Apakah kamu pebisnis online? Sudah sering promosi tapi pembeli sepi? Coba trik dan cara promosi jualan online berikut ini.

Cara Promosi Jualan Online

Di era digital, banyak pedagang yang beralih dari offline ke online untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan berjualan secara offline dan online. Selain barang yang berkualitas, cara promosi yang menarik juga dibutuhkan agar dagangan cepat laku. Berikut tipsnya :).

Utamakan Kualitas

Persiapan pertama dan yang paling penting dari sebuah bisnis adalah produk itu sendiri. Dengan menyediakan produk yang berkualitas akan meningkatkan kepuasan konsumen yang kemudian berpotensi menjadi pelanggan. Dari pelanggan itulah juga ada potensi ia merekomendasikan produk kamu ke orang lain. Dengan kata lain, cara promosi jualan online yang baik adalah dengan memberikan kualitas kualitas terbaik.

Susun Kata-Kata Yang Menarik

Agar promosi jualan online-mu lebih menarik, gunakan kata-kata yang membuat orang penasaran dan terkesan dengan produkmu. Buat situasi yang mendorongnya untuk segera membeli produk. Untuk membuat kata-kata yang menarik, kamu bisa lakukan teknik berikut:

  1. Ganti kata modern menjadi kekinian
  2. Potongan harga menjadi penawaran spesial
  3. Diskon 50% Menjadi Buy One Get One
  4. Murah Menjadi Terjangkau
  5. Ganti kata beli menjadi miliki

Contoh: Dapatkan penawaran spesial khusus hari ini, Buy One Get One, gamis syar/i modis dan kekinian dengan harga terjangkau. Miliki sekarang juga!!! Persediaan terbatas!!!

Gunakan Trik Masa Berlaku

Yang dimaksud trik masa berlaku adalah promosi yang membuat calon pelanggan ingin segera melakukan transaksi karena batas mendapatkan penawaran spesial. Secara psikologis, orang akan khawatir melewatkan momen tersebut.

Kata-kata yang biasa digunakan adalah: khusus hari ini, persediaan terbatas, waktu penawaran tersisa tinggal (sebutkan batas akhir penawaran dengan menghitung mundur) dan sebagainya.

6 Pekerjaan Online Yang Cocok Untuk IRT

 

Tentukan Target Pasar

Setelah memiliki produk yang berkualitas, kamu harus paham target pasar dari produkmu. Apakah itu dari kalangan anak-anak, remaja, orang tua atau semua kalangan? Dengan mengetahui target pasar, kamu juga akan lebih paham ke mana harus melakukan promosi. Apakah media sosial, website, email marketing atau memasang iklan/spanduk di titik-titik tertentu?

Jika target pasarmu remaja, maka cocok untukmu melakukan promosi di medsos. Jika targetmu adalah orang tua yang kemungkinan tidak terlalu mengenal teknologi masa kini, kamu bisa pasang iklan di televisi atau melalui spanduk dan menempelkannya di keramaian.

Beri Hadiah Untuk Konsumen

Agar promosi jualan online-mu lebih efektif, jangan ragu untuk memberikan hadiah pada calon konsumen. Hadiah yang diberikan bisa gratis ongkir, diskon dipembelian kedua, give away dan lain-lain. Hal ini dapat menarik perhatian publik pada produk maupun toko online milikmu. Jangan lupa berikan interaksi yang membuat calon pembeli maupun pelanggan merasa nyaman.

Meminta Ulasan Kepada konsumen

Ulasan bisa menjadi tolak ukur penilaian publik terhadap produk dan pelayananmu. Saat mendapat ulasan positif, hal itu bisa menjadi daya tarik bagi calon pembeli lain untuk segera membeli produkmu. Jika ulasan yang diberikan negatif, tidak perlu merespon kekecewaan atau sejenisnya. Tetap berikan sikap ramah dan tunjukkan bahwa kamu akan memperbaiki kesalahan yang ada.

Sikap yang demikian akan merepresentasikan dirimu sebagai penjual. Kesalahan mungkin saja terjadi diluar kendali, selama penjual mau memperbaikinya, kesalahan bisa saja dimaklum oleh yang bersangkutan maupun pembaca review. Tak ada manusia yang sempurna, tetapi tidak dibenarkan melakukan kesalahan secara sengaja.

Demikian cara promosi jualan online yang insyaAllah menarik perhatian calon pembeli. Dengan promosi yang menarik dan didukung oleh kualitas produk, produkmu akan cepat laku terjual. Bahkan tidak menutup kemungkinan menjadi best-seller.