Ingin menyampaikan pidato bertema kebersihan tapi bingung? Berikut contoh pidato tentang kebersihan lingkungan sekolah yang bisa dijadikan referensi.

Contoh Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah

Saat ingin membawakan pidato, tentulah kita harus memiliki persiapan tentang materi yang akan disampaikan. Hendaknya pembicara fokus pada satu tema, sehingga pesan yang disampaikan pun akan mudah dipahami dan diterima oleh pendengar. Dari sekian banyak tema yang bisa dibahas dalam pidato, salah satunya adalah tentang kebersihan.

Jika ditinjau dari berbagai aspek, tema kebersihan memiliki jangkauan yang luas. Kali ini Family Life Journey akan memberikan contoh pidato tentang kebersihan lingkungan sekolah berikut dengan kerangka pidatonya.

Pembukaan

Untuk pembukaan pidato, sobat bisa pilih beberapa contoh pembukaan pidato berikut:

Contoh pembukaan ceramah.

Contoh pembukaan pidato shalawat serta salam

Contoh pidato pembukaan Alhamdulillahi robbil alamin wa bihi nasta’in

 

Jika sobat suka dengan nuansa yang humoris atau ingin membuka dengan pantun lucu, bisa mencoba pantun pembuka pidato.

Isi Pidato

Setelah selesai pembukaan dan mengucapkan salam hormat, sobat bisa masuk ke isi dari pidato. Adapun Contoh Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah adalah sebagai berikut:

Bapak, Ibu, Kakak, Adik & Teman-teman sekalian,

Sebagaimana kita ketahui, sekolah merupakan rumah kedua bagi kita. Tempat untuk menghabiskan waktu dan diisi dengan hal-hal yang bermanfaat. Di sekolah, kita sama-sama belajar dari hal yang kecil bahkan sampai impian yang besar. Tidak terbatas pada belajar di kelas, belajar sesungguhnya adalah saat kita paham dan dapat melakukan apa yang semestinya kita lakukan.

Di rumah kedua kita ini, yakni di sekolah, hendaknya kita bukan hanya belajar dan sibuk membuka buku semata, hingga lupa dan tak bisa melihat apa yang ada di sekeliling kita. Sebelum kita kita belajar, marilah kita perhatikan sudah siapkah tempat kita digunakan untuk belajar? Masih adakah sampah dan kotoran yang bertebaran? Sudahkah kita mencerminkan sikap pribadi yang baik? Sudahkah kita cerdas yang bukan sebatas pada kertas, melainkan menjadi pribadi yang bertanggung jawab.

Kebersihan sekolah merupakan tanggung jawab kita bersama. Bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan. Karena tidak akan pernah terwujud lingkungan yang bersih, jika orang-orang di dalamnya tidak menjaga kebersihan. Satu atau dua petugas kebersihan, bisakah untuk tetap terus menjaga semua lingkungan bersih, jika orang-orang di lingkungan sekitar tidak peduli kebersihan? Bagaimana bisa satu atau dua orang menjaga puluhan bahkan ratusan orang? Semua itu butuh kerja sama.

Mengapa kita perlu bekerja sama menjaga kebersihan? Itu semua karena sekolah yang bersih akan membuat kita nyaman saat beraktivitas di dalamnya. Sekolah yang bersih, membantu kita menghindari penyebaran virus dan penyakit. Sekolah kita adalah cerminan diri kita. Sama seperti halnya kita ingin menjaga penampilan, tentunya kita tidak akan percaya diri jika tampil dengan keadaan kotor di depan orang lain bukan?

Oleh karena itu, marilah kita sama-sama menjaga lingkungan kita. Dimulai dari hal kecil, seperti membuang sampah pada tempatnya dan bertanggung jawab merapikan barang-barang setelah digunakan. Dengan begitu, lingkungan sekolah akan tampak bersih, enak dipandang dan nyaman digunakan.

Penutup Pidato

Berikut  contoh penutup pidato yang bisa sobat gunakan:

Contoh penutup pidato.

Demikian Contoh Pidato Tentang Kebersihan Lingkungan Sekolah yang bisa dijadikan referensi. Semoga bermanfaat!