Hukum bacaan mad dan pembagiannya memanglah tidak sedikit. Sehingga bagi pemula bisa saja menjadi bingung. Untuk kamu yang masih bingung, dibawah ini ada penjelasan tentang mad dan pembagian hukum mad.

Pengertian Mad

Mad adalah salah satu hukum bacaan yang banyak sekali ditemukan dalam Alquran. Oleh sebab itu, seorang muslim perlu mempelajari dan memahaminya untuk terhindar dari kesalahan saat membaca alquran.

Hukum Bacaan Mad

Agar dapat melantunkan ayat suci Alquran dengan benar dan fasih, seorang perlu memahami ilmu tajwid. Dalam ilmu tajwid terdapat aturan atau hukum-hukum tertentu.

Salah satu hukum yang ada dalam ilmu tajwid adalah hukum bacaan mad. Arti dari mad adalah panjangnya bacaan. Sebab adanya bacaan panjang dalam Alquran ialah karena adanya huruf mad (baik tertulis ataupun tidak).

Huruf Mad

Huruf Mad ada tiga, yaitu alif, ya dan wau.

Pembagian Hukum-Hukum Mad

Mad terbagi menjadi dua yaitu: mad ashli dan mad far’i. Tetapi setiap dari keduanya terbagi kembali menjadi beberapa hukum bacaan. Berikut penjelasannya!

Mad Ashli

Hukum mad yang pertama adalah Mad Ashli, yaitu apabila setelah huruf mad, bukan huruf hamzah, sukun ataupun tasydid. Mad Ashli dibaca dengan panjang dua harokat dan terdiri dari 6 macam, yaitu:

  1. Mad Thobi’i
  2. Mad Badal
  3. Mad Iwadh
  4. Mad Harfi
  5. Mad Shilah Qosiroh
  6. Mad Tamkin

Mad Far’i

Hukum mad yang kedua ialah Mad Far’i, yaitu apabila setelah huruf mad terdapat hamzah, sukun atau tasydid. Oleh sebab itu, pembahasan mad far’i terdiri dari tiga bagian:

  1. Setelah huruf mad, ada hamzah
  1. Setelah huruf mad, ada sukun:
  1. Setelah huruf mad berupa tasydid:

 

 

Sederhananya agar lebih mudah dipahami, mad ashli dan pembagiannya sudah pasti dibaca 2 harokat, sedangkan mad far’i memiliki variasi bacaan mulai dari 2 harokat, 4 harokat dan 6 harokat.

Demikian hukum-hukum pembagian mad. Untuk lebih detail penjelasan setiap hukum mad yang ada silakan klik tulisan yang diinginkan. Tulisan berwarna biru  di dalamnya terdapat link yang mengarah ke artikel mengenai penjelasan mad tersebut.

Contoh: jika sobat ingin tahu tentang mad thobi’i, silakan klik tulisan mad thobi’i. Jika ingin tahu tentang mad lazim mutsaqol harfi, silakan klik tulisannya. Begitulah seterusnya.

Dengan meng-klik setiap link atau tulisan, sobat bisa membaca lebih lanjut mengenai pengertian setiap mad, berapa panjang bacaan dan juga contoh bacaannya yang terdapat di dalam Alquran agar lebih mudah dipahami.

Sumber;

Buku Metode Tartila (Bersajak), Cara Mudah Dan Indah Tahsinul Qur’an untuk qiraat’ashim, riwayat hafsh menurut thariq asy-syathibiyyah.