Punya gigi berlubang? Cek Harga perawatan gigi berlubang di klinik, Rumah Sakit atau Puskesmas di sini.

Harga Perawatan Gigi Berlubang

Perawatan gigi dikenal dengan biayanya yang mahal. Oleh sebab itu, banyak orang yang ingin tahu terlebih dahulu kisaran harga perawatan gigi. Kali ini Family Life Journey akan berbagi harga perawatan gigi di Klinik, Rumah Sakit, Puskesmas, BPJS & Non BPJS. Supaya kamu bisa persiapkan budget untuk perawatan gigimu!

Sebelum membahas tentang harga perawatan gigi berlubang, sebaiknya kenali terlebih dahulu jenis-jenis perawatannya. Sebab, harga tergantung dari jenis perawatan yang diberikan, tingkat kerusakan paga gigi berlubang dan fasilitas kesehatan yang dipilih untuk perawatan gigi.

Jenis-jenis Perawatan Gigi Berlubang

Perawatan gigi Berlubang dibagi menjadi 5, yaitu:

Pemberian fluoride

Jika kondisi gigi berlubang masih tahap awal dan belum terbentuk lubang yang besar, penanganan pertama adalah dengan pemberian fluoride. Tujuannya adalah untuk memicu kembali pembentukan mineral di lapisan terluar gigi (enamel).

Fluoride yang diberikan bisa berbentuk cairan atau gel yang kemudian disikatkan secara halus di gigi atau pada permukaannya. Fluoride berfungsi untuk mencegah terbentuknya gigi berlubang, penguat lapisan gigi serta melindungi dari asam dan plak yang bisa jadi penyebab gigi berlubang. Flouride juga sering digunakan sebagai bahan aktif pada pasta gigi.

Harga Fluoride Treatment Di KliniK & Rumah Sakit 2021
Klinik/Rumah SakitEstimasi Biaya Mulai Dari
Klinik Sola Gracia, Tanjung Priok Jakarta

 

Rp500.000

 

Siloam Hospitals Kebon Jeruk

 

Rp330.000

 

RS Medika Dramaga Bogor

 

Rp180.000

 

Rumah Sakit Gigi dan Mulut YARSI

 

Rp175.000

 

Mayapada Hospital Jakarta Selatan

 

Rp675.000

 

RS Insan Permata, Serpong Utara, Tangerang SelatanRp150.000

 

Siloam Hospital TB Simatupang, Cilandak, JakartaRp.535.000

 

Smile up dental Clinic , Kebayoran BaruRp. 250.000
Clinic Ocean Dental BSD TangerangRp. 300.000
Clinic Ocean Dental Kelapa Gading, JakartaRp. 300.000
KlinIK BERKAH Medika Sukma Jaya DepokRp. 300.000
Klinik Ocean Dental BekasiRp. 300.000

 

Untuk info kisaran harga lainnya dan buat janji dengan dokter, silakan klik Alodoctor 

Perawatan Gigi Berlubang Dengan Penambalan Gigi

Jika lubang di gigi sudah berkembang sampai lapisan yang lebih dalam terhitung dari fase awal, maka dokter akan melakukan penambalan pada gigi.

Sebelum menambal, dokter terlebih dahulu membersihkan kotoran yang menempel pada lubang gigi menggunakan bur. Setelah lubang gigi bersih dari kotoran, lalu dokter menempatkan bahan pelapis sebelum menambal lubang gigi. Setelah itu, dokter akan mengisi lubang pada gigi dengan bahan tambal seperti resin komposit, lalu membentuknya sesuai bentuk dan warna gigi asli.

Setelah selesai, dokter akan mengarahkan sinar khusus pada lubang gigi yang sudah ditambal untuk mengeraskan bahan tambal tersebut.



 

Harga Tambal Gigi Berlubang

Kisaran harga untuk tambal gigi bervariasi. Apabila lubang pada gigi terhitung kategori riangan, dokter biasanya menggunakan bahan tambal dengan harga terjangkau, berkisar antara Rp 150.000 – Rp 300.000 untuk satu gigi. Meski begitu, rumah sakit, puskesmas, atau klinik mandiri bisa saja memasang harga lebih mahal atau lebih murah.

Gigi berlubang dengan tingkat sedang dikenakan biaya untuk menambal berkisar antara Rp 400.000 – Rp 600.000 untuk satu gigi. Bahan tambal gigi yang digunakan berbeda/sesuai kebutuhan. Untuk biaya tambal gigi berlubang yang tergolong parah, memakan biaya yang lebih besar, yakni berkisar antara Rp 700.000 – Rp 1.200.000 untuk satu gigi.

Harga Tambal Gigi Menggunakan Kartu  BPJS

Kabar gembiranya, bagi kamu yang merupakan peserta BPJS, bisa tambal gigi secara gratis. Tentunya dengan mengikuti prosedur ya. Pelayanan gigi bisa didapatkan pada fasilitas kesehatan tingkat I (Faskes 1) tempatmu terdaftar. Hanya saja, perlu diingat bahwa layanan perawatan gigi untuk keperluan estetika tidak ditanggung BPJS.

Berikut layanan perawatan gigi yang ditanggung BPJS kesehatan/KIS:

1. Administrasi pelayanan, yaitu biaya pendaftaran pasien serta biaya administrasi lain selama proses perawatan atau pelayanan kesehatan pasien

2. Pemeriksaan, konsultasi medis dan pengobatan

3.Pre-medikasi

4. Kondisi gawat darurat perihal ortodental

5. Cabut gigi sulung (topikal, infiltrasi)

6.Cabut gigi permanen tanpa penyulit

7. Obat pasca ekstraksi

8.Tumpatan/tambalan komposit / GIC

9. Scalling gigi (membersihkan karang gigi) setahun sekali.

Jangan lupa kunjungi fasilitas kesehatan tingkat 1 terlebih dahulu, jika  faskes tingkat 1, tidak memungkinkan untuk tindakan, maka dokter faskes 1 akan merujuk ke faskes tingkat 2. Apabila di faskes 2 tidak memungkinkan pelayanan karena sarana dan prasarana kurang memadai, dokter faskes 2 akan merujuk ke fasilitas kesehatan tingkat 3.

Perawatan Gigi Berlubang Dengan Pemasangan Mahkota Jaket

Lubang gigi yang sudah meluas, namun akarnya masih kuat dan hanya menyisakan sedikit bagian dari mahkota gigi, disarankan memasang mahkota jaket. Sesuai namanya, mahkota jaket diibaratkan jaket yang menutupi seluruh bagian gigi asli dari gigi berlubang.

Umumnya mahkota jaket terbuat dari  resin, porselen, metal, ataupun campuran porselen dan metal.Sebelum memasang mahkota jaket ke gigi, dokter akan terlebih dulu merawat gigi berlubang dengan membersihkannya/ melakukan perawatan saluran akar, jika diperlukan.

Harga Perawatan Gigi Berlubang Di RS, Klinik, & Puskesmas

 

Biaya Perawatan Gigi Berlubang Dengan Mahkota Gigi

Harga mahkota gigi bervariasi tergantung pada bahan yang akan digunakan untuk membuat, serta berapa jumlah gigi yang rusak. Di bawah ini merupakan daftar harga dental mahkota (jaket gigi) :

Jaket gigi dengan bahan metal porcelain merupakan perpaduan lapisan luar berbahan porcelain dengan bahan logam pada bagian dalam. Jaket gigi dari bahan ini secara umum memiliki ketahanan warna, 4 sampai 5 tahun. Setelah itu, jaket gigi akan berubah menjadi warna kehitaman. Hal itu menandakan sudah harus membuat jaket gigi baru. Adapun harga jaket gigi berbahan metal porcelain mulai dari 2 Juta per mahkota Gigi.

Jaket gigi berbahan all porcelain, yaitu menggunakan bahan porcelain bagian  luar dan dalamnya. Pembuatan jaket gigi dari porcelain bisa lebih bertahan lama dibanding metal porcelain. Adapun harganya berkisar 3 Juta per mahkota gigi.

Jaket gigi zirconia merupakan yang terbaik, meski pengerjaanya butuh waktu lebih lama dan tingkat ketelitian lebih. Mahkota gigi berbahan zirconia bisa bertahan 15 tahun, bahkan seumur hidup, jika dirawat dengan baik. Adapun harganya berkisar 4 Juta/Mahkota Gigi.

Sebelum memutuskan untuk memasang mahkota gigi, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter gigi tentang kondisi gigi, jenis bahan crown yang paling cocok, dan resiko yang mungkin saja terjadi dengan cara perawatan crown gigi setelah dipasang. Sebab, mahkota gigi bertahan 5-15 tahun tergantung bagaimana si pemakai menjaga kebersihan gigi dan mulut.

 

Perawatan Gigi Berlubang Dengan Saluran Akar

Jika gigi sudah berlubang sangat dalam dan memengaruhi saraf gigi, maka perlu perawatan saluran akar. Saraf gigi yang mati perlu diambil dan diganti dengan bahan khusus. Sesudah perawatan saraf dilakukan, maka akan dilanjutkan dengan penambalan atau memasang mahkota jaket.

Harga Perawatan Saluran Akar Pada Gigi Berlubang

Melansir dari Alodokter, berikut biaya perawatan saluran akar gigi di klinik atau rumah sakit

Klinik / Rumah SakitKotaHarga Mulai Dari
BIC Clinic VidaBekasiRp425.000
Klinik Dear DentistBekasiRp200.000
RS PermataBekasiRp139.000
Rumah Sakit Umum MelaniaBogorRp300.000
RSIA Kenari Graha MedikaBogorRp245.000
Klinik Dental AestheticaDepokRp200.000
Rumah Sakit Citra MedikaDepokRp150.000
Dentalosophy SenopatiJakarta SelatanRp500.000
Klinik Advent JakartaJakarta SelatanRp.200.000
Siloam Hospitals Kebon JerukJakarta BaratRp.660.000
Rumah Sakit Patria IKKTJakarta BaratRp140.000
Primaya Evasari HospitalJakarta PusatRp440.000
Primaya HospitalTangerangRp440.000
RSIA DHIATangerang SelatanRp200.000
E Dental CareTangerangRp200.000

Sebagai contoh, biaya perawatan saluran akar gigi di klinik swasta daerah Jakarta Selatan Rp. 500.000 per kunjungan, umumnya dibutuhkan 4 sampai 5 kali kunjungan, biaya penambalan gigi  berkisar Rp. 500.000-800.000 per gigi. Ada juga biaya perawatan saluran akar dalam bentuk paket perawatan. Dimulai dari awal hingga selesai mulai dari 2,5 – 3,5 jt.




 

Perawatan Gigi Berlubang Dengan Cabut Gigi

Pencabutan gigi adalah pilihan terakhir jika kondisi gigi sudah parah dan tidak dapat dirawat lagi dengan cara lain. Sayangnya, pencabutan gigi dapat mengakibatkan sisa ruang antargigi yang bisa memicu terjadinya pergeseran gigi-gigi di sebelahnya. Jika tak ingin hal itu terjadi, maka bisa memasang gigi palsu setelah cabut gigi sesuai prosedur.

Harga Cabut Gigi
Nama Rumah Sakit/Klinik KotaBiaya Mulai
Klikin Sola GraciaTanjung Priok, JakartaRp.200.000
Klinik Dr. Abdul RadjakJakarta BaratRp.150.000
Klinik Dr. Abdul RadjakJakarta TimurRp. 120.000
Orange Dental Pasar MingguPasar Minggu JakartaRp. 212.750
Eka HospitalBSD, Tangerang SelatanRp.490.000
Orthopoint Dental ClinicPagedangan, TangerangRp.400.000

 

Beberapa rumah sakit di Jakarta, dikenakan biaya cabut gigi berkisar antara Rp. 350.000 sampai Rp. 500.000 per gigi. Untuk mengecek harga di tempat lainnya bisa kunjungi Alodokter

Biaya cabut gigi pada dasarnya tergantung dengan jenis gigi yang  akan di cabut, sebab prosedur penanganan antara cabut gigi seri dengan cabut gigi geraham bungsu akan berbeda.

Harga Cabut Gigi Di Puskesmas

Biaya cabut gigi geraham di puskesmas juga tergantung pada tingkat kesulitannya. Salah satunya adalah gigi bungsu, sebab posisi gigi bungsu terlalu dekat dengan saraf lain.

Melansir dari tarif.com, umumnya puskesmas menetapkan tarif pencabutan gigi geraham bungsu mulai dari Rp 400.000 hingga Rp 1.000.000. Semakin tinggi tingkat kesulitan, maka akan semakin mahal pula biaya yang dikeluarkan.

Cabut Gigi Menggunakan BPJS Kesehatan

Kabar gembiranya, pasien pencabutan gigi geraham bungsu  yang merupakan peserta BPJS, tidak dikenakan biaya, karena Sebab, sepenuhnya ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Dengan syarat kartu BPJS Kesehatan dalam kondisi aktif dan tidak memiliki tunggakan iuran bulanan.