Ide permainan anak dibawah ini bisa mengalihkan si kecil dari gadget. Untuk mengusir kejenuhan, anak memang perlu diberi kegiatan yang menyenangkan.

Ide Permainan Anak Di Rumah

Ide permainan anak terkadang terasa sulit. Ide tak kunjung muncul disebabkan beberapa faktor. Sebagian orang tua sudah merasa lelah dengan berbagai aktivitas. Ada pula yang memang konsentrasinya sedang terfokus pada hal lain. Belum lagi jika anak secara tiba-tiba meminta bermain bersama. Jika menolak, anak pasti rewel.

Di masa pandemi yang penuh ketidakpastian semua tetap harus berjalan. Termasuk menyiasati kejenuhan di rumah selama social distancing. Terutama bagi anak-anak yang terbiasa bermain bersama teman di luar.  Untuk menghindari kejenuhan, orang tua dapat bermain bersama anak.

Orang tua dapat mengajak memasak bersama, membuat hasil karya, membaca buku, dll. Sayangnya, keadaan orang tua tidak selalu siap saat anak mengajak bermain. Butuh ide kegiatan bermain  di saat mendesak? Yuk, simak ide kegiatan bermain bersama anak di bawah ini.

Petak umpet

Siapa yang belum pernah bermain petak umpet? Jenis permainan ini tidak membutuhkan alat apapun. Meskipun tanpa persiapan, kegiatan bermain ini tetap bisa dilakukan.

Pemain hanya butuh menentukan siapa yang berjaga. Pemain yang lain akan bersembunyi. Penjaga bertugas mencari pemain yang bersembunyi. Yang dapat ditemukan pertama kali dalri persembunyian, akan berjaga setelahnya.Saat bermain petak umpet, tubuh akan banyak bergerak. Tubuh yang sering bergerak akan sehat.:)

Petak jongkok

Untuk bermain petak jongkok, dibutuhkan tempat yang luas. Jenis permainan tradisional ini akan lebih seru dimainkan beberapa orang. Seluruh anggota keluarga bisa ikut bermain.  Dalam permainan ini, pemain harus peka melihat kesempatan.

Gunakan hompimpa untuk menentukan siapa yang berjaga (pengejar). Semua pemain harus berjongkok agar tidak mendapat giliran berjaga. Jika pemain berjongkok, pengejar tidak bisa menyentuh.

Pemain dapat berlari untuk sekadar berpindah tempat. Setelah itu, kembali berjongkok agar tidak disentuh pengejar. Pengejar harus sigap mengamati pemain. Tugas pengejar menemukan pemain yang tidak berjongkok. Pemain yang berhasil disentuh saat tidak berjongkok maka akan berjaga (jadi pengejar).

Bermain kuda bisik

Saat sudah merasa lelah, bermain juga bisa sambil duduk loh:). Semua pemain diminta duduk berjajar ke belakang seperti kereta. Pemain paling belakang akan berbisik pada pemain yang berada didepannya.  Yang dibisikkan bisa berupa kata, frasa atau kalimat.

Setelah mendengar pesan dari pemain dibelakang, pemain selanjutnya melakukan hal yang sama. Hal ini berlanjut sampai informasi sampai pemain paling depan. Setelah itu, pemain paling depan menyebutkan apa yang ia dengar. Setelah menyebutkan kata, pemain paling depan berpindah posisi ke belakang. Lalu diulangi seperti tadi.

Permainan ini untuk menguji konsentrasi dan pendengaran. Jika semua pemain fokus, maka pesan akan tersampaikan dengan baik.

Pantomim

Satu orang akan memperagakan sesuatu dengan gerakan, pemain yang lain akan menebak. Saat memperagakan sesuatu, tidak boleh bersuara. Contoh pantomim: Peraga memegang perut dengan ekspresi sedih. Pemain yang lain menebak maksud si peraga. Apakah itu lapar, sakit perut, atau sejenisnya.

Tebak-tebakan

Bermain tebak-tebakan hampir mirip dengan pantomim. Bedanya, pantomim dengan gerakan. Sedangkan tebak-tebakan bisa menggunakan kata-kata. Gunakan hompimpa untuk menentukan siapa yang bertanya. Penanya boleh mendeskripsikan pertanyaan secara detail.

Misalnya: hewan apa yang berkaki empat, sangat kuat, semua hewan menakutinya. Dia adalah raja hutan. Maka pemain lain boleh menebak. Yang menebak dengan cepat dan benar, menjadi penanya selanjutnya.

ABC lima dasar

Tentukan ketua untuk bermain ABC lima dasar. Permainan ini mirip dengan hompimpa. Hanya saja, ketua mengucapkan “ABC lima dasar” semua pemain mengeluarkan jari-jari tangan sesuai kemauan mereka. Boleh 5, 3, 1 atau 10.

Dari semua jari yang terkumpul, ketua akan berhitung menyesuaikan abjad: a, b, c, d, e, f, g, dst.  Jika jumlah jari sangat banyak dan telah sampai z, mka ulangi ke a. Jari terakhir yang dihitung menentukan huruf yang menjadi kunci permainan. Misalnya, hitungan berhenti di huruf d, maka setiap pemain harus mencari kata yang diawali huruf d.

Sebelum bermain, tentukan lebih dulu tema permainan. Boleh nama benda, binatang, buah atau nama tempat. Buat juga kesepakan mengenai hukuman bagi yang tidak bisa menjawab. Misalnya, pemain yang kalah harus bernyanyi lagu “Balonku” tetapi semua huruf vokal didalam lagu itu diganti huruf o.

Bermain ular naga

Untuk bermain ular naga butuh minimal 5 orang. Ajak semua anggota keluarga ya :). Karena semakin banyak pemain, maka akan semakin seru. Dua orang akan berjaga dengan mengangkat kedua tangan berhadapan membentuk terowongan.

Pemain yang lain berbaris ke belakang sambil berpegangan ke pinggang. Barisan ini disebut ular naga. Ular naga akan melintasi terowongan sambil bernyanyi. Berputar-putar, meliuk-liuk seperti naga. Saat nyanyian selesai, terowongan akan menutup dan menangkap anak dibarisan paling belakang.

Adapun syair yang dinyanyikan adalah:

Ular naga panjangnya bukan kepalang

Menjalar-jalar selalu kian kemari

Umpan yang lezat, itu yang dicari

Kini dianya yang terbelakang

Pesawat terbang

Permainan ini cocok dimainkan oleh orang dewasa yang sehat dan kuat. Ayah atau ibu  akan berbaring dan mengangkat kedua kakinya membentuk huruf r.

Anak akan menaiki kaki dan merentangkan tangan seperti pesawat. Ayah atau ibu memegang tangan anak sambil menggoyangkan kaki ke kirin dan kanan. Seakan anak adalah pesawat yang terbang di awan.

Selain menyenangkan untuk anak, kegiatan bermain ini termasuk olahraga buat ayah bunda loh:).

Pentas menyanyi ( tebak lagu)

Gunakan hompimpa untuk menemukan siapa yang akan menjadi penyanyi. Pemain yang lain menjadi audiens. Penyanyi hanya boleh bernyanyi dengan nadanya saja. Tidak boleh menggunakan lirik.

Contoh: nana nana…. nananana…..(gunakan nada, misal: lagu Bintang Kecil). Para audiens harus menebak judul lagu tersebut, lalu menyanyikan menggunakan liriknya. Pemain yang berhasil menjawab akan pentas untuk selanjutnya.

Demikian ide kegiatan bermain bersama anak di rumah. 9 Permainan ini tidak membutuhkan alat bantu apapun. Sangat mudah dan menyenangkan. Anak pun tidak mudah bosan di rumah, jika ayah bunda meluangkan waktu. Bermain bersama akan membangun bonding yang kuat antar anggota keluarga:). Selain itu, bermain memiliki banyak manfaat untuk anak.