Ayat kursi memiliki banyak keutamaan jika diamalkan secara konsisten. Berikut bacaan ayat kursi lengkap, dari bacaan, latin, arti, murottal hingga manfaat mengamalkan ayat kursi.

Ayat Kursi Surat Apa?

Ayat kursi merupakan bagian dari ayat Alquran surah Al-Baqoroh ayat 255. Mengutip dari kisahhikmah.com, alasan mengapa disebut ayat kursi  (آيَةُ الْكُرْسِىِّ) adalah karena terdapat kata kursiyyuhu (كُرْسِيُّهُ).

Dalam Tafsir Al Munir, dijelaskan oleh Syaikh Wahbah Az Zuhaili bahwa makna Al Kursi ialah Al ‘Ilmu (ilmu). Pendapat lain yang dikutip Syaikh Wahbah menyebutkan, bahwa Al Kursi pada Surah Al-Baqorah ayat 255  adalah keagungan Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Bacaan Ayat Kursi

Bacaan Ayat Kursi Latin/Indonesia

Arti Bacaan Ayat Kursi

 

Menghapal Ayat Kursi

Jika sobat Family Life Journey ingin menghapal ayat kursi maka bisa dengan melihat bacaan dan membacanya secara berulang atau mendengarkan murottal.

Murottal Ayat Kursi

Berikut bacaan murottal ayat kursi

Kisah Tentang Ayat Kursi

Kisah terdapat dalam kitab Shahih Bukhari,  Kitab Tanbihul Ghafilin yang disusun Abu Laits As-Samarqandi dan beberapa kitab lainnya

Dikisahkan, Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu (RA) diberi tugas oleh Rasulullah SAW untuk menjaga gudang zakat pada bulan Ramadhan. Tiba-tiba datanglah seorang pencuri mengambil gandum, dengan sigap Abu Hurairah berhasil menangkap sosok tersebut. “Aku akan mengadukanmu pada Rasulullah,” kata Abu Hurairah.

Pencuri itu memohon belas kasih dan berkata: “Saya hanya orang miskin, saya memiliki keluarga yang menjadi tanggungan, saya sangat membutuhkan makanan.”

Abu Hurairah merasa iba, dan kemudian melepaskannya. Keesokan harinya, Abu Hurairah melapor pada Rasulullah, beliaupun bertanya: “Kau apakan tawananmu semalam, ya Abu Hurairah?” Abu Hurairahpun menceritakan secara detail apa yang terjadi semalam.

Nabi Muhammad SAW pun memberi tahu Abu Hurairah bahwa nanti malam pencuri itu akan datang lagi. Saat malam tiba, Abu Hurairah pun mempeketat penjagaannya. Benar saja, pencuri itu datang lagi, dan mengambil makanan seperti kemarin.

Abu Hurairah menangkapnya dan mengancam akan mengadukan pada Rasulullah.Pencuri itu memohon ampun dan berjanji besok tidak akan kembali lagi.  Abu Hurairah merasa kasihan dan lagi lagi melepaskannya.

Keesokan harinya, Rasulullah kembali menegaskan: “Pencuri itu berdusta, nanti malam ia akan kembali lagi”.

Karena sudah diberitahu rasul, Abu Hurairah memperketat penjagaan. Benar saja, pencuri itu kembali datang. “Kali ini aku pasti mengadukanmu pada Rasulullah,” kata Abu Hurairah.

Pencuri itu lagi-lagi memohon. “Lepaskan saya, maka saya akan mengajari tuan beberapa kalimat yang sangat berguna.”

Abu Hurairah penasaran dan bertanya “Kalimat-kalimat apakah itu?”

“Apabila tuan hendak tidur, bacalah Ayat Kursi: Allahu Laa Ilaaha illaa Huwal-Hayyul Qayyuuum… dan seterusnya (sampai akhir ayat). Maka dengan itu, tuan akan selalu dipelihara oleh Allah, dan juga tidak akan ada setan yang berani mendekati tuan hingga datang pagi.” Mendengar itu, Abu Hurairahpun melepaskannya.

Keesokan harinya, ia kembali menghadap Rasulullah dan melapor. “Apa yang dilakukan tawananmu semalam?” tanya Rasulullah. “Ia mengajariku beberapa kalimat yang menurutnya akan sangat berguna, kemudian saya melepaskannya,” jelas Abu Hurairah.

“Kalimat apakah itu?” tanya Nabi. Abu Hurairah Menjawab “Saat hendak tidur, bacalah Ayat Kursi: Allahu laa Ilaha illaa Huwal-Hayyul Qayyuum….. dan seterusnya (sampai akhir ayat) Dan ia sampaikan pula: “apabila engkau membaca itu, maka Allah akan selalu menjagamu, dan syetan tidak akan mendekati hingga pagi hari.”

Mendengar itu, Rasulullah SAW pun berkata, “Kali ini pencuri itu berkata benar, sekalipun ia tetap pendusta.” Kemudian Rasul bertanya pada Abu Hurairah, “Tahukah kamu, siapa sebenarnya pencuri itu?” “Tidak,” jawab Abu Hurairah. Nabi  berkata, “Dia adalah setan.”



 

Manfaat Ayat Kursi

Ayat kursi memiliki banyak manfaat dan keutamaan, diantaranya adalah:

Mendapat Perlindungan Dari Allah

Seperti kisah di atas, bahwa jika seseorang membaca ayat kursi sebelum tidur, maka ia akan dilindungi dari godaan syetan hingga pagi hari.

Apabila istiqomah membaca ayat kursi setiap selesai sholat, maka akan senantiasa terlindungi dari segala bentuk kejahatan dan kekejaman. InsyaAllah akan diselamatkan dari kejahatan manusia, binatang buas serta terhindar dari godaan setan.

Melindungi tempat tinggal baru

Bila rumah baru dibacakan ayat kursi sebanyak 100 x, Allah akan memberikan perlindungan kepada siapapun yang ada di rumah itu (InsyaAllah).

Dimudahkan untuk Memahami Sesuatu

Rutin membaca ayat kursi akan mendekatkan diri kita pada Allah. Saat seorang hamba dekat dengan Allah, bukan hanya dilindungi, tetapi juga diberikan kemudahan dalam belajar dan memahami sesuatu.

Diperbanyak Rezeki oleh Allah SWT

Manfaat mengamalkan ayat kursi selanjutnya adalah insyaAllah akan dibukakan pintu rezeki oleh Allah SWT. Adapun rezeki tidak harus berbentuk materi, bisa berupa ketenangan hati, teman yang baik, keluarga yang harmonis, kesehatan dan hal-hal baik yang dapat kita rasakan.

Dijaga saat Dalam Perjalanan

Jika ayat kursi dibaca sebelum dan saat perjalanan, maka Allah SWT akan memudahkan perjalannya dan melindungi selama perjalanannya.

Demikian ayat kursi lengkap dengan bacaan dan manfaatnya. Semoga kita bisa istiqomah untuk mengamalkan ayat kursi dalam kehidupan sehari-hari.