Agar bisnisĀ  serta usaha berkembang dan tetap bertahan, maka diperlukan sebuah inovasi. Berikut Inovasi Usaha Di Desa Yang Potensial Dan Menguntungkan.

Inovasi Usaha Di Desa

Ada banyak usaha maupun bisnis yang bisa dijalankan meskipun tinggal di pedesaan. Hanya saja, agar usaha berkembang dan tetap bertahan, diperlukan inovasi sesuai perkembangan zaman. Berikut beberapa inovasi yang bisa diterapkan dalam usaha atau bisnis di desa:

Bisnis Online

Saat ini kita berada di era digital, di mana hampir semua aspek dikuasai dunia digital atau online. Dengan adanya usaha yang dijalankan online, membuka peluang besar bagi siapapun dengan jangkauan pasar yang lebih luas.

Baik petani, peternak, atau berjualan apapun, buatlah toko online atau bergabung menjadi penjual di aplikasi jual beli online. Inovasi dalam bisnis online ini adalah meng-upgrade diri mengikuti perkembangan zaman. Jalankan bisnismu secara offline & online, maka kesempatan meraup keuntungan menjadi lebih besar.

7 Usaha Online Di Desa Yang Potensial, Laris & Menguntungkan

Delivery Service

Untuk membuat usaha kita lebih dikenal dan memberi kesan yang baik, maka perlu sedikit usaha lebih. Saat ini banyak jasa-jasa delivery diberbagai bidang, seperti Go-Jek, Go-Food, Go-Shop dan yang lainnya. Sayangnya, di beberapa desa masih jarang atau bahkan belum ada yang seperti itu. Tetapi, mayoritas orang pasti memiliki handphone meskipun tinggal di desa.

Manfaatkan handphone untuk menawarkan delivery service/ jasa mengantar pesanan. Hal ini bisa diterapkan untuk beberapa usaha, seperti:

-Jualan sembako menggunakan jasa pengiriman dengan minimal pembelian

-Jasa cukur rambut panggilan

-Jasa antar jemput ke suatu tempat (Jika belum ada go-jek/sejenisnya)

-Laundry dengan antar jemput, dan lain-lain.

Jasa Transfer/ Tarik Tunai Uang

Di mayoritas pedesaan, mesin ATMĀ  masih jarang ditemukan. Hal ini justru bisa menjadi potensi usaha yang mendatangkan banyak peminat. Mengingat banyak orang yang tinggal di kota dan mengirim uang untuk keluarga dan kerabatnya di kampung.

Jual Pulsa Dan Token Listrik

Meskipun di pedesaan, saat ini hampir dalam setiap rumah memiliki handphone, namun masih jarang yang memiliki mobile banking sehingga transaksi secara online masih minim. Hal ini juga bisa dijadikan kesempatan untuk berjualan pulsa, mengingat para pengguna handphone pasti akan membutuhkan pulsa, baik untu telpon atau mengisi paket data. Apalagi di masa pandemi, banyak orang yang memerlukan kuota untuk belajar dari rumah. Begitu juga dengan token listrik, pasti banyak yang membutuhkan.

Cafe Free Wi-Fi

Seperti disinggung sebelumnya bahwa saat ini kita berada di era digital, pasti banyak kalangan muda yang berburu Wi-Fi gratis. Kalau sudah nongkrong di Cafe, rasanya kurang afdhol kalau tidak memesan apapun, meski itu secangkir kopi. Fasilitas Wi-Fi gratis akan menarik lebih banyak pengunjung.

Bimbingan Belajar

Di beberapa pedesaan, kualitas pendidikan masih perlu ditingkatkan. Dengan membuka bimbingan belajar, diharapkan dapat memberi solusi bagi para orang tua yang belum bisa membantu anaknya secara maksimal mengenai pelajaran di sekolah.

Dengan membuka bimbingan belajar, kamu juga memiliki andil untuk kemajuan desa tersebut. Apalagi jika mengajarkan pelajaran yang sangat dibutuhkan di era global ini, seperti komputer, bahasa inggris dan lain-lain.

Jajanan Kekinian

Siapapun itu pasti akan penasaran dengan hal baru. Apalagi makanan yang sering bertebaran di sosial media, sedangkan di desa belum ada. Nah, ini bisa jadi peluang besar!!!. Dengan menjual makanan dan minuman yang kekinian akan mengundang orang untuk membeli dan mecobanya. Untuk menjual jajanan kekinian, jangan lupa untuk selalu up to date ya!!!

Demikian inovasi usaha di desa yang patut kamu coba. Semoga bisnisnya makin larisss manisss!!!