Selain untuk merapikan gigi, behel juga sering dipakai untuk fashion. Berapa harga behel gigi palsu yang dapat dilepas dan dipasang mandiri?

Behel Gigi Palsu

Awal mulanya, pemakaian behel atau kawat gigi palsu bertujuan untuk merapikan struktur gigi. Hanya saja, sering perkembangannya, pemakaian behel kini tidak lagi semata-mata karena kebutuhan untuk merapikan gigi, melainkan juga untuk fashion. Secara sederhana, bisa dibilang pemakain behel untuk sekadar gaya-gayaan dan mengikuti tren.

Yang membuat  behel atau kawat gigi palsu ini menjadi tren adalah karet warna warni dan potongan icon kartun yang dipasang pada behel. Karena memang hanya untuk keperluan fashion, motif dan desain behel gigi lepas pasang (imitasi) tersebut bisa bermacam-macam, meskipun kawat serta jenis karet yang digunakan hampir sama dengan behel gigi sungguhan.

Tidak seperti behel atau kawat gigi asli yang perlu bantuan dokter untuk memasang dan perawatannya, behel gigi palsu bisa dilepas pasang sendiri sesuai keinginan. Biasanya behel gigi palsu terbuat dari sepotong kawat yang dipasang/ diselipkan  ke sekitar geraham belakang.

Harga Behel Gigi Palsu

Di pasaran, banyak behel gigi lepas pasang dengan warna-warni menarik dan desain karet unik, seperti power o, chain, Mickey Mouse, Hello Kitty, double chain, hingga yang motifnya flower. Behel gigi lepas pasang dengan karet warna-warni semacam itu biasanya dibanderol dengan harga cukup murah

Untuk pemasang behel asli memang perlu menyiapkan dana jutaan hingga belasan juta. Untuk behel palsu (imitasi) bisa sangat mudah didapatkan dengan harga belasan ribu hingga maksimal 200 ribuan. Perbedaanyang sangat jauh ini jelas karena melihat dari sisi fungsi dan kesehatannya.

Behel palsu (imitasi) banyak di jual di toko-toko online dan sudah dilengkapi dengan petunjuk cara memasang behel gigi lepas pasang tersebut.

Amankah Penggunaan Behel Gigi Palsu?

Pemasangan behel di dokter memang terbilang mahal. Hal itu dikarenakan bahan dari kualitas dari behel itu sendiri, serta jasa pemasangan dan perawatan oleh ahlinya. Jika memasang behel tiruan hanya untuk tren, tentu kamu tidak akan mendapatkan bantuan ahli dan juga kualitas behel tentulah sesuai harga.

Sedangkan ada beberapa efek samping yang mungkin saja terjadi pada pemasangan behel gigi palsu/tiruan/imitasi. Diantaranya adalah:

Menyebabkan rasa sakit

Meski mendapat tutorial dan cara pasang behel saat pembelian behel imitasi, cara memasangkannya tidak selalu mudah. Tak banyak orang yang kesulitan memasang behel sendiri. Kawat behel tidak terpasang dengan tepat sehingga bisa menggores gusi ataupun dinding mulut dan menyebabkan rasa sakit. Yang lebih menkhawatirkan adalah terjadinya infeksi dari luka yang ada pada gusi.

Menimbulkan Alergi

Kawat pada behel mengandung berbagai logam, seperti tembaga, nikel, dan kromium. Beberapa orang akan mengalami respon terhadap logam tersebut apabila memiliki alergi logam. Adapun reaksi alergi yang biasa timbul ialah rasa sakit dan telinga tersumbat.

Resiko penularan penyakit

Pemasangan behel yang tidak berizin resmi berpotensi meningkatkan risiko penyakit menular yang disebabkan penggunaan alat-alat yang tidak steril ataupun proses yang tidak sesuai prosedur.

Selain it, apabila pemakai behel melakukan aktivitas dengan mulut, seperti penggunaan alat makan yang sama, maka resiko penularan penyakit seperti Hepatitis dan HIV semakin besar.

Menimbulkan penyakit dan bau mulut

Apabila pemakai behel imitasi tidak melepas behel dalam hitungan hari atau jangka waktu yang lama, akan membuat gigi cepat kotor. Karena faktanya, sikat gigi tidak bisa selalu menjangkau setiap sudut dari gigi yang terpasang behel. Sisa-sisa makanan yang tersisa bisa menumpuk dan muncul kuman & bakteri akibat gigi yang kotor. Jika sudah demikian, akan menimbulkan bau mulut dan penyakit di dalam mulut.

Menimbulkan Gangguan Pencernaan

Kualitas behel yang buruk bisa saja mengandung material yang berbahaya. Apabila material itu bereaksi dengan air liur lalu masuk ke sistem pencernaan, maka bisa menimbulkan gangguan pencernaan.

Demikian informasi mengenai behel imitasi/ tiruan, harga dan efek samping yang bisa ditimbulkan akibat pemakaian yang tidak tepat. Tetap pertimbangkan baik dan buruk, sebelum kita melakukan suatu hal :). Apalagi untuk kesehatan tubuh :).