Bingung apa itu tahsin dan tahfidz? Simak definisi beserta penjelasan tentang tahsin dan tahfidz  beserta istilah lain dalam belajar Alquran, seperti tajwid, tartil dan hafidz.

Apa Itu Tahsin Dan Tahfidz

Sebagian orang mungkin masih bingung, apa itu tahsin dan tahfidz, tajwid, tartil dan lainnya. Ya, memang benar. Ada beberapa istilah yang sering digunakan dalam membaca Alquran, diantaranya: tahsin, tahfidz,  tajwid, tartil dan Haafidz. Buat sobat Family Life Journey yang masih bingung, simak penjelasan berikut!

 



 

Arti Tahsin

Tahsin diambil dari Bahasa Arab, yaitu Hassana-Yuhassinu-Tahsiinan. Hassana- Yuhassinu merupakan kata kerja yang berarti  membaguskan, memperbaiki, menghiasi atau membuat lebih baik dari sebelumnya. Sedangkan, tahsiinan atau sering disebut tahsin, merupakan bentuk mashdar yang berarti perbaikan.

Adapun yang dimaksud tahsin dalam Alquran adalah belajar memperbaiki cara membaca Alquran agar lebih tepat dan sesuai dengan kaidah. Yang dimaksud dengan kaidah disini ialah, sesuai makhroj hurufnya dan hukum bacaan tajwidnya.

Arti Tajwid

Tajwid berasal dari bahasa arab, yaitu “Jawwada-yujawwidu-tajwiidan”. Tajwid secara harfiah ialah melakukan sesuatu dengan baik serta indah. atau arti lainnya adalah bagus dan membaguskan,

Dalam ilmu qira’ah, tajwid memiliki arti mengeluarkan huruf dari tempatnya sesuai sifat-sifat yang dimilikinya. Secara sederhana, ilmu tajwid adalah ilmu yang mempelajari cara melafadzkan serta mengucapkan huruf-huruf yang terdapat dalam Al-Qur’an, meliputi:

  • Makharijul huruf (tempat keluar-masuk huruf)
  • Shifatul huruf (cara pengucapan huruf)
  • Ahkamul huruf (hubungan antar huruf)
  • Ahkamul maddi wal qasr (panjang dan pendek dalam bacaan Alquran)
  • Ahkamul waqaf wal ibtida’(memulai dan menghentikan bacaan dalam Alquran)

Pembagian Makhorijul Huruf & 17 Sifat Huruf Hijaiyyah

Arti Tartil

Sama halnya dengan istilah lain yang telah disebutkan, tartil juga merupakan bahasa Arab, Rottala-Yorottilu-Tartiilaan. Yang dimaksud tartiil dalam membaca Alquran adalah membaca secara perlahan sesuai tajwid dan makhraj yang jelas dan tepat (tidak tergesa-gesa).

Arti Tahfidz

Tahfidz diambil dari Bahasa Arab, Haffadzo-Yuhaffidzu-Tahfiidzan. Haffadzo-Yuhaffidzu merupakan kata kerja yang berarti menghafal. Tahfiidzan atau sering disebut tahfidz merupakan bentuk mashdarnya. Tahfidz berarti hafalan. Kata tahfidz sering disandingkan dengan penghafal Alquran. Jika ada pondok pesantren tahfidz, maka itu artinya adalah pondok pesantren untuk belajar hafalan/ menghafal Alquran.

 




 

Arti Haafidz

Berbicara tentang tahfidz, pasti tak asing lagi dengan kata “haafidz/ hafidz Qur’an”. Jika tahfidz merupakan kegiatan untuk menghafal Alquran, maka Hafidz adalah sebutan untuk orang yang menghafal Qur’an.

Demikian apa itu tahsin dan tahfidz beserta istilah lainnya yang sering digunakan dalam mempelajari Alquran, seperti tajwid, tartil dan hafidz. Dengan memahami arti istilah-istilah tersebut, tentu kita juga secara otomatis dapat memahami perbedaan antara satu istilah dengan istilah yang lainnya. Semoga bermanfaat!