah tapi dalam kalimat terpisah.

Demikian penjelasan mengenai mad jaiz munfasil. Agar mudah dimengerti, intinya: hukum mad jaiz munfasil berlaku apabila ada mad thobi’i bertemu dengan hamzah pada kalimat terpisah. Sobat, harus memperhatikan secara detail apakah dalam satu kalimat atau kalimat terpisah.

Jika mad thobi’i bertemu hamzah dalam satu kalimat, maka hukumnya bukan mad zaij munfasil, melainkan mad jaiz muttasil.

Semoga kita selalu semangat mempelajari ilmu tentang Alquran dan semoga Allah memberikan pemahaman yang baik. Aaammin ya Robbal Aalamiin.