Barbershop Boyolali ataupun daerah lainnya pada umumnya memiliki layanan potong rambut dengan berbagai style kekinian.  BL Barbershop Boyolali, bukan cuma bisa bikin penampilanmu tambah keren, tapi juga bisa bikin kamu jadi pengusaha.

Barbershop Itu Apa Sih?

Sebagian orang yang tinggal di perkotaan atau mungkin up date dengan perkembangan zaman, tentu tidak asing dengan kata “Barbershop”. Nah, bagi kamu yang mungkin masih asing dengan barbershop atau masih belum jelas dengan arti dari barbershop, dibaca pelan-pelan ya.

Barbershop berasal dari bahasa inggris, barber dan shop. Arti Barber adalah  tukang cukur (potong rambut) sedangkan shop berarti toko.Yah, kalau bahasa yang sering digunakan di kampung-kampung (termasuk tempat saya ), panggilannya pangkas rambut atau tukang cukur.

Apa Bedanya Pangkas Rambut dan Barbershop?

Perbedaan antara pangkas rambut biasa dengan barbershop adalah konsep & tampilan, fasilitas, perawatan yang ditawarkan, referensi model rambut kekinian serta kenyamanan.

Konsep & Tampilan

Mayoritas barbershop di Indonesia, terutama di perkotaan mengusung tema tema tertentu, seperti  klasik, modern, minimalis atau vintage. Tentunya hal seperti itu sulit  dijumpai di tempat pangkas rambut konvensional.

Konsep beserta tampilan yang disajikan barbershop, berfokus pada kebersihan, kenyamanan dan juga fasilitas yang ditawarkan.

Fasilitas

Kebanyakan barbershop  menyediakan  tempat ber-AC dan nyaman. Kenapa disebut nyaman? Karena pengunjung akan dimanjakan dengan desain ruangan, TV kabel, koneksi Wi-Fi gratis dan musik. Pengunjung bisa menikmati fasilitas serta layananan dan menghabiskan waktu dengan nyaman.

Perawatan Khusus

Umumnya, selesai potong rambut di tempat pangkas rambut, sebagian besar rambut masih ada yang menempel di wajah, leher dan pakaian. Pengunjung pasti segera pulang untuk bersih-bersih agar terhindar dari rasa gatal.

Lain halnya dengan barbershop, pengunjung bisa mendapatkan perawatan lengkap, berupa hair wash bahkan styling menggunakan pomade. Selain itu, ada juga layanan massage. Keluar dari barbershop, pelanggan akan tampil percaya diri dengan penampilan baru tanpa perlu buru-buru pulang karena ingin bersih-bersih.

Tren Rambut Kekinian

Sesuai dengan sebutannya yang kekinian, barbershop juga menawarkan jasa potong rambut dengan model yang kekinian. Barber menawarkan referensi model rambut yang menyesuaikan dengan jenis (tekstur) rambut, bentuk wajah, postur tubuh, dan menyesuaikan kebutuhan. Misalnya, gaya rambut untuk pelajar mungkin saja berbeda dengan pekerja.

Model-model rambut kekinian yang sering ditawarkan di Barbershop antara lain: classicpompadourundercut, recon ataupun berupa kombinasi maupun saran terbaik agar memenuhi ekspektasi pelanggan

Sejarah Barbershop

Barbershop berasal dari bahasa latin, yaitu  “barba”  artinya “janggut”.  Untuk pertama kalinya, barbershop  berdiri di Wilayah Macedonia kira-kira 400 tahun sebelum masehi, kemudian menyebar ke beberapa daerah lain

Awal mulanya para pekerja di barbershop pada zaman itu, tidak hanya bekerja memangkas rambut saja, melainkan juga bekerja sebagai tenaga medis. Mereka   melayani operasi bedah kecil, contohnya mengobati luka atau cabut gigi.

Adapun ilmu yang mereka praktekkan adalah hasil pembelajaran dari para pendeta selama abad pertengahan. Tokoh dunia yang dikenal pada zaman dahulu sukses menjadi tukang cukur sekaligus ahli bedah, salah satunya ialah Ambroise Pare.

Sayangnya pada masa itu timbul suatu masalah. Mayoritas para pendeta tidak mengobati pasien sesuai dengan aturan awal didirikannya barbershop. Hingga akhirnya Paus memberikan sanksi kepada 1163 pendeta. Seiring dengan perkembangan zaman, barbershop pun akhirnya dipisah dengan ahli bedah medis.

Sejarah Dan Makna Lampu Barbershop 

Lampu barbershop memang memiliki ciri khas tersendiri, yaitu terdiri dari warna merah, putih & biru. Pada umunya, lampu ini terlihat di samping bagian depan  barbershop.

Lampu ini ialah  salah satu bukti, pada zaman dahulu para pemangkas bukan hanya melayani potong rambut saja, bahkan menjadi ahli bedah.

Filosofi dari warna rambut tersebut ialah: warna merah berarti darah, biru berarti pembuluh darah dan putih diibaratkan perban yang steril. Adapun bentuk spiral lampu memiliki makna perban yang dicuci dan diperas.

Sejarah Barbershop di Indonesia

Barbershop sudah ada di Indonesia sejak zaman penjajahan belanda. Salah satu barbershop legendaris yaitu Ko Tang yang terletak di kawasan Petak Sembilan, Jalan Pintu Besar Selatan, Jakarta Barat.

Ko Tang didirikan oleh pengusaha TiongHoa, yaitu Po Kin Tien. Didirikan sejak  tahun 1936,  hingga sekarang Ko Tang masih melayani para pelanggannya.

Apakah Barbershop bisa untuk perempuan?

Pada umumnya, barbershop sering dikenal dengan layanannya khusus untuk pria saja. Tetapi, jika kamu seorang wanita, kamu tidak perlu khawatir. Karena masih ada beberapa barbershop yang menerima potong rambut untuk perempuan dan anak-anak, diantaranya ada:

  • Goonting Barbershop for man, woman and kids yang berlokasi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, untuk konfirmasi kamu bisa hubungi 0819 0503 0085
  • Barbershop Salon Nagata berlokasi di Raya Sukahati No.101, Sukahati, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, silakan hubungi 0812 1232 2812   untuk konfirmasi ya.

Selain yang disebutkan di atas, tentunya masih ada barbershop yang juga melayani cutomer wanita. Sebelum masuk ke barbershop, pastikan kamu membaca keterangan terlebih dahulu. Jika barbershop itu menerima customer wanita pasti akan tertulis di bagian depan atau sudut tertentu dari barbershop.

Jika ingin memastikan, kamu bisa langsung bertanya pada pegawainya ya:)

BL Barbershop Boyolali

Setelah mengenal tentang barbershop, kali ini saya ingin mengenalkan salah satu barbershop berkualitas di Boyolali, yaitu BL Barbershop. Selain menyediakan jasa seperti barbershop pada umumnya, BL Barbershop juga membuka kursus potong rambut atau yang dikenal dengan BL Barber School.

BL Barber School merupakan tempat kursus potong rambut yang memiliki banyak cabang, diantaranya: Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur. Sudah didirikan sejak tahun 2009, BL Barberschool sudah meluluskan lebih dari 1.700 Barberman professional.

Alasan memilih BL Barber School Untuk  Belajar Potong Rambut Barbershop

  • Berpengalaman selama ± 9 tahun di dunia barbershop dan sudah meluluskan lebih dari 1.700 barberman handal dan professional
  • BL Barber School sudah terdaftar di DINAS PENDIDIKAN dan DINAS TENAGA KERJA sebagai Lembaga Pelatihan Resmi.
  • Kurikulum sudah berstandar KKNI, trainer sudah tersertifikasi BNSP,
  • BL Barber School sudah berbentuk CV serta mempunyai legalitas sebagai tempat kursus & pelatihan skill Barber.
  • Trainer merupakan para profesional yang memberikan materi pembelajaran lengkap dan detail step by step supaya mudah dipahami, dipelajari, &
  • Standar lulusan BL Barber School dipersiapkan agar bisa bersaing di dunia barbershop dan dilatih untuk siap kerja atau siap berwirausaha barbershop.
  • Dibantu atau dicarikan tempat kerja sesudah lulus dari BL Barber School.
  • Disediakan paket franchise dengan berbagai tipe apabila ingin berwirausaha.

 

 

Paket Kursus BL Barbershop Boyolali

Paket Kursus BL Barbershop Boyolali terdiri dari dua bagian:

  • Paket Lengkap

Paket lengkap kursus potong rambut tersedia paket regular, paket siap kerja dan paket siap buka usaha. Harga dimulai dari Rp. 1.500.000 hingga Rp. 15.000.000.

  • Paket Rekomendasi

BL Barbershop akan merekomendasikan paket apa saja yang paling banyak diminati.

Info menariknya, ada diskon khusus buat kamu yang mengambil paket barengan atau paket kerja sama. Untuk informasi lengkap dan detail harga klik di sini.

Fasilitas Kursus Di BL Barbershop Boyolali

Untuk yang mengikuti kursus di BL Barbershop akan mendapatkan fasillitas sebagai berikut:

  • Mendapat Mess/ penginapan gratis
  • Alat praktik disediakan
  • Pembelajaran lengkap
  • Sertifikat resmi
  • Konsultasi gratis
  • Jam belajar bebas
  • Modul belajar
  • Dibantu carikan kerja
  • Model praktek langsung dengan orang
  • Garansi pasti bisa

Alamat Cabang BL Barbershop

Untuk Jogja beralamat di JL. Jomegatan, Ds Nitiprayan RT 04, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, D.I. Yogyakarta

Untuk Boyolali beralamat di Ds Jaten RT 08, Mojo, Andong, Boyolali (Rumah Bp. Raban) Jawa Tenga

Untuk Bekasi beralamat di JL. Harumanis 1, Kp. Kalijaya Permai, RT 05/06, Kalijaya, Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat

Cabang Lumajang berada di Dusun Ledok RT/RW 01/03 Banjarbaru, Lumajang, Jawa Timur

Sosial Media Pusat BL Barbershop

Untuk mengenal lebih jauh tentang BL Barbershop, silakan kunjungi sosial medianya di:

Web: https://kursusrambut.com/

IG : @blbarberschool

FB : BLbarberschool

YouTube : BL Barber School

 

Paket Franchise BL Barbershop Boyolali

 

Paket Franchise BL Barbershop meliputi Paket Hemat A, Paket Hemat B dan Paket Premium. Untuk informasi lebih detail mengenai apa saja yang didapat untuk menjadi Franchise BL Barbershop, silakan klik di sini

 

Alasan Memilih Membuka Usaha Barbershop

Setelah mengetahui informasi seputar Barbershop, paket belajar dan juga paket Franchise di barbershop Boyolali dan cabang lainnya, yakin belum tertarik membuka usaha barbershop?

Berikut beberapa alasan mengapa barbershop adalah salah satu usaha yang patut dipertimbangkan:

  • Barbershop bukan bisnis musiman
  • Resiko rendah, sebab merupakan bisnis jasa yang praktis dan tidak menjual barang berwujud.
  • Pengelolaan usaha mudah
  • Tidak terpengaruh oleh fluktuasi ekonomi
  • Prospek bagus baik sekarang ataupun di masa depan sebab selama masih ada manusia, usaha potong rambut akan tetap dibutuhkan dan berkembang.
  • Bisa dijadikan usaha sampingan

 

Demikian informasi seputar barbershop baik secara global maupun barbershop Boyolali yang menyediakan paket belajar serta franchise, semoga bermanfaat dan jadi bahan pertimbangan!

 

Referensi: https://www.checkinjakarta.id/id

https://zainbarberbali.com/