Behel transparan adalah solusi buat kamu yang ingin pakai behel tapi tidak mencolok. Simak harga dan jenis-jenis behel transparan di bawah ini.

Memakai behel atau kawat gigi sudah menjadi hal yang umum, baik itu bertujuan merapikan gigi atau sekadar mempercantik gigi. Salah satu jenis behel adalah behel transparan. yang kini cukup populer menjadi alternatif pengganti kawat gigi konvensional.

Behel transparan dikenal juga sebagai invisalign yang merupakan salah satu terobosan baru dalam dunia kedokteran gigi. Keuntungan menggunakan behel transparan ialah membuat tampilan gigi terlalu mencolok.

Karena warnanya yang transparan, sebagian besar orang bisa saja tidak menyadari bahwa kamu sedang memakai behel, senyum pun terlihat lebih natural. Keuntungan lainnya adalah kamu bisa melepasnya saat makan atau sikat gigi dengan mudah.

Jenis Behel Transparan

Ada beberapa jenis behel transparan, yaitu:

Behel Keramik

Behel ini terbuat dari bahan ceramic. Behel ceramic tetap memiliki kawat juga karet yang digunakan untuk mendorong gigi.  Warna behel ceramic putih gading (putih susu) menyerupai warna lapisan terluar gigi (enamel).

Harga Behel Transparan Keramik

Untuk kisaran harga behel keramik adalah 10.000.000-an.

Behel Sapphire

Behel sapphire tidak berbeda dari kawat gigi metal maupun keramik untuk fungsi serta cara kerja,. Jika dibandingkan behel keramik, behel sapphire lebih unggul. Kekuatannya hampir sama dengan behel metal, jadi tidak akan mudah rusak.

Harga Behel Transparan Sapphire

Untuk harga tentu menyesuaikan dengan bahannya. Behel sapphire menyentuk angka belasan juta rupiah.

Self ligating braces (damon)

Self ligating braces merupakan jenis behel yang tidak menggunakan karet untuk penahan kawat. Self ligating braces memiliki  sistem “buka-tutup” sendiri yang membuat kawat tetap berada pada tempatnya.

Self ligating braces, terbilang “lebih canggih” jika dibandingkan yang masih menggunakan kawat dan karet. Waktu perawatan lebih cepat dan rasa sakit yang disebabkan penggunaan behelpun lebih minim jika dibandingkan behel konvensional.

Harga Self Ligating Braces

Jika sapphire menyentuh angka belasan juta, maka self ligating braces mencapai puluhan juta. Melihat dari kualitas bahan dan keunggulannya.

 Clear Aligner

Pernah lihat petinju menggunakan pelindung gigi? Seperti itulah clear aligner, hanya saja jauh lebih tipis, mulutpun tidak terlihat penuh. Keistimewaan clear aligner juga bisa dipasang dan dilepas sendiri oleh pasien tanpa bantuan dokter gigi. Untuk hasil yang maksimal, alat ini harus digunakan setidaknya 22 jam per hari.

Harga Behel Transparan Clear Aligner

Harga behel transparan clear aligner berkisar antara 30 – 80 jutaan.

Dari segi estetika, behel transparan memang bagus. Clear aligner bisa dibilang paling baik di antara yang lainnya. Akan tetapi, untuk hasil akhir yang maksimal, pasien harus mengikuti setiap prosedur perawatan dengan disiplin

Kekurangan behel transparan clear aligner adalah tidak bisa digunakan untuk tingkat keparahan yang tinggi.

Sebelum memutuskan menggunakan behel transparan, konsultasikan mengenai permasalahan tentang gigimu ke dokter yang berpengalaman terlebih dahulu. Sebab, selain memiliki keunggulan, behel transparan juga memiliki kelemahan masing-masing.

Yang paling penting adalah mencari tahu terlebih dahulu di mana tempat pemasangan behel transparan yang akan kamu pilih. Sebab ada beberapa yang mematok harga lebih murah, tetapi kualitas bahan menyesuaikan. Pastikan pilih yang terbaik dan cocok dengan kondisi gigimu.