Ingin merapikan struktur gigi yang tidak simetris? Cek kisaran biaya merapikan gigi di rumah sakit dan klinik gigi untuk mempersiapkan budget-mu.

Cara Merapikan Gigi Gingsul, Renggang Dan Berantakan

Memiliki senyum yang indah  adalah impian setiap orang. Sayangnya, tidak semua orang percaya diri melakukan hal itu. Apalagi jika memiliki struktur gigi yang tidak rata, seperti gingsul, tonggos, gigi yang renggang, bertumpuk dan sejenisnya.

Bagi beberapa kasus, struktur gigi yang tidak rata dapat mengganggu kesehatan mulut, kenyamanan dan estetika. Oleh sebab itu, banyak orang yang ingin merapikan gigi. Sayangnya, biaya yang dibutuhkan tidaklah sedikit. Familiy Life Journey telah merangkum kisaran biaya merapikan gigi untuk kamu. Sebelum membahas rincian biayanya, sebaiknya kita tahu dahulu cara apa saja yang bisa digunakan untuk merapikan gigi.

Pasang Behel Atau Kawat Gigi

Pasang behel atau kawat gigi adalah cara yang paling dikenal dikhalayak umum untuk merapikan gigi. Pemasangan behel  saat usia masih anak-anak atau remaja, antara  8 hingga 14 tahun akan mempermudah proses perapihan gigi. Jaringan tulang anak masih lunak, struktur gigipun jadi lebih mudah untuk dibentuk ulang dan diperbaiki.

Meski begitu, usia dewasa juga tetap bisa pasang behel asalkan gigi dan gusinya dalam keadaan sehat. Mayoritas  orang butuh waktu sekitar 2 tahunan untuk tetap memakai behel agar mendapatkan bentuk gigi yang lebih rapi. Dengan catatan rutin chek up dan ganti kawat gigi.

Untuk pemasangan usia dewasa, bisa lebih dari 2 tahun. Durasi perawatan bisa berbeda setiap orang, tergantung kondisi dan juga tingkat keparahan gigi yang berantakan.

Harga Pasang Behel Atau Kawat Gigi Jakarta 2021

Biaya pasang behel berbeda-beda tergantung dengan tempatnya. Sebagai gambaran, untuk rumah sakit di Jakarta, pemasangan behel mulai dari Rp.5000.000 hingga Rp.20.000.000-an.

Harga Pasang Behel Atau Kawat Gigi Bekasi 2021

Biaya pasang behel di Rumah Sakit daerah Bekasi  berkisar mulai dari Rp.3.000.000 hingga Rp.15.000.000-an.

Harga Pasang Behel Atau Kawat Gigi Tangerang 2021

Biaya pasang behel di Rumah Sakit daerah Tangerang berkisar mulai dari Rp.4.000.000 hingga Rp.15.000.000-an.

Harga Pasang Behel Atau Kawat Gigi Bogor 2021

Biaya pasang behel di Rumah Sakit daerah Bogor berkisar mulai dari Rp.3.000.000 hingga Rp.17.000.000-an

Harga Pasang Behel Atau Kawat Gigi Depok 2021

Biaya pasang behel di Rumah Sakit daerah Depok berkisar mulai dari Rp.4.000.000 hingga Rp.17.000.000-an.

Untuk cek nama Rumah Sakit ataupun Klinik dan biaya pasang behel, silakan klik link ini.

https://lifepal.co.id/media/biaya-pasang-behel/

Invisalign

Invisalign merupakan sebuah merek dagang dari alat perawatan gigi lepasan, berasal dari Amerika Serikat. Bentuknya seperti jaket gigi dengan fungsi mencegah dan memperbaiki gigi yang tidak rata atau berantakan. Sayangnya, alat ini hanya cocok untuk menangani kasus kelainan susunan gigi yang ringan-ringan, contohnya gigi yang agak renggang, terlalu rapat, atau overbite (rahang tidak sejajar antara atas dengan rahang bawah).

Alat ini hampir mirip dengan retainer yang biasa dipakai sesudah lepas behel gigi. Perbedaannya dengan retainer, alat ini terbuat dari 100 %  plastik bening  serta lebih lentur. Kawat gigi akan menarik gigi  ke posisi yang benar dengan bantuan kawat, sedangkan  invisalign  akan melapisi gigi dan memberi tekanan pada gigi yang bermasalah agar bergeser ke posisi yang sesuai.

Selama perawatan, dokter akan memberi beberapa buah cetakan invisalign, karena setiap satu hingga dua minggu sekali perlu diganti. Ukuran setiap cetakan akan berbeda-beda. Invisalign harus digunakan 20 hingga 22 jam sehari dan boleh dilepas saat makan, minum yang panas atau bergula, dan saat hendak membersihkan gigi. Alat ini juga harus dibersihkan setiap hari.

Biaya Invisalign

Melansir dari biaya.info.com, biaya invisalign berkisar antara Rp65 juta – Rp75 juta.

Membentuk Ulang Gigi (Dental Contouring)

Kasus gigi berantakan juga dapat diatasi dengan cara  dental contouring atau dental reshaping. Dental contouring merupakan prosedur kosmetik untuk memperbaiki jajaran gigi yang tidak rata. Sayangnya, metode  ini tidak dianjurkan untuk orang yang punya gigi sensitif, gusi tidak sehat, gigi bolong, atau sedang menjalani perawatan saluran akar.

Untuk dental contouring, dokter gigi pertama-tama akan mengikis sedikit enamel (lapisan terluar gigi) dengan alat amplas khusus untuk memperhalus permukaan gigi yang tidak rata. Dengan begitu, gigi yang berantakan akan terlihat jadi lebih rapi.

Biaya Dental Contouring

Untuk biaya dental contouring berkisar 3 jutaan, tergantung di mana tempat kamu melakukan dental contouring.

Dental crown

Dental crown merupakan pemasangan mahkota gigi tiruan dengan tujuan memperbaiki bentuk atau ukuran gigi yang patah, retak, atau tidak rata. Cara ini juga bisa dilakukan untuk menutupi gigi berlubang dan berubah warna (menguning atau menghitam.)

Bahan yang digunakan untuk dental crown bervariasi, diantaranya stainless steel, porselen, logam  zirconia, hingga resin. Konsultasikan terlebih dahulu  dengan dokter gigi untuk membantu menentukan bahan yang cocok sesuai dengan kebutuhan.

Biaya Dental Crown/Mahkota Gigi

Biaya  Dental Crown berbahan metal porcelain mulai dari 2 Juta per mahkota Gigi.

Biaya  Dental Crown berbahan all porcelain  berkisar 3 Juta per mahkota gigi.

Biaya  Dental Crown  zirconia harganya berkisar 4 Juta/Mahkota Gigi.

Demikian beberapa cara untuk merapikan struktur gigi tidak rata, tonggos, renggang dan permasalahan sejenis.