Cemilan 3 bahan kali ini bahannya sangat mudah didapat. Cara buatnya juga simple, bahkan sangat mudah. Cocok untuk ide kegiatan memasak bersama anak.

Resep Cemilan 3 Bahan

Cemilan 3 bahan ini bisa dengan mudah ditemukan, di warung biasa, pasar, mini market, mall juga ada. Saya pribadi, dari pada membiarkan anak terlalu banyak jaja diluar. Lebih baik mengajak anak untuk membuat cemilan bersama. Tujuannya untuk mengenalkan bahwa kalau ingin sesuatu, selalu ada proses dibaliknya.

Kalau anak minta cemilan, saya upayakan melibatkan anak dalam proses pembuatannya. Karena selain tujuannya untuk ngemil, ada banyak hal positif, pembelajaran dan manfaat dari memasak yang didapat oleh anak saat ikut berpartisipasi di dapur. Resep cemilan 3 bahan kali ini adalah untuk membuat bakso crispy.

 

7 Manfaat Memasak Untuk Anak

Olahan bakso dan variasinya memang banyak sekali, ada bakso kuah, bakso cuanki, bakso lobster, bakso ikan, bakso kuah rujak dan masih banyak lagi. Tapi kali ini, kita hanya akan membuat cemilan yang simple dan mudah, tapi tetap enak dong. Anak-anak pasti sukaaaa.

Bahan-Bahan Bakso Crispy

Sesuai dengan namanya ‘cemilan 3 bahan’, bakso crispy ini bisa dibuat hanya dengan tiga bahan utama:

-Bakso

-Tepung panir/tepung roti

-Tepung terigu

-Tusuk sate

-Garam, penyedap rasa (bila suka)

Cara Membuat Bakso Crispy

Campurkan terigu dengan air secukupnya, beri garam atu penyedap rasa, aduk hingga tercampur. Buat tekstur agak kental. Fungsi dari adonan ini adalah untuk perekat. Belah bakso menjadi dua bagian, lalu tusuk dan susun seperti sate. Jika ingin bakso lebih terasa, bisa gunakan satu bakso (tanpa dibelah) untuk ditusuk.

Setelah adonan terigu dan bakso sudah ditusuk, balurkan adonan ke bakso. Setelah itu guling-gulingkan ke tepung panir. Lakukan hal yang sama hingga selesai. Panaskan minyak dan goreng bakso yang sudah ditusuk. Agar lebih mudah saat menggoreng, posisi wajan bisa sedikit dimiringkan, agar bakso yang digoreng terendam minyak

Fungsi tusuk sate ini sebetulnya hanya agar lebih menarik untuk anak-anak. Jika tidak ada pun, tidak masalah. Bakso bisa langsung di celupkan ke adonan dan tepung panir, lalu digoreng. Setelah terlihat agak kecoklatan, balik baksonya agar matang dan crispy merata. Setelah itu bakso goreng crispy bisa dinikmati. Yummy & Crispy…Lebih nikmat dicocol saus sambal, saus tomat atau mayonaise.

Selamat mencoba!!!