Butuh panduan bagaimana cara mendidik anak? 8 rekomendasi buku parenting ini akan membantumu.

Buku parenting bisa menjadi panduan bagi para orang tua dalam mengurus dan mendidik anak. Karena di dalamnya banyak pengetahuan dan juga pengalaman para orang tua terdahulu yang terbukti sukses mendidik anak.

Menjadi orang tua memang sebuah profesi mulia dan memiliki tantangan tersendiri. Dapat mendampingi tumbuh kembang anak memang sebuah kebahagiaan. Tetapi semakin bertumbuh, anak semakin menunjukkan keunikannya yang terkadang sebagai orang tua, kita tidak tau harus bersikap apa.

Terlebih sebagai orang tua baru, tentulah memiliki pertanyaan seputar mengurus dan mendidik anak. Butuh bimbingan dan arahan dari para pendahulu yang berpengalaman di bidangnya. Oleh sebab itu, banyak para orang tua ataupun pakar ilmu parenting membagikan pengetahuan dan pengalaman seputar cara pengasuhan anak yang baik.

Rekomenadasi Buku-Buku Parenting Terbaik

Banyak buku-buku parenting yang beredar di toko buku, online maupun offline. Tetapi kadang kita bingung harus memilih yang mana. Oleh karena itu, penulis ingin merekomendasikan 8 buku parenting yang insyaAllah akan memberikan pencerahan dan wawasan tambahan.

1. Buku parenting  Elly Risman++

Dalam buku parenting ini, Ibu Elly Risman banyak menyinggung peran sosok ayah di keluarga. Diambil dari artikel grup Facebook, penulisnya memang berbeda-beda. Artikel-artikel yang dibuat oleh keluarga Risman ini tergolong ringan dan santai. Meski tidak terlalu panjang, namun memiliki pesan moral yang bermakna. Tentunya buku ini sangat memberikan banyak ilmu untuk pengasuhan.

2. Ayah Edi Menjawab

Sesuai dengan judulnya, isi buku ini merupakan jawaban dari berbagai permasalahan yang sering terjadi dalam pola asuh. Sebagai orang tua, sering kali kita bingung bagaimana menyikapi perilaku anak yang terkadang menyulut emosi.

Menghadapai anak yang tantrum di tempat umum, bagaimana bersikap terhadap anak yang terkesan keras kepala, mendisiplinkan anak tanpa teriakan dan masih banyak lagi trik dan cara menghadapi tingkah laku anak. Semuanya tertulis dalam “100 Persoalan Sehari-hari Orang tua yang Tidak ada jawabannya di Kamus Manapun” dalam buku parenting yang berjudul “Ayah Edy Menjawab”.

3. Happy Little Soul

Buku parenting yang ditulis oleh Retno Hening ini merupakan pengalaman pribadi bersama anaknya. Mulai dari menceritakan pengalamannya saat hamil dan menyusui, hingga bagaimana cara ia berinteraksi dengan anak untuk saling memahami. Dalam buku ini, digambarkan bagaimana harusnya sosok orang tua dapat menjadi teman dengan bermain bersama anak dan bagaimana cara mengajarkan kebaikan pada anak.

Yang menarik dari buku ini adalah isinya penuh ilustrasi dan full color, jadi memberikan efek tidak mudah bosan saat membaca.

4. Teach Like Finland

Finlandia dikenal dengan pendidikan di sekolah yang disebut ramah anak. Hal itu terbukti meski sekolah Finlandia tidak memiliki ujian yang terstandarisasi, tetapi berhasil mencetak siswa-siswi yang berprestasi.

Melalui pengalamannya menjadi guru dan tinggal di Finlandia, penulis Timothy D. Walker membagikan rahasia-rahasia di balik kesuksesan Finlandia melalui buku parenting “Teach Like Finland”

5. I am Gifted, So are You!

Buku yang berkaitan dengan parenting ini juga merupakan pengalaman si penulis. Adam Khoo membagikan kisahnya yang pernah dianggap sebagai anak payah dan selalu mendapat nilai yang buruk di sekolah.

Perjalanan hidupnya dituangkan ke dalam buku dengan menceritakan awal perubahan dari pribadi yang selalu merasa bodoh dan gagal, hingga menjadi mahasiswa terbaik di National University of Singapore. Adam menjadi orang yang sukses baik di bidang akademik maupun bisnis.

Bukan sekedar teori, dalam buku ini Adam membagikan kisah inspiratif secara singkat disertai kiat-kiat untuk melakukan super learning, power reading, mind mapping, dan super memory.

6. The Awakened Family: Revolusi Dalam Pola Asuh

Buku parenting selanjutnya ditulis oleh psikolog klinis yang juga sebagai orang tua, Shefali Tsabary, Ph.d yang membagikan pengetahuannya bagaimana menjalin hubungan yang baik dengan anak.

Tumbuh kembang anak sangat berkaitan dengan pola asuh orang tua. Oleh karena itu, penulis memberikan tips pada para orang tua agar lebih ‘hadir’ sepenuhnya untuk anak melalui buku parenting “The Awakened Family: Revolusi Dalam Pola Asuh”

7. Abiku Memang Beda

Keunikan buku ini adalah ditulis oleh anak SD  yang berusia 12 tahun sebagai syarat kelulusan. Isi dari buku parenting “Abiku Memang Beda” adalah pengalaman dan apa yang didapat oleh anak selama masa pembelajaran.

Dengan mengusung konsep pendidikan ala Rasulullah, sang ayah terjun langsung mendidik anaknya melalui homeschooling. Dalam buku ini diceritakan bagaimana sang ayah mendidiknya menjadi seorang penulis, pebisnis online dan penghafal Alquran.

8. Islamic Parenting

Buku parenting ini berpedoman pada pengasuhan anak berdasarkan ajaran agama islam. Buku karya Abdullah Nashih Ulwan ini ditulis berdasarkan penelitian terhadap hadist-hadist shohih seputar anak dan pendidikan. Penjelasan pendidikan berdasarkan kategori usia, membuat pembaca dapat mempraktekkan secara terstruktur.

Selain dari kedelapan buku yang disebutkan, tentunya masih banyak lagi buku-buku seputar parenting. Semuanya bisa dijadikan referensi dalam mendidik anak. Hal yang terpenting dari semua ilmu dan informasi yang didapat adalah pengamalan dan pelaksanaannya. Semoga Allah membimbing kita semua dan para orang tua dalam mendidik titipanNya di jalan yang diridhoi. Aamiin.

Anak adalah investasi, oleh sebab itu kualitas anak sangat menentukan kebahagiaan orang tua baik di dunia maupun akhirat. Apa yang kita tanamkan pada anak, itu pula yang nanti akan dituai. Semoga Allah melindungi kita dari hal-hal yang tidak diinginkan, aamiin.