Menghabiskan waktu bersama keluarga adalah hal yang menyenangkan. Kalau kamu penyuka karya-karya Walt Disney, recomended banget nih. Film kartun Disney ini cocok ditonton bareng keluarga.

Tetap Asyik Di Rumah Bersama Walt Disney

Sayangnya karena pandemi belum berakhir, kegiatan di luar rumah jadi dibatasi. Meski begitu, tetap ada kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan bersama di rumah. Salah satunya adalah menonton film bersama. Agar waktu lebih berkualitas, tontonan juga lebih baik yang berkualitas.

Film Kartun Disney Pilihan

Berikut film-film kartun dari Disney yang cocok ditonton bersama keluarga. Disney memang terkenal dengan film animasinya yang keren. Banyak film kartun Disney yang membuat penonton jatuh hati. Adapun film kartun Disney yang memiliki pesan moral bagus untuk anak adalah:

1. Finding Nemo

Film animasi ini bercerita tentang ayah ikan yang sangat menyayangi anaknya. Sang ayah, Marin ingin melindungi Nemo dari kejamnya dunia. Hingga suatu ketika, Nemo tertangkap dalam jaring-jaring dan dibawa keluar dari laut. Sang ayah hanya bisa melihat namun tidak bisa menolong anaknya.

Meski sempat terpisah, ayah Nemo tetap gigih mencari cara untuk menemukan anaknya. Hingga akhirnya mereka bisa bertemu kembali. Film ini menggambarkan kecintaan orang tua terhadap anak.  Selain itu, Finding Nemo juga mengajarkan agar tetap terus berusaha dan jangan mudah menyerah. Film ini sangat cocok dinikmati bersama keluarga.

2. Jungle book

Film ini berkisah tentang seorang anak laki-laki yang tumbuh besar di hutan. Beruntung ada kawanan serigala yang mengurus dan melindunginya selama di hutan. Tetapi konflik muncul saat harimau menginginkan anak bernama Mowgli untuk santapannya. Pada akhirnya, Mowgli harus berjuang seorang diri untuk mengalahkan harimau. Film ini mengajarkan  bahwa kedekatan dan cinta kasih bisa terjalin meski berbeda latar belakang. Selain itu, sosok Mowgli juga menyampaikan pesan bahwa butuh trik agar dapat mengalahkan musuh yang tangguh.

3. Brave

Brave berkisah tentang seorang putri yang menolak perjodohan dari orang tuanya. Karena merasa kesal,  ia memberi kue yang sudah dibacakan mantra oleh penyihir. Sang ibu pun berubah menjadi beruang. Secara tidak langsung, film ini memberikan pesan agar sebaiknya berpikir matang sebelum mengambil tindakan. Karena hal buruk yang sudah terjadi tidak akan mudah kembali menjadi baik.

4. Zootopia

Film kartun dari Disney ini berkisah tentang seekor kelinci bernama Judy Hops yang bermimpi menjadi polisi. Meski hewan lain merendahkannya karena memiliki postur tubh yang kecil, ia tetap fokus pada cita-citanya. Dengan berlatih sungguh-sungguh, ia dapat lulus dari akademi polisi.

Saat menjadi polisi ia bertugas untuk memecahkan suatu masalah, dengan kegigihan dan karakter jujurnya ia berhasil menyelesaikan misinya. Kartun ini mengajarkan bahwa orang yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil. Meski banyak hambatan, kegigihan akan memberi jalan keberhasilan.

5. Toy story

Film kartun ini diproduksi oleh Pixar dan dirilis oleh Walt Disney Pictures. Toy Story berkisah tentang kehidupan para mainan di suatu rumah. Sekelompok mainan milik Andy Davis dapat bergerak layaknya makhluk hidup. Hanya saja, setiap ada manusia, mereka akan berpura-pura menjadi benda mati. Kartun ini mengandung pesan kepada anak-anak agar menjaga dan mencintai mainan mereka dengan baik.

6. Inside out

Film  animasi ini disutradarai oleh Pete Docter dan Walt Disney Studios Motion Pictures sebagai distributor. Terinspirasi dari perilaku putrinya yang menginjak usia 11 tahun, Pete membuat naskah film Inside Out. Film animasi ini bercerita tentang seorang gadis bernama Riley yang harus berpindah rumah karena tuntutan pekerjaan orang tuanya.

Saat masa adaptasi di lingkungan baru, Riley merasakan berbagai emosi. Mulai dari senang, takut, marah, sedih dan jijik. Secara tidak langsung, penonton dikenalkan dengan sistem dalam otak dan berbagai jenis emosi. Kisah Riley  menggambarkan bagaimana setiap emosi akan mempengaruhi kehidupan.

7. Coco

Film animasi yang dirilis oleh Walt Disney Picture ini berisi tentang petualangan seorang  anak bernama Miguel Riviera dari Meksiko. Ia bermimpi menjadi musisi, tetapi tidak direstui oleh orang tuanya. Jika ada orang main gitar di depan rumahnya, maka akan dimarahi nenek Miguel. Bukan tanpa alasan, keluarga Miguel tidak suka terhadap musisi karena memiliki kenangan buruk.  Diceritakan bahwa kakek buyutnya pernah meninggalkan keluarga demi menjadi pemusik terkenal.

Hingga suatu saat Miguel tersesat di dunia kematian dan memulai petualangannya. Singkatnya, Film ini mengajarkan tentang hubungan kekeluargaan. Dengan menonton film ini, bisa dapat pengetahuan tentang budaya di Meksiko juga loh.

8. The Incredible 2

Film animasi ini bercerita tentang keluarga superhero. Setelah berhasil menang melawan musuh di film pertama, justru mereka dilarang untuk menjadi superhero di film kedua. Karena gagal melawan perampok bank dan menyebabkan kehancuran kota. Kalau superhero dilarang untuk menggunakan kekuatan dan melindungi kota, bagaimana jadinya ya? Penasaran? Silakan langsung tonton The Incredible bersama keluarga ya.

9. WALL-E

Film animasi ini bercerita tentang perusahaan Buy N Large yang berhasil menguasai pemerintahan. Permasalahan muncul saat kelangsunga hidup manusia terancam karena banyak sampah yang tidak didaur ulang. Akibatnya, manusia harus mengungsi dari bumi. Ratusan ribu robot bernama WALL-E ditugaskan untuk menghancurkan sampah-sampah yang ada di bumi. Namun permasalahan tidak selesai sampai disitu, masih harus diadakan upaya agar bumi dapat kembali ditempati. Film WALL-E memberikan pesan pentingnya menjaga kebersihan dan menjaga bumi dari kerusakan.

9 rekomendasi film animasi di atas hanyalah sebagian kecil dari film-film kartun Disney. Melalui sebuah film, selalu ada pesan moral di dalamnya. Saat menyuguhkan film untuk anak, baiknya perhatikan isi dan pesan yang terkandung di dalamnya. Karena anak akan menyerap apapun yang dilihat dan didengarnya. Untuk 9 film kartun Disney di atas, insyaAllah aman ya?.