Saat memasuki gerbang pernikahan, tanggung jawab akan bertambah. Terlebih bagi seorang wanita, keseimbangan rumah tangga berada dalam tangannya. Alih-alih berbagi tugas, pria lebih fokus mencari nafkah di luar, sedang istri bertugas  di rumah. Faktanya, tanggung jawab yang ada di rumah bisa melebihi kapasitas kantor.

Meski memiliki segudang tanggung jawab di rumah, rasanya akan lebih membanggakan bagi seorang istri memiliki penghasilan sendiri. Agar tidak perlu keluar rumah meninggalkan anak-anak, bisnis online bisa menjadi solusi.

Daftar Pekerjaan Online Yang Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga

Secara singkat, bisnis adalah kegiatan yang bisa menghasilkan uang. Sedangkan online adalah aktivitas yang menggunakan jaringan internet. Bisa disimpulkan bahwa bisnis online adalah kegiatan yang menghasilkan uang namun dilakukan secara online.Bisnis online bisa dilakukan di mana pun selama ada jaringan internet. Dengan berbisnis online, jangkauan pun akan lebih luas. Mengingat mayoritas orang menggunakan jaringan internet di mana-mana. Berikut daftar peluang bisnis online yang bisa dicoba:

Berjualan Online

Untuk berjualan secara online, kamu bisa memilih dengan atau tanpa modal. Jika memiliki modal, bisa memasarkan produk milik sendiri. Produk bisa dipasarkan melalui sosial media, membuat website, atau bergabung di MarkerPlace. Sebelum memulai berjualan online, tentukan terlebih dahulu produk dan target pasar. Agar mendatangkan banyak pembeli.

Jika ingin berjualan tanpa modal, kamu bisa menjadi dropshipper. Dengan menjadi dropshipper, kamu akan memasarkan/menjual produk orang lain dan mendapatkan keuntungan darinya. Tanpa harus membeli produk terlebih dahulu. Jika ada yang memesan, kamu hanya perlu meneruskan ke supplier. Pengiriman barang akan dilakukan oleh supplier. Pastikan perjanjian dengan supplier mengenai keuntungan yang didapat saat menjadi dropshipper, agar tidak ada kesalahpahaman di kemudian hari.

Bisnis Afilasi

Bisnis Afilasi atau dikenal Affilate Marketing adalah bisnis memasarkan produk milik orang lain dengan melakukan registrasi ke penyedia program afilasi. Bisnis ini cocok untuk orang yang memiliki website dengan traffic yang tinggi. Karena setelah mendaftar program bisnis afilasi, kamu akan diberikan kode untuk memasang iklan di website-mu. Jika ada yang membeli produk melalui referensi website, maka kamu akan mendapat komisi.

Berikut daftar bisnis afilasi yang bisa kamu coba:

• Idaff.com

Login dan masuk ke http://ww1.idt8.com/ klik daftar dan isi data diri. Setelah login, klik menu MarketPlace dan plih produk yang ingin dipromosikan. Lalu klik Apply as Affilate. Akan muncul kotak dialog, silakan klik daftar. Untuk tutorial mendaftar idaff.com, silakan klik di sini.

• Ratakan.com

Untuk mengikuti program bisnis afilate dari Ratakan.com kamu harus membuat akun terlebih dahulu. Untuk informasi lebih lengkap mengenai cara kerjanya, silakan klik di sini.

• Lazada.co.id

Selain untuk belanja online, Lazada juga menyediakan program bisnis afilasi. Silakan klik di sini untuk mendaftar. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai pendaftaran, cara kerja dan komisi, silakan klik di sini. 

• Zalora.co.id

Silakan klik Zalora untuk mendaftar dan ikuti panduan beserta keterangan lebih lanjut untuk memulai bisnis afilasi .

• Tokopedia

Untuk mengetahui cara daftar, syarat dan ketentuan mengikuti program afilasi dari Tokopedia silakan klik di sini.

Baca Juga: Tips Menjaga Kedekatan Dengan Anak Untuk Ibu Bekerja

Penulis

Potensi penghasilan melalui online lainnya adalah menjadi penulis. Jika kamu suka menulis, tak ada salahnya mencoba. Sambil menjaga anak, kamu bisa menulis hal-hal yang disukai dan menghasilkan uang. Jika memilki ketertarikan tentang novel atau cerpen, kamu bisa menulis di platform. Agar bisa menghasilkan uang, kamu bisa mencoba menulis novel di Noveltoon, Mangaton, Readme, Joylada, KBM App dan masih banyak lagi. Potensi penghasilan bisa mencapai jutaan rupiah, jika ceritamu memiliki banyak pengunjung.

Bagaimana jika tidak tertarik pada novel atau cerpen? Kamu bisa mencoba membuka jasa menulis artikel. Banyak orang yang membutuhkan artikel untuk website mereka, tetapi tidak memiliki cukup waktu menulis artikel sendiri. Artikel bisa berupa berita, topik tertentu seperti gaya hidup, edukasi, tutorial, peluang bisnis atau sesuai permintaan.

Jika terasa sulit menemukan client yang membutuhkan jasa, silakan kirim tulisanmu ke situs-situs yang menerima tulisan. Seperti Mojok.co, Basabasi.co, Voxpop.id, Geotimes, Remotivi, dan lain-lain.

Pentranskripsi

Pada hakikatnya, dunia bisnis tidak jauh dari berjualan. Baik itu barang maupun jasa. Salah satu jasa yang sering kali dibutuhkan di dunia online adalah pentranskripsi (transcriber). Meski sistemnya sejenis pekerjaan yang dilakukan secara online, penghasilannya tetap bisa bersaing dengan gaji kantoran. Dengan catatan kamu dapat mengerjakan sebanyak-banyaknya. Upah akan dibayar sesuai banyaknya hasil pekerjaan.

Secara singkat, tugas pentranskripsi adalah menyalin audio ke dalam bentuk teks. Biasanya perusahaan yang membutuhkan jasa pentranskripsi akan memberikan tool atau perangkat untuk menyalin audio ke dalam bentuk teks. Pekerjaan ini biasanya per proyek, beda proyek bisa beda aturan dan beda tool. Tak perlu khawatir, perusahaan akan memberikan panduan untuk setiap proyeknya.

Berikut daftar perusahaan transkripsi online yang bisa kamu coba: GoTranscripst, Transcription Express,  Focus Forward, Birch Creek Communication, Terescription, Appen, Pacific Transcription, TranscribeMe, Rev dan Quicktate. Untuk detail link dan gambaran penghasilan yang didapat, silakan klik di sini.

YouTuber

Bagi kamu yang menyukai atau menekuni suatu bidang, bisa mencoba peruntungan menjadi YouTuber. Dengan mengusung suatu tema tertentu, kamu bisa membuat video-video yang bermanfaat dan membagikannya di akun YouTube. Jika konten yang dibuat menarik dan berkualitas, maka kamu akan memiliki banyak pengunjung. Dari situlah akan ada potensi pundi-pundi rupiah jika mendaftar ke Google Adsense. Untuk mengetahui bagaimana menjadi Youtuber yang menghasilkan, silakan cek di sini.

Facebook Creator

Selain YouTube, membuat konten untuk Facebook juga bisa menghasilkan. Pembuat konten untuk Facebook disebut Facebook Creator. Dengan syarat dan ketentuan tertentu, kamu bisa menghasilkan uang dari video atau konten yang  di-upload ke Facebook. Untuk penjelasan dan info lebih lengkap mengenai Facebook Creator, silakan cek di sini.

Dari daftar bisnis maupun pekerjaan di atas, semuanya dilakukan secara online. Untuk bisa produktif dan menghasilkan, kita dituntut untuk selalu mencari peluang dan menakhlukkan tantangan. Kunci kesuksesan itu sendiri adalah keluar dari zona nyaman. Jika ibu tetap ingin berkarya dan berpenghasilan, maka kenalilah diri sendiri. Pilih lalu tentukan tujuan, lakukan dengan tekun, maka semua itu bisa jadi penghasilan.