Islam adalah agama yang menjunjung tinggi adab atau etika. Bahkan saat hendak menyusui anak, ada etikanya. Adab menyusui dilakukan sebelum dan saat sedang menyusui.

Adab Menyusui

Adab dalam menyusui ini dilakukan agar Allah memberikan keberkahan dan kebaikan pada bayi dan ibunya. Ibunda dari Imam Syafii, Syaikh Said Nursi dan ulama terkenal lainnya mempraktekkan adab menyusui. Dengan ketelatenan ibunda dalam mendidik anak, tumbuhlah para ulama sholeh yang dimuliakan Allah.

Memiliki anak yang sholeh/sholeha adalah impian setiap orang. Kita bisa memulainya dari hal yang terkecil namun bermanfaat sangat besar. Hal ini sudah terbukti dilakukan oleh ibunda para ulama sehingga menghasilkan anak yang cerdas dan tokoh agama.

Adapun adab yang dilakukan sebelum dan saat menyusui adalah:

Berwudhu sebelum menyusui

Saat hendak berwudhu, sertakan niat untuk mensucikan putra-putri kita. Menurut KH. Qomarrudin, jika orang tua  mengamalkan ini, InsyaAllah anaknya akan menjadi hafidz/hafidzah.

Membaca basmalah

Selalu sertakan nama Allah saat akan mengawali sesuatu, termasuk menyusui. Karena selain berpahala, kebaikan akan selalu mengiringi orang-orang yang mengingat Allah

Membaca doa

Doa yang dibacakan adalah surah Albaqoroh : 32.

“Subhanakan laa ilma lanaa illa maa allamtana, innaka anta aliimul hakim” bacakan sebanyak 7x pada payudara ibu atau makana yang aka diberikan pada bayi (Jika sudah mulai makan).

Membaca surah Alfatihah

Bacalah surat Alfatihah selama menyusui. Baca dengan suara jelas dan bisa didengar oleh bayi. Boleh dibacakan satu kali atau sebanyak-banyaknya, lalu tiupkan ke dada dan ubun-ubun anak.

Dari ibu yang melakukan amal sholeh akan tercipta generasi yang sholeh pula. Ibunda para ulama, mereka sengaja berlama-lama dalam menyusui, agar semakin lama bayinya diperdengarkan bacaan Alquran.

Bukan Cuma alfatihah, ibu juga sangat diperbolehkan membaca surah-surah Alquran yang lainnya. Sehingga anak akan terbiasa dengan ayat-ayat Allah.

Sungguh hal ini menjadi renungan bagi kita, agar turut serta menghadirkan diri untuk si kecil dalam segala situasi. Sesuatu yang dilakukan dengan penuh rasa cinta, harapan dan doa, maka akan tersampai dengan baik ke anak.

Baca juga: Tips Agar Produksi ASI Melimpah

Adab menyusui menjadi evaluasi bagi para ibu. Karena terkadang masih ada ibu yang memainkan ponsel saat menyusui. Selain karena efek radiasi yang akan memperlambat perkembangan otak bayi, bermain handphone saat menyusui juga berarti bahwa ibu tidak sepenuhnya menghadirkan diri. Sedangkan hadir seutuhnya untuk anak akan memperkuat ikatan antara keduanya (ibu dan anak).

Selain itu, ibu  yang mengamalkan adab menyusui InsyaAllah akan memiliki anak sholeh dan juga cerdas. Yukk mari kita amalkan agar dapat membentuk manusia yang berkualitas untuk generasi masa depan.

Sumber: Dakwah Silampari