Pola hidup sehat sangat penting, karena memiliki tubuh yang sehat akan memudahkan kita dalam beraktifitas. Kesehatan adalah hal yang sangat berharga dan tidak bisa dibeli. Uang mungkin bisa membayar untuk biaya pengobatan, tetapi kondisi tubuh tidak akan selalu sama seperti sebelum sakit. Oleh sebab itu, kita perlu menjaga kesehatan. Bagaimana cara menjaga pola hidup sehat? Yuk intip jurus hidup sehat ala Rasulullah.

Pola Hidup Sehat Sesuai Sunnah Rasul

Ibarat mesin, tubuh kita perlu perawatan dan waktu istirahat yang tepat. Pola hidup yang tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh akan menimbulkan penyakit. Sebagai manusia istimewa, Rasulullah SAW telah memberikan contoh pola hidup sehat. Beliau mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun cara Rasulullah menjaga kesehatan diri dengan 8 hal berikut:

Bangun sebelum subuh

Agar dapat bangun sebelum subuh, kita harus istirahat yang cukup. Tidur lebih awal memiliki banyak manfaat, diantaranya tidur lebih pulas, lebih produktif di pagi hari dan memperbaiki kualitas kemampuan otak. Selain itu para peneliti di Misao Health Clinic, Jepang mengatakan bahwa para relawan yang baru tidur setelah lewat tengah malam diketahui mempunyai pengerasan pembuluh darah daripada mereka yang terbiasa tidur lebih awal.

Menjaga kebersihan diri

Agar terhindar dari berbagai kuman dan virus penyebab penyakit, kita harus menjaga kebersihan diri. Menjaga kebersihan dengan cara mandi, sikat gigi, cuci tangan, memotong kuku jika panjang dan lain-lain. Menjaga kebersihan diri harus diiringi dengan kebersihan lingkungan. Karena lingkungan yang kotor juga akan menyebabkan banyak kuman, bakteri, virus dan berbagai penyakit.

Makan kurma

Kurma mengandung nutrisi mineral yang bernama selenium. Manfaatnya dalah membantu fungsi kognitif otak, membantu sistem kekebalan tubuh, dan berguna bagi metabolisme hormon tiroid.

Rasulullah memakan 7 buah kurma ajwa setiap pagi. Selain dimakan langsung, kurma juga bisa dibuat nabeez (infused water). Caranya adalah dengan memasukkan kurma (jumlah ganjil) ke dalam air lalu tutup rapat dan diamkan semalaman. Jika ada, boleh juga tambahkan sejumput garam himalaya.

Gemar jalan kaki dan berolahraga

Olahraga merupakan kegiatan yang berhubungan dengan aktifitas fisik. Olahraga secara teratur sangat baik untut otot dan tulang, meningkatkan energi, mengurangi resiko penyakit kronis, menjaga kesehatan kulit, membantu relaksasi dan tidur berkualitas, mengurangi stress dan meningkatkan memori otak.

Sering menunaikan puasa sunnah

Puasa memiliki banyak manfaat. Secara psikis, puasa dapat menaggulangi stress. Setelah beberapa hai berpuasa, tubuh akan mengalami peningkatan endorpfin dalam darah yang memberikan perasaan sehat secara mental.

Berpuasa dengan diiringi pola makan yang sehat sebelum dan sesudahnya dapat membantu memperbaiki kondisi radang sendi, radang usus besar, dan penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis. Sedangkan manfaat puasa lainnya adalah menyehatkan jantung, menjaga berat badan dan mengurangi risiko kanker.

Mengkonsumsi madu

Madu memiliki banyak khasiat untuk tubuh. Kandungan madu dapat meningkatkan dan menstabilkan gula darah jika diminum secara teratur. Selain mengandung obat alami, madu juga bisa mengobati luka bakar, menghilangkan ketombe dan bisa dijadikan masker untuk wajah. Banyak produk kecantikan yang juga menggunakan madu.

Tidak makan berlebihan

Tubuh perlu makan akan bertenaga, tetapi makan yang berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Makan berlebihan, selain tidak nyaman untuk perut juga dapat menimbulkan obesitas, mudah mengantuk, menaikkan gula darah dan beresiko terkena kanker.

Tidak meniup makanan dan minuman

Nafas yang dikeluarkan manusia mengandung karbondioksida yang akan membentuk senyawa yang bernama asam karbonat. Karena bersifat asam, senyawa tersebut dapat memicu ketidakseimbangan asam dalam darah. Jika kadar asam dan basa dalam darah tidak seimbang, bisa mengganggu kinerja berbagai organ tubuh.

Baca Juga : Ciri-Ciri Orang Tua Cerdas

Konon Rasulullah selama hidupnya hanya sakit sebanyak dua kali. Saat menerima wahyu pertama dan sewaktu menjelang beliau wafat. Hal itu membuktikan bahwa pola hidup Rasulullah SAW memang sehat. Sebagai umat dan pengikutnya, selain menjalankan sunnah, mengikuti pola hidup rasulullah akan menyehatkan tubuh.

Ref: Buku Aku Sehat Seperti Rasulullah, Fani Wardhana.