Bahasa Arab adalah bahasa Alquran. Dengan memahaminya, seorang muslim dapat lebih menjiwai saat beribadah. Banyak cara untuk mempelajarinya, salah satunya dengan aplikasi belajar bahasa Arab online.

Aplikasi Belajar Bahasa Arab Online

Tanpa disadari, Bahasa Arab sudah menjadi keseharian bagi seorang muslim. Saat membaca Alquran dan shalat, semuanya menggunakan bahasa Arab. Agar lebih menjiwai, seorang muslim perlu memahami makna dari apa yang dibacanya. Baik itu bacaan shalat, doa dan Alquran.

Selain itu, mempelajari bahasa Arab tak hanya hanya soal ibadah bagi seorang muslim. Belajar bahasa Arab juga bisa digunakan untuk keperluan lain, misalnya ingin melakukan hubungan bisnis dengan bangsa Arab, untuk keperluan studi, atau mungkin ingin mencari calon pasangan dari Arab, hehehe (bercanda).

Belajar bahasa asing di zaman modern ini, tidaklah sulit. Banyak sumber informasi dan ilmu pengetahuan yang bisa didapatkan hanya bermodal smartphone. Kali ini, penulis ingin berbagi informasi tentang aplikasi belajar bahasa Arab online.

Kamus Arab- Indo

Aplikasi belajar bahasa Arab online yang pertama adalah kamus. Sudah tidak aneh lagi, sejak zaman dahulu orang menggunakan kamus untuk mempelajari kosa kata bahasa asing. Dahulu, orang harus membuka kamus tebal dan mencari berdasarkan abjad, tetapi saat ini sudah hadir kamus dalam bentuk aplikasi yang simpel dan mudah digunakan.

Kamus Arab- Indonesia merupakan aplikasi utama untuk belajar bahasa Arab. Kamu hanya perlu mengunduh dan memasang aplikasi tersebut melalui ponsel. Setelah itu, kamu bisa memulai belajar bahasa Arab dengan mencari padanan kata dalam bahasa Indonesia, kemudian dialih bahasakan ke bahasa Arab.

Google Translate

Aplikasi belajar bahasa Arab online yang kedua ini sangat populer. Karena bukan hanya bahasa Arab, melalui Google Translate kamu bisa menerjemahkan berbagai bahasa dari negara yang berbeda.

Uniknya, Google Translate memiliki fitur yang dapat memudahkan kamu. Pertama, fitur menerjemahkan teks bahasa secara online. Kedua, menerjemahkan teks secara offline. Ketiga, fitur yang dapat mengarahkan kamera ponselmu untuk memotret tulisan yang ingin diterjemahkan.

Duolingo

Selanjutnya aplikasi belajar bahasa arab online yang sering digunakan adalah Duolingo. Merupakan salah satu aplikasi belajar bahasa asing, Duolingo menawarkan pendekatan pembelajaran yang sederhana dan cepat bagi para penggunanya. Cocok untuk pemula.

Pada aplikasi ini, pembelajaran berfokus pada istilah-istilah kosakata, pengucapan berbentuk audio, dan permainan-permainanuntuk melatih daya ingat. Selain itu, ada pula tantangan harian untuk pembelajar agar terus dapat berinteraksi dengan Duolingo.  Untuk belajar menggunakan Duolingo, silakan download aplikasinya di Playstore atau Appstore.

Baca juga: Tips Mengajar Bahasa Inggris Usia TK atau SD

Belajar Bahasa Arab Lengkap

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini dapat membantu kamu belajar bahasa Arab online secara gratis. Apakah harus online? Tenang saja, aplikasi ini bisa diakses baik secara online maupun offline. Kamu akan belajar mulai dari kosa kata, membuat kalimat, hingga tata bahasanya.

Fitur-fitur yang tersedia di dalamnya ada Qowaid (tata bahasa), hiwar (percakapan), qiroah (bacaan) yang berisi artikel dalam bahasa Arab, dan juga kamus.

Mondly

Aplikasi belajar bahasa Arab online, Mondly sudah di-download lebih dari 10 juta kali. Banyaknya peminat dikarenakan bukan hanya bahasa Arab, Mondly juga menyediakan lebih dari 30 bahasa untuk dipelajari.

Aplikasi ini cocok digunakan dari tingkat pemula bahkan sampai yang mahir. Ada latihan untuk membaca, mendengar, menulis, menggabungkan kata kerja dan berbicara. Beberapa alasan yang membuat Mondly patut dipertimbangkan adalah audio jernih dan vokal profesional, belajar bahasa lewat frase yang digunakan sehari-hari

Belajar Bahasa Arab Praktis Dan Lengkap

Sesuai judulnya, aplikasi belajar bahasa Arab online yang satu ini  digunakan oleh banyak orang. Kabar gembiranya, kamu Cuma butuh online untuk men-download aplikasi ini. Setelah di-download, aplikasi bisa dipakai secara offline.

Selain belajar kosa kata dan percakapan, aplikasi ini dilengkapi dengan kitab-kitab yang memang membahas tentang pembelajaran bahasa Arab. Kitab-kitab tersebut biasanya dipelajari di pondok pesantren, diantaranya Nahwu, Shorof, Jurumiyah, Imrithi, Qowaid dan lain-lain.

Selain keenam aplikasi di atas, masih banyak aplikasi lain untuk belajar bahasa Arab. Kamu hanya perlu menguatkan niat, memilih salah satu sebagai panduan dan konsisten. InsyaAllah kamu dapat memahami dan mempraktekkannya. Selamat mencoba!