Ingin memiliki anak seorang hafidz atau hafidzah? Yuk simak tips cara mudah membimbing anak agar cepat hafal Alquran.

Cara Cepat Menghafal Alquran

Orang-orang yang menghafal Alquran kelak akan diberikan mahkota oleh Allah dan mendapatkan kemuliaan. Faktanya, untuk dapat menghafal dan menjaga hafalan Alquran tidaklah mudah.

Apalagi jika menghafal di usia dewasa, tentulah tidak sama mudahnya seperti menghafal yang dimulai sejak dini. Dilansir dari abanaonline.com  yang membagikan tips cara cepat menghafal Alquran dari Arham bin Ahmad Yasin LC penulis buku “Agar Sehafal Al Fatihah (metode jitu menghafal Al Quran).

Metode yang tertulis pada buku tersebut sudah diterapkan pada murid-murid di Kuttab Al-Fatih Bandar Lampung. Adapun metode cara cepat menghafal al Quran untuk anak usia dini dari beliau adalah:

Menerapkan Etika Menghafal Al Quran pada Anak

Sebelum menghafal al-quran,  baiknya orang tua mengajarkan kepada anak untuk menerapkan etika-etika dalam membaca Al Quran. Tujuannya agar Allah memberikan kemudahan pada anak kita dalam menghafalnya, dan menjauhkan dari godaan setan yang terkutuk. Yang termasuk dari etika tersebut adalah

  • Niat sepenuh hati karena Allah ta’ala
  • Berdoa
  • Berwudhu/ Menjaga kesucian & kebersihan sebelum membaca Al Quran
  • Membaca ta’awudz ketika akan mulai menghafal Al Quran
  • Membaca basmalah pada setiap awal surat

Belajar Tajwid Dan Contohnya: Hukum Nun Mati Dan Tanwin

 

Sugesti Positif

Agar dapat menghafal dengan mudah, orang tua atau pendidik perlu meyakinkan anak. bahwa mereka pasti bisa menghafal Al quran. Keyakinan yang kuat akan mendorong pada kemampuan yang luar biasa.Sebab, mengeluh justru akan membuat semakin terasa sulit.

Membaca Al Quran Dengan Hukum Tajwid

Anak usia dini memiliki memori yang tajam dan merupakan dalam masa keemasan.Oleh sebab itu, saat mengajarkan pengucapan ayat-ayat Alquran haruslah sesuai dengan makhroj dan bacaan tajwidnya. Hal itu untuk menghindari kesalahan yang berkepanjangan.

Mencari Waktu yang Tepat untuk Menghafal

Orang tua atau guru perlu memberikan jadwal khusus untuk  menghafal Al Quran.  Meski begitu, tetap perhatikan kondisi dan kesiapan anak. Waktu yang disarankan untuk menghafal Al Quran ialah setelah Maghrib sampai Isya atau setelah Subuh. Pada kedua waktu tersebut, anak-anak sedang dalam waktu kosong dengan kondisi yang segar. Apabila anak  mampu memanfaatkan waktu lebih banyak, maka lebih baik.

Teknik Menghafal Al-Qur’an yang Tepat

Yang termasuk dari teknik dalam menghafal Al Quran ini ialah menentukan target. Adapun targetnya sesuai kemampuan, misalnya satu hari satu ayat. Setiap hari ulang bacaan yang sudah dihafal kemudian tambahkan dengan ayat baru yang sedang/sudah dihafal. Lakukan secara konsisten setiap hari.

Anak Menghafal Al Quran Dengan Suara Lantang dan Pelan

Menghafal dengan suara lantang secara perlahan dapat membantu daya ingat anak. Sehingga hafalannya dapat membekas dalam ingatannya. Membaca dengan suara lantang juga mempermudah untuk mengoreksi bacaan apakah sudah benar atau belum.

Memperdengarkan Hafalan Kepada Orang Lain

Untuk memastikan hafalan si kecil, maka bisa dengan memperdengarkan (Tasm’i) hafalannya kepada orang tua atau guru. Minta anak untuk membacakan ayat-ayat yang telah dihafalkan.

Memakai Satu Mushaf Standar

Selanjutnya agar menghafal terasa mudah sebaiknya gunakan satu mushaf standar. Dengan begitu, orang yang menghafal Al Quran secara otomatis dapat merekam letak ayatnya. Apabila mushaf yang digunakan berganti-ganti, maka mengingat/ menghafal letak/posisi ayat menjadi sulit. Sedangkan dengan mengingat posisi/letak ayat akan mempermudah untuk mengingat hafalan.

Demikian cara mudah membimbing anak agar cepat menghafal Alquran berdasarkan pengalaman mengajar di Kuttab Al Fatih dan dari kitab “Agar Sehafal Al Fatihah”, Arham bin Ahmad LC]

Sumber:

https://www.abanaonline.com/2017/05/cara-cepat-menghafal-al-quran-untuk-anak.html